Sponsors Link

7 Penyebab Kulit Kepala Berminyak Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap orang tentu menginginkan agar kondisi kesehatannya selalu dalam keadaan yang terjaga mengingat adanya gangguan kesehatan seringkali dapat menyebabkan aktivitas menjadi terhambat terutama jika permasalahan tersebut terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti di kepala. Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya dan memiliki dampak yang cukup besar ketika bagian bagian kepala mengalami permasalahan atau gangguan kesehatan.

ads

Contohnya kondisi sakit kepala atau pusing sebagai salah satu permasalahan paling ringan saja dapat menyebabkan gangguan yang cukup besar selain menimbulkan rasa sakit di kepala juga dapat menjadikan penderitannya mengalami kondisi sulit berfikir, sulit berkonsentrasi, hingga keinginan besar untuk beristirahat. Permasalahan di kepala tentu tidak hanya berupa sakit kepala saja namun juga dapat yang lainnya dengan menyasar bagian lain seperti kulit kepala.

Kulit kepala merupakan bagian permukaan kepala yang memiliki bentuk dan sifat yang berbeda dengan bagian kulit lainnya di tubuh. Kulit pada bagian kepala akan ditumbuhi bulu panjang yang disebut sebagai rambut. Salah satu bentuk permasalahan yang seringkali mengganggu pada bagian kulit kepala adalah kondisinya yang berminyak. Berikut penjelasan mengenai penyebab kulit kepala berminyak yang perlu diketahui agar dapat dicegah dan dapat diatasi dalam ulasan yang diberikan di bawah ini.

  1. Kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebihan

Minyak pada kulit kepala memang sewajarnya akan diproduksi untuk menjaga kondisi kelembapan kulit kepala dan rambut. Minyak atau dikenal dengan sebutan sebum diproduksi oleh kelenjar minyak dibawah kulit kepala. Pada beberapa orang, sebum atau minyak yang keluar dari pori pori kulit kepala ini akan diproduksi seara berlebihan sehingga dapat menjadi salah satu penyebab kenapa orang memiliki kondisi kulit kepala yang terlalu berminyak. Kulit kepala terlalu berminyak menjadi satu alasan mengapa kulit kepala gampang bau.

Salah satu penyebab kenapa kelenjar minyak memproduksi minyak atau sebum lebih banyak adalah karena pengaruh ketidakseimbangan hormon. Hormon androgen menjadi hormon yang bertanggung jawab terhadap produksi sebum di kulit kepala. Hormon tersebut dapat meningkat singnifikan ketika seseorang dalam kondisi saat pubertas, sedang mengalami kehamilan, akibat siklus menstruasi, dan ketika mengalami stres. Kulit kepala akan menjadi bertambah banyak ketika momen yang disebutkan tersebut sedang terjadi.

  1. Kelembapan udara yang tinggi

Penyebab kulit kepala berminyak selanjutnya adalah karena faktor alam dan suhu atau iklim, lebih tepatnya ketika kondisi kelembapan udara lebih tinggi dari keadaan sebelumnya. Kondisi kelembapan yang lebih tinggi tersebut akan menyebabkan kulit kepala mengasilkan lebih banyak keringat yang menjadikan keringat tersebut dapat bercampur dengan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Karena campuran tersebut maka minyak akan lebih lama mengendap pada bagian kulit kepala sehingga menjadikannya berminyak dan pastinya menjadi lepek serta menyebabkan munculnya kondisi kulit kepala berjerawat dan rambut rontok.

  1. Kelainan kulit kepala

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi penyebab kenapa kulit kepala memiliki keadaan yang berminyak adalah karena kelainan pada kulit kepala. Kelainan yang seringkali menimbulkan kondisi kulit kepala berminyak tersebut disebut sebagai seborrheic dermatits. Kondisi tersebut merupakan bentuk kelainan pada kulti kepala dimana produksi sebum akan meningkat yang akan menghasilkan serpihan bersisik menyerupai ketombe pada kulit kepala. Dalam kondisi yang parah maka kulit kepala menjadi kemerahan dan gatal akibat adanya jamur yang menginfeksi saat imunitas tubuh sedang menurun.

  1.  Faktor gen atau keturunan

Keadaan lain yang juga terkadang sebenarnya sulit dijelaskan dengan detail sebagai faktor yang menyebabkan kulit kepala berminyak yakni karena gen atau keturunan. Seseorang yang memiliki gen dan keturunan dengan kondisi kulit kepala berminyak secara normal seringkali akan menurunkan kondisi yang sama pada keturunan selanjutnya. Faktor gen dan keturunan ini menjadi sulit untuk dicegah agar kondisi kulit kepala tidak berminyak lagi.

Sponsors Link

  1. Pengaruh makanan tertentu

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan seseorang memiliki kondisi kulit kepala berminyak adalah karena pengaruh makanan tertentu. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih tersebut diantaranya seperti susu dan produk produk olahan atau turunannya (krim, keju, mentega) , makanan yang banyak mengandung lemak jenuh (daging, olahan daging, dan gorengan), makanan yang memiliki kandungan gula dan garam terlalu berlebihan.

  1. Kebiasaan yang buruk

Selain faktor yang disebutkan diatas, penyebab kulit kepala berminyak lainnya ternyata dapat disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Rambut yang sering dibelai dengan tangan merupakan salah satu bentuk kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak. Tangan menjadi bagian tubuh manusia yang sangat mungkin mudah kotor karena menyentuh banyak hal. Ketika tangan menyentuh bagian rambut maka dapat menyalurkan kotoran pada tangan ke rambut secara langsung sehingga timbulah kulit kepala yang berminyak. Untuk mencegahnya maka pastikan tangan bersih sebelum menyentuh rambut. Kebiasaan jarang mencuci rambut juga menjadi salah satu penyebab kulit kepala berminyak.

  1.  Polusi

Kondisi lingkungan lainnya yang juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak adalah karena polusi. Polusi atau pencemaran lingkungan dapat menyebabkan rambut menjadi kotor dan merupakan pemicu terjadinya kulit kepala yang berminyak. Kondisi udara yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak untuk menjaga kondisi rambut tetap lembab dan tidak kering.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kulit kepala berminyak yang menjadi salah satu kondisi menganggu. Kulit kepala yang berminyak dapat menimbulkan beberapa kondisi yang tidak mengenakan seperti rambut menjadi lepek dan lengket serta sulit ditata, rambut menjadi bau, hingga kondisi rambut yang gatal. Kulti kepala yang memiliki kondisi keringat berlebih juga bisa jadi menjadi pemicu munculnya banyak minyak tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup