Sponsors Link

10 Penyebab Kepala Terasa Berputar-Putar yang Patut Diwaspadai

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami gangguan pada bagian tubuh yakni kepala. Gangguan sakit atau pusing pada kepala bisa datang kapan saja. Bahkan pada orang yang sebelumnya sangat sehat sekalipun. Salah satu jenis sakit kepala yang cukup dapat mengganggu aktivitas sehari-hari adalah kepala terasa berputar-putar. Gangguan tersebut bisa juga disebut dengan sakit kepala vertigo.

ads

Penyebab kepala terasa berputar-putar atau vertigo bisa terjadi dengan beberapa cara, yang pertama adalah secara perlahan atau bisa disebut dengan pusing ringan dan kedua adalah dengan cara yang cepat yakni pusing yang sering datang. Perasaan keadaan lingkungan yang seolah berputar hingga melayang masuk dalam kategori gangguan vertigo. Penderita vertigo juga akan kehilangan keseimbangan yang dapat menyebabkan sulit bahkan untuk berdiri dan juga berjalan.

Orang yang menderita vertigo juga mengalami pusing yang dapat membuat penderita pingsan. Selain itu, penderita juga bisa disertai dengan keadaan nistagmus atau gerakan mata yang tidak normal. Kemudian telinga berdenging serta sensasi merasa tubuh akan terjatuh.

Vertigo bukan merupakan penyakit. Apabila mengalami beberapa kumpulan gejala vertigo, kemudian berlangsung pada waktu tertentu dalam satu waktu, barulah disebut vertigo. Ada dua jenis sakit kepala vertigo. Dua jenis tersebut dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu vertigo periferal dan vertigo central.

1. Vertigo periferal

Vertigo jenis ini cukup sering dialami oleh kebanyakan orang. Adapun penyebab vertigo ini disebabkan karena gangguan pada telinga bagian dalam. Bagian tersebut berfungsi untuk mengatur keseimbangan pada tubuh. Gangguan pada bagian ini akan menyebabkan sakit dan pusing, hal tersebut dikarenakan bagian dalam telinga akan memberi sensor dimana posisi kepala berada, lalu memberikan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Salah satu penyebab telinga bagian dalam mengalami gangguan adalah peradangan dan infeksi akibat virus. Beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan vertigo periferal diantaranya:

  • Gangguan vestibuler telinga dalam

Gangguan ini terjadi akibat inflamasi pada bagian saraf yang menghubungkan labirin dan bagian otak. Inflamasi atau peradangan memungkinkan dapat tersebar hingga labirin yang ada di dalam telinga. Peradangan yang terjadi bisa terjadi dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Bahkan bisa memakan waktu 1,5 bulan untuk dapat pulih seutuhnya. Pendengaran pada penderita biasanya tidak terganggu. Infeksi virus atau bakteri dapat mengakibatkan gangguan vestibular telinga secara tiba-tiba.

Adapun beberapa gejala yang akan dialami seseorang yang mengalami gangguan ini adalah tubuh menjadi limbung, merasakan mual, dan juga muntah. Beberapa hal yang menjadi pemicu peradangan ini adalah seseorang yang memposisikan kepala dari tegak menjadi menunduk secara tiba-tiba, bangun secara tiba-tiba dari keadaan tidur, dan gerakan mendongakan bagian kepala.

  • Riwayat cedera kepala

Orang yang mengalami vertigo atau pening yang dahsyat setelah mengalami cedera kepala haruslah segera periksa ke dokter. Telinga bisa juga mendapat gangguan akibat dari kepala yang terkena benturan, hal tersebut menyebabkan kepala menjadi vertigo.

  • Infeksi saluran berliku telinga dalam

Infeksi ini bisa juga disebut dengan labirintitis. Pendengaran dan keseimbangan tubuh dapat dikendalikan dengan baik oleh telinga bagian dalam, yakni saluran berliku penuh cairan. Infeksi yang terjadi pada bagian dalam bisa disebabkan oleh virus atau bakteri yang menjadikan seseorang menderita flu atau pilek. Adapun gejala yang akan juga timbul saat seseorang mengalami labirintitis adalah mual, muntah, kehilangan kemampuan pendengaran, linu pada telinga, dan demam.

Sponsors Link

  • Penyakit meniere

Penyebab kepala terasa berputar-putar bisa juga karena penyakit langka pada telinga bagian dalam pada seseorang bisa disebut dengan penyakit meniere. Vertigo yang sangat parah dapat disebabkan oleh penyakit ini. Gejala yang timbul bagi penderita meniere adalah muntah yang hebat, organ telinga yang berdenging, dan kehilangan pendengaran dalam rentang waktu tertentu.

2. Vertigo central

Bagian telinga dan organ keseimbangan dalam tubuh yang mengalami gangguan dapat menyebabkan vertigo jenis ini. Masalah pada otaklah yang mengakibatkan vertigo central. Bagian otak yang diserang adalah cerebellum atau otak kecil. Penyebab terjadinya vertigo jenis antara lain:

  • Migrain: Migrain merupakan sakit kepala sebelah kanan atau kiri saja yang tidak tertahankan, kemudian disertai rasa linu dan nyeri yang berdenyut.
  • Multiple sclerosis: Kekebalan tubuh yang mengalami kesalahan atau gangguan menyebabkan multiple sclerosis. Multiple sclerosis adalah gangguan yang menyerang sinyal pada saraf. Gangguan ini terjadi pada saraf pusat otak dan tulang belakang.
  • Neuroma akustik: Gangguan ini disebabkan oleh kelainan genetik. Neuroma akustik masuk dalam kategori tumor jinak, yakni tumbuh pada bagian saraf vestibular. Yang dimaksud dengan vestibular adalah sistem saraf yang menghubungkan bagian telinga ke otak.
  • Tumor otak: Koordinasi gerakan tubuh akan menjadi tidak normal apabila seseorang menderita tumor otak. Yang diserang oleh gangguan tumor otak adalah cerebellum atau otak kecil.
  • Stroke: Stroke merupakan gangguan berupa penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak.
  • Konsumsi obat-obatan berlebih: Kebiasaan mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan dapat menimbulkan efek samping vertigo. Efek samping akan lebih menjadi ketika konsumsi melebihi batas anjuran dan mencampur dengan obat lain-lain tanpa resep dari dokter ahli.
Sponsors Link

Bagi penderita sakit kepala terasa berputar-putar atau migrain disarankan untuk segera konsultasi dan atau berobat ke dokter. Agar supaya gangguan tersebut bisa disembuhkan dengan baik. Apabila terlambat, ditakutkan akan semakin parah, dan bisa jadi mengganggu organ tubuh lainnya. Parahnya lagi, tindakan operasi bisa didapat apabila yang menjadi penyebab utama adalah masalah mendasar yang lebih serius.

Penderita vertigo yang berobat biasanya akan mendapat beberapa metode pemeriksaan seperti:

  • Tes impuls kepala
  • Tes romberg
  • Tes unterberger
  • Tes nistagmus
  • Pemeriksaan pendengaran
  • Dan pemeriksaan penunjang.

Tidak disarankan mengkonsumsi obat-obatan secara asal tanpa berobat terlebih dahulu atau tanpa resep dari dokter secara resmi. Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang menjadi pemicu atau penyebab sakit kepala vertigo adalah dengan melakukan beberapa manuver kepala, membatasi konsumsi bumbu dapur seperti garam, menghindari kafein dan alkohol, fisioterapi keseimbangan, akupuntur dan akupresur, mengkonsumsi obat tertentu sesuai anjuran dari dokter, dan melakukan terapi vestibular.

, , , ,