Sponsors Link

6 Penyebab Kepala Tidak Bisa Menoleh yang perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian penting bagi tubuh manusia dimana disana terdapat bagian bagian kepala dengan fungsi yang vital. Beberapa bagian yang memiliki fungsi penting bagi tubuh tersebut diantaranya seperti mata yang merupakan indera penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman dan awal masuknya udara ke dalam tubuh, mulut yang merupakan tempat lidah sebagai indera pengecap serta awal dari saluran pencernaan, dan yang paling utama adalah otak yang merupakan pusat dari sistem syarat dan pusat kendali tubuh manusia.

ads

Mengingat pentingnya peran dan fungsi dari setiap bagian bagian kepala menjadikannya perlu untuk dijaga agar tidak mengalami kondisi permasalahan kesehatan yang menganggu. Beberapa bentuk permasalahan kesehatan dapat terjadi di kepala dengan pusing atau sakit kepala menjadi salah satu yang paling sering dirasakan. Kondisi sakit kepala merupakan permasalahan yang cukup ringan namun sudah dapat menyebabkan penderita mengalami kondisi sakit yang cukup kuat dan membuatnya sulit untuk beraktivitas atau bahkan berfikir sekalipun serta lebih banyak membutuhkan istirahat.

Permasalahan atau jenis sakit kepala yang ringan seperti sakit kepala diatas saja dapat memberikan dampak yang besar menjadikan setiap permasalahan pada kepala perlu diperhatikan dengan baik. Permasalahan kesehatan pada kepala bukan hanya muncul dengan kondisi beberapa jenis sakit kepala namun juga dalam bentuk lainnya yang salah satunya adalah ketika kondisi kepala menjadi sulit untuk ditolehkan. Berikut penjelasan mengenai penyebab kepala tidak bisa menoleh dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Leher kaku

Penyebab kepala tidak bisa menoleh atau ditolehkan yang pertama adalah karena adanya kekakuan pada leher. Kondisi kekakuan leher tersebut akan ditunjukan dengan beberapa gejala lainnya seperti rasa sakit pada kepala dan leher, adanya nyeri bahu atau nyeri lengan, serta kondisi leher atau kepala yang sulit untuk digerakkan. Gejala leher kaku tersebut dapat berlangsung beberapa hari dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya ketika kondisi leher kaku memang tidak parah namun lain cerita ketika kondisnya kepala terasa berat dan leher kaku.

  1. Regangan otot leher

Kondisi seseorang yang sulit menolehkan kepalanya selanjutnya disebaban oleh adanya regangan otot leher atau disebut juga dengan kondisi keseleo. Regangan otot leher ini dapat disebabkan oleh beberapa bentuk aktivitas diantaraya seperti tidur dalam posisi yang buruk dan tidak semestinya sehingga rasa keseleo tidak akan menimbulkan kegaduan yang besar, kegiatan yang banyak memberikan tekanan pada kepala untuk menolehkannya, postur tubuh yang buruk seperti membungkuk saat menggunakan perangkat komputer, kondisi stres yang teralu berlebihan, serta kondisi lainnya.

  1. Meningitis atau radang selaput otak

Meningitis merupakan kondisi radang selaput otak dan saraf tulang belakang akibat infeksi jamur, virus, maupun bakteri. Meningitis dapat menyebabkan leher menjadi kaku dan sulit untuk digerakan meskipun hanya menoleh saja. Ciri ciri meningitis pada orang dewasa lainnya seperti demam secara tiba tiba, mual dan muntah, sulit konsentrasi, nafsu makan menjadi menurun, sensitif terhadap cahaya, dan kondisi yang mudah ngantuk. Untuk memastikan ada tidaknya kondisi meningitis dilakukan melalui pemeriksaan darah, cairan serebrospinal, dan pemeriksaan CT scan. Penanganan yang lebih dini dapat membantu mencegah terjadinya resiko dampak yang lebih buruk dari kondisi meningitis.

  1. Cerebral spondylosis

Penyebab kepala tidak bisa menoleh lainnya adalah karena kondisi cerebral spondylosis yang merupakan keadaan osteoartritis yang terjadi di leher terutama berkaitan dengan ligamen dan diskus. Penyakit cerebral spondylosis lebih banyak terjadi pada orang orang dengan usia lanjut. Selain leher kaku dan sulit untuk digerakkan, beberapa gejala lain cerebral spondylosis diantaranya seperti kejang pada otot leher, sakit kepala, kesemutan dan kelemahan tangan maupun kaki sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan atau kondisi sulit bergerak, serta sulit tidur atau mudah merasa kelelahan.

Sponsors Link

  1.  Rheumatoid arthritis

Penyebab lainnya yang menjadikan leher atau kepala tidak bisa menoleh adalah karena adnaya peradangan pada sendi kecil yang disebut juga dengna kondisi rhemumatoid arhritis. Kondisi peradangan sendi yang menyebabkan perubahan bentuk sendi tersebut disebabkan oleh adanya sistem imunitas menyerang persendian dan berbagai organ lainnya. Rheumatoid arthritis dapat dikenali melalui gejala yang muncul selain kepala tidak bisa menoleh di pagi hari seperti persendian yang bengkak, kelelahan, dan berat badan yang terus menurun. Penanganan awal kondisi ini adalah dengan mengistirahatkan tubuh dan mengkonsumsi obat peradangan atau pereda nyeri dan kerusakan sendi yang direkomendasikan oleh dokter.

  1. Gangguan tulang belakang leher

Selain kondisi permasalahan kesehatan yang disebutkan diatas sebagai penyebab munculnya kondisi kepala sulit untuk digerakan atau digunakan menoleh, gangguan tulang belakang leher juga menjadi kondisi yang berakibat serupa. Kondisi gangguan tulang belakang lehar dapat menyebabkan munculnya kekakuan otot leher karena memang jalur saraf tulang belakang leher dan otot leher saling berhubungan satu sama lain. Untuk lebih memastikan penyebabnya maka pemeriksaan medis diperlukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kepala tidak bisa menoleh yang perlu diperhatikan dengan baik karena adanya beberapa kondisi serius yang dapat menjadikannya berbahaya bagi kesehatan secara umum. Penanganan awal dari munculnya kondisi kepala tidak dapat dibuat menoleh adalah dengan mengistirahatkannya hingga keadaan menjadi lebih baik. Pastikan ketika beristirahat leher diposisikan dengan benar sehingga tidak muncul rasa sakit.

Untuk membantu proses penyembuhannya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat obatan pereda nyeri dan obat lainnya yang direkomendasikan oleh dokter. Jika keadaan kepala yang sulit digerakan tersebut berlangsung lama dan lebih parah dari kondisi awalnya maka pemeriksaan medis bersama dengan dokter merupakan pilihan yang perlu dilakukan.

, , ,