Sponsors Link

Penyebab Merinding Di kepala Bagian Kiri

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya dalam kehidupan dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Berbagai organ penting tubuh dengan segala fungsinya terletak dan terlindung oleh berbagai bagian bagian kepala. Beberapa organ pening tubuh di kepala tersebut seperti otak sebagai pusat dari sistem syaraf, mulut sebagai jalan awal sistem pencernaan, lidah sebagai indera perasa, hidung sebagai indera penciuman, kuping sebagai indera pendengaran, mata sebagai indera penglihatan.

ads

Berbagai macam masalah atau jenis sakit kepala tentu dapat menyebabkan gangguan dalam aktivitas manusia karena disana terdapat organ organ penting. Pusing mungkin menjadi jenis sakit kepala yang sering dialami oleh setiap orang. Selain pusing kondisi sakit atau permasalahan pada kepala lain yang juga dapat terjadi diantaranya seperti vertigo, trauma kepala, migrain, sakit kepala akibat anemia, kanker otak, dan sakit kepala akibat penyakit lainnya seperti meningitis, sinusitis, dan lain sebagainya.

Munculnya kondisi sakit kepala dan permasalahan lainya tentu harus menjadi perhatian oleh setiap orang untuk mencegah terjadinya hal yang lebih berbahaya. Salah satu keadaan yang mungkin dapat muncul pada sebagian orang dan tentunya menganggu serta perlu untuk diketahui penyebabnya adalah keadaan merinding di kepala bagian kiri. Berikut ini penyebab keadaan merinding di kepala bagian kiri yang dapat menjadi salah satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu untuk menentukan cara mengatasinya.

  • Kedinginan

Kondisi pertama yang dapat menjadi penyebab keadaan merinding di kepala bagian kiri adalah karena faktor kedinginan. Kedinginan merupakan kondisi dimana suhu lingkungan sekitar lebih kecil atau minus dibandingkan dengan suhu tubuh. Merinding merupakan salah satu cara tubuh untuk menangkap panas dalam upayanya menangani kedinginan yang dirasakan oleh tubuh secara alami dan bukan merupakan suatau permasalahan atau sakit kepala yang perlu dikhawatirkan.

  • Kegelian

Selain kedinginan, kondisi lainya yang juga dapat menjadi penyebab munuculnya merinding di bagian kepala sebelah kiri adalah karena adanya faktor yang menyebabkan kegelian. Kondisi kegelian tersebut dapat terjadi pada berbagai macam lokasi tubuh yang terkena beberapa faktor yang menyebabkan tubuh kegelian dan meresponnya dengan merinding.

  • Kurang tidur

Kondisi merinding pada daerah kepala lebih banyak terjadi di kepala bagian kiri dan bukan terletak pada bagian tengah. Kondisi ini dikarenakan daerah kepala dibagian tengah lebih banyak terdapat folikel rambut dengan ukuran panjang. Folikel rambut dengan ukuran panjang tersebut lebih susah ditegangkan sehingga merinding akan terjadi pada daerah kepala dengan folikel rambut yang tipis dan pendek seperti dibagian kiri kepala. Kondisi merinding yang terjadi pada setiap orang didaerah kepala tersebut dapat disebabkan salah satunya oleh keadaan kurang tidur dan terlalu banyak bergadang.

  • Penyebab lainnya

Selain beberapa kondisi yang disebutkan diatas, beberapa penyebab lainya dari keadaan merinding pada kepala bagian kiri juga dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti kondisi kurang gula darah atau yang disebut sebagai hipoglikemia, adanya infeksi pada telinga bagian kiri, gangguan pada tajam penglihatan, dan penyakit sinusitis. Selain penyebab tersebut, kondisi mistis juga sering dikaitkan dengan keadaan merinding pada kepala bagian kiri. Untuk memastikan penyebab dari keadaan kepala kiri yang merinding tersebut perlu dilakukan pemeriksaan medis secara lebih mendalam. Jika kondisi merinding tersebut terus terjadi, pemeriksaan MRI maupun CT Scan mungkin diperlukan.

Cara Mengatasi Merinding Di Kepala Bagian Kiri

Selain perlu mengetahui penyebab merinding di kepala bagian kiri, perlu juga dipahami beberapa cara mengatasi dan mencegah terjadinya kondisi merinding tersebut. Hal ini diperlukan karena kondisi merinding yang terjadi terutama pada kepala tentu menimbulkan keadaan yang menganggu serta pastinya dapat menyebabkan munculnya resiko buruk lainya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi maupun mencegah kondisi merinding di kepala bagian kiri tersebut yang diantaranya seperti :

  • Mengindari pemakaian ikat kepala atau penggunaan helm dan topi yang terlalu ketat karena dapat memperparah keadaan merinding.
  • Beristirahat yang cukup setidaknya 7 – 8 jam dan sebaiknya hindari bergadang hingga larut malam yang berguna sebagai salah satu cara mengatasi pusing karena kurang tidur.
  • Konsumsi beberapa makanan sehat seperti buah buahan.
  • Lakukan pola hidup sehat dengan menghindari asap rokok dan alkohol sebagai upaya pencegahan.

Itulah penjelasan mengenai penyebab merinding di kepala bagian kiri yang perlu diperhatikan oleh setiap orang dan tidak boleh dianggap remeh serta beberapa cara untuk mengatasinya. Ketika kondisi merinding yang terjadi pada kepala bagian kiri tersebut terus muncul dan tidak kunjung berhenti bahkan hingga muncul kondisi pusing maka sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter merupakan langkah yang harus dilakukan. Bagian kepala merupakan organ penting bagi kehidupan manusia sehingga sebaiknya jangan pernah meremehkan setiap kondisi perubahan yang tidak normal atau berbagai jenis sakit kepala terjadi karena bisa jadi keadaan tersebut merupakan tanda awal adanya hal atau penyakit yang berbahaya.

, , , ,