Sponsors Link

9 Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Sakit kepala atau pusing ini merupakan gejala dari suatu penyakit yang timbulnya seringkali tiba – tiba. Banyak sekali penyakit yang tanda dan juga gejala nya terdapat pusing salah satunya. Seperti beberapa penyakit dari mulai penyakit ringan sama penyakit yang berat, seperti masuk angin, flu, meningitis hingga tumor, oleh karena itu kita tidak boleh menganggap remeh gejala pusing ini apalagi jika tanda dan gejala pusing tersebut sudah terjadi lama atau sudah menjadi sakit kepala terus menerus ataupun sakit kepala berdenyut hebat yang disertai pula dengan tanda dan gejala lainnya.

ads

Berikut ini ada beberapa penyebab kepala sering pusing tiba – tiba, diantaranya yaitu :

1. Masalah pada sirkulasi darah

Penyebab pusing yang pertama yaitu, karena adanya gangguan atau masalah pada sirkulasi darah, atau darah yang mengalir tidak lancar pada tubuh. Sehingga menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah secara cukup ke otak dan seluruh tubuh, yang tentunya menyebabkan timbulnya rasa pusing. Untuk mencegah terjadinya masalah pada sirkulasi darah ini, maka dianjurkan bagi Anda untuk berolahraga secara teratur dan juga mencukupi kebutuhan air putih.

2. Stres atau banyak pikiran

Saat Anda sedang banyak pikiran sehingga mengalami stres, tentunya hal ini dapat membuat kepala menjadi pusing. Tidak hanya menjadi penyebab sakit kepala atau pusing, namun stres juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit – penyakit lainnya. Hal ini karena pada saat stresjantung berdetak lebih cepat sehingga membuat jantung bekerja lebih keras dan pada akhirnya membuat timbulnya gangguan pada jantung. Dan juga pada saat stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon kortisol yang mana hormon kortisol tersebut jika berlebih mampu merusak organ – organ tubuh kita. Oleh karena itu cobalah untuk mengelola stres Anda dengan berolahraga secara rutin dan juga melakukan hobi ataupun aktifitas yang Anda sukai serta jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah swt.

3. Kelelahan atau kecapean

Pada saat kita terlalu kelelahan dalam beraktifitas maupun dalam berolahraga, hal tersebut dapat menimbulkan gejala pusing. Hal ini terjadi karena terhambatnya pasokan oksigen pada pembuluh darah khusunya pada bagian otak, terutama biasa terjadi saat Anda melakukan olahraga yang tanpa didahului oleh pemanasan terlebih dahulu. Oleh karena itu, pada saat berolahraga atau melakukan suatu aktifitas dahulukan dengan peregangan atau pemanasan sejenak.

4. Kurang tidur

Bagi yang sering begadang di malam hari sehingga menyebabkan menjadi kurang tidur hal tersebut menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah sehingga menyebabkan kekurangan oksigen pula pada otak yang menyebabkan timbulnya pusing atau sakit kepala. Tidak hanya dapat menimbulkan sakit kepala, kurang tidur atau begadang juga tidak baik untuk kesehatan.

5. Tekanan darah rendah

Jika Anda mempunyai tekanan darah yang rendah, maka hal tersebut bisa menimbulkan gejala pusing yang timbul mendadak. Karena pada tekanan darah rendah pasokan darah yang mengalir menuju ke otak kurang atau tidak mencukupi. Sehingga dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah untuk mengkonsumsi buah – buahan serta sayuran segar, kemudian mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh, mengkonsumsi makanan berprotein serta berolahraga secara teratur.

6. Tekanan darah tinggi

Pada saat Anda mengalami tekanan darah tinggi tekanan di sekitar dinding arteri mengalami peningkatan sehingga membebani kerja jantung. Sehingga bagi Anda yang menderita darah tinggi cobalah untuk menghindari rokok dan juga minuman beralkohol, istirahat yang cukup, konsumsi sayuran serta buah – buahan dan juga mengkonsumsi hanya makanan sehat.

7. Infeksi pada telinga

Saraf yang ada pada telinga terhubung dengan saraf pada otak, sehingga ketika telinga Anda sedang mengalami masalah atau gangguan, maka hal tersebut akan berefek pada timbulnya pusing atau sakit kepala. Oleh karena itu, saat mengalami infeksi atau masalah pada telinga segeralah obati agar tidak menjalar kemana – mana.

8. Cuaca ekstrem

Kondisi cuaca ekstrem juga berpengaruh pada timbulnya pusing yang tiba – tiba. Tidak hanya itu, cuaca yang panas nya sangat terik juga dapat menyebabkan timbulnya penyumbatan pada pembuluh darah yang berakibat pada penyakit stroke. Maka ketika cuaca sedang terik atau ekstrem, gunakanlah pelindung seperti topi atau payung.

9. Hipoglikemi atau kadar gula rendah

Hipoglikemi atau kadar gula dalam darah yang rendah dapat menyebabkan timbulnya pusing secara tiba – tiba. Ini disebabkan karena pada saat tubuh memiliki pasokan gula yang rendah hal tersebut dapat mempengaruhi hormon tubuh dan keseimbangan pada aliran darah. Dan cara menjaga kadar gula dalam darah agar selalu normal yaitu dengan selalu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang berigizi dan bernutrisi.

Itulah tadi beberapa penyebab kepala sering pusing tiba – tiba. Semoga bermanfaat!

, ,