Sponsors Link

14 Penyebab Cairan di Otak Pada Orang Dewasa yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kelebihan cairan di otak tidak hanya terjadi pada bayi baru lahir atau anak – anak saja. Namun, pada dewasa juga dapat terkena kondisi adanya cairan di otak ini. Kondisi ini biasa disebut dan dikenal dengan hidrosefalus. Yaitu suatu kondisi dimana adanya penumpukan cairan di rongga otak atau ventrikel. Cairan ini disebut dengan cairan serebrospinal, yang sebetulnya cairan serebrospinal ini mempunyai peran penting bagi otak dalam jumlah yang normal. Karena jika cairan ini terlalu banyak malah akan menjadi boomerang sendiri bagi otak.

ads

Cairan serebrospinal ini mengalir melewati rongga otak atau ventrikel kemudian menggenangi otak dan juga tulang belakang. Namun, jika terlalu banyak porsinya, cairan ini dapat menyebabkan otak rusak dan juga kehilangan fungsinya. Fungsi cairan serebrospinal ini sendiri bagi otak yaitu, membuat otak menjadi bisa terapung terangkat di dalam tengkorak. Selain itu juga cairan ini mampu menjadi bantalan bagi otak terhadap benturan keras dari luar. Cairan ini juga memiliki fungsi membuang cairan limbah metabolisme pada otak. Dan kondisi ini lebih sering terjadi pada usia bayi dan juga dewasa. Dan disini akan kita bahas mengenai beberapa penyebab cairan di otak pada orang dewasa.

Sebaliknya jika cairan serebrospinal tersebut berlebih dalam otak, maka hal tersebut dapat berdampak pada hal – hal berikut :

  • Obstruksi

Masalah pertama yang paling sering muncul yaitu terjadinya obstruksi atau penyumbatan parsial pada aliran normal cairan ini dari satu ventrikel ke ventrikel lain yang ada di sekitar otak.

  • Pembesaran pada ventrikel

Yang kedua yaitu adanya pembesaran pada bagian – bagian kepala seperti pada rongga otak atau ventrikel yang cukup progresif. Yang mana hal ini biasanya disertai dengan adanya gangguan pada otak.

  • Infeksi bakteri

Hidrosefalus atau kelebihan cairan yang terjadi dapat menyebabkan infeksi bakteri pada selaput otak serta dapat berdampak pula pada rusaknya tempat absorpsi CSF. Infeksi ini biasa disebabkan oleh bakteri streptococcus, tuberculosis atau toxoplasmosis.

Tanda dan gejala hidrosefalus:

Tentunya kita ingin mengetahui bukan penyebab cairan di otak pada orang dewasa berlebih ? Di bawah ini akan kami sebutkan beberapa penyebab cairan di otak pada orang dewasa yang berlebih.

  1. Mekanisme penyerapan cairan tidak berjalan dengan baik, yang biasanya diakibatkan oleh radang atau cedera pada otak sehingga menyebabkan cairan tidak terserap dengan baik dan akibatnya cairan pun menjadi berlebih dan menumpuk dalam otak.
  2. Cairan serebrospinal mengalami hambatan atau gangguan, yang hal ini menyebabkan penumpukan pada otak pada akhirnya.
  3. Terjadinya perdarahan dalam otak
  4. Adanya penyumbatan yang membuat cairan serebrospinal tidak mengalir dengan lancar sebagaimana mestinya.
  5. Pembuluh darah mengalami penurunan kemampuan untuk menyerap cairan tersebut
  6. Terjadinya cedera atau benturan di kepala
  7. Terkena penyakit stroke
  8. Terkena infeksi virus yang berhubungan dengan otak seperti meningitis.
  9. Otak memproduksi pula cairan yang sudah berlebih tersebut dalam jumlah berlebih.
  10. Adanya kelainan genetik bawaan yang hal tersebut menyebabkan adanya penyempitan pada ventrikel ketiga dan keempat.
  11. Terjadinya kelainan perkembangan yang tidak diketahui seperti spina bifida, meningocale, atau myelomeningocele yang seterusnya bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hidrosefalus.
  12. Pada saat bayi lahir prematur atau atau komplikasi lainnya seperti perdarahan intraventrikular.
  13. Tumor otak
  14. Pernah melakukan operasi otak sebelumnya

Penanganan atau pengobatan pada hidrosefalus atau kelebihan cairan di otak ini yang dianjurkan adalah dengan melakukan pemasangan shunt atau operasi. Namun, ada beberapa efek samping, perlu diketahui dalam penanganan dengan pemasangan shunt ini, diantaranya yaitu :

  • Terjadinya penurunan fungsi pada salah satu organ tubuh.
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Pandangan kabur
  • Kerusakan pada pembuluh darah otak
  • Adanya kondisi yaitu gagalnya otak dalam proses penyerapan cairan serebrospinal.
  • Lubang cairan serebrospinal menutup kembali.

Perlu diketahui bahwa pada kasus kelebihan cairan di otak ini menyebabkan timbulnya gejala seperti sakit kepala bisa sakit kepala terus menerus yang dirasakan, maupun sakit kepala berdenyut. Oleh karena itu perlunya penanganan pada kasus ini agar tidak berlanjut pada hal yang lebih serius.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa penyebab cairan di otak pada orang dewasa. Semoga kita dapat terhindar dari kondisi tersebut dan semoga bermanfaat!

, , ,