Sponsors Link

10 Penyebab Migrain Kanan yang Bisa Berbahaya

Sponsors Link

Pada dasarnya ada beberapa jenis sakit kepala yang sering menyerang orang dewasa. Orang dewasa bisa mendeskripsikan sakit kepala karena bisa merasakan bagian mana yang sakit. Salah satu jenis sakit kepala yang sering terjadi adalah migrain. Sakit kepala migrain biasanya hanya menyerang salah satu sisi kepala saja. Namun rasa sakit yang berkembang terus menjadi tidak nyaman dan orang terbiasa mengatakan dengan sakit kepala saja.

ads

Bagian sakit migrain yang cukup sering terjadi adalah migrain sebelah kanan. Rasa sakit sepenuhnya berpusat pada bagian kanan dan sering terjadi. Jika menyerang saat tidur maka akan membuat penderita terbangun. Rasa sakit ini biasanya hanya terjadi pada orang dewasa atau ketika masuk usia dewasa. Jika hal ini terjadi cukup jarang dan biasa diatasi dengan obat sakit kepala biasa maka tentu tidak masalah. Tapi jika sering terjadi sampai mengganggu aktifitas maka seharusnya langsung diobati. Tapi sebelum itu Anda harus tahu apa saja penyebab migrain kanan yang bisa berbahaya, seperti informasi dibawah ini.

  • Efek perubahan kegiatan tubuh

Ketika tubuh Anda diminta untuk melakukan kegiatan yang tidak biasa maka tubuh Anda bisa memberontak dengan menyebabkan reaksi sakit atau rasa tidak nyaman. Salah satunya bahkan bisa menyebabkan migrain sebelah kanan.

Hal ini biasanya sering terjadi ketika Anda merubah jadwal tidur, jadwal makan, jadwal olahraga dan juga saat bepergian jauh. Perubahan waktu yang dihadapi seperti efek dari jetleg ketika ke luar negeri maka juga bisa membuat sakit kepala sebelah kanan. Jenis jenis migrain ini dianggap hal yang normal karena ketika Anda merubah secara perlahan maka sakit kepala akan berkurang dan sembuh.

  • Terlalu banyak atau kurang tidur

Tidur memang kegiatan yang sangat penting untuk membuat otak bisa istirahat dengan baik. Ketika Anda kelebihan atau kekurangan waktu tidur maka bisa mengalami migrain sebelah kanan. Hal ini terjadi karena reaksi otak yang berubah saat tidak cukup atau justru kelebihan waktu tidur.

Jenis sakit kepala ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan begadang atau bekerja secara ekstra. Juga ketika sedang sakit dimana tubuh membutuhkan banyak waktu istirahat.

  • Akibat tekanan dan stres

Stres adalah hal yang sangat sering terjadi pada orang dewasa atau remaja yang mau masuk usia dewasa. Stres bisa disebabkan oleh pikiran, tekanan pekerjaan dan aktifitas tubuh yang cukup padat. Jika stres tidak diatasi dengan cara yang tepat maka bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Hal ini bisa juga merusak reaksi otak ketika sedang gembira, sedih atau terkejut.

Meskipun ini sangat sering dialami orang menjelang dewasa atau dewasa awal biasanya jarang terjadi pada orang tua. Karena migrain yang menyerang orang tua biasanya termasuk dalam migrain basilar.

  • Efek akibat perubahan hormon

Pada wanita yang cenderung sering mengalami perubahan hormon maka ini bisa memicu migrain kanan. Biasanya wanita akan mengalami perubahan hormon progesteron dan estrogen pada saat menstruasi, menjelang menstruasi, saat hamil dan bahkan menjelang menopause. Karena itu kondisi ini sering dianggap yang normal saja.

Cara untuk mengatasi migrain akibat efek hormon bisa dilakukan secara alami. Misalnya dengan merubah gaya hidup, mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan mengurangi kafein. Namun jika kondisi ini tidak sembuh dengan perubahan gaya hidup maka segera periksa ke dokter. Jangan sampai terkena bahaya migrain berkepanjangan.

  • Efek konsumsi kafein berlebihan

Migrain sebelah kanan juga sangat sering terjadi pada orang yang sering mengonsumsi kafein. Hal ini terjadi ketika Anda minum kopi dalam jumlah yang sangat banyak misalnya 4 cangkir sehari. Efek ini bisa terjadi akrena kafein bisa mempengaruhi sistem kerja otak dan zat kimia alami dalam otak. Efek sakit kepala kanan ini juga akan terjadi jika tubuh secara mendadak tidak mendapatkan asupan kafein. Karena itu ketika terbiasa minum kopi atau teh maka ketahui batasan yang tepat sehingga tidak terkena efek ini.

  • Efek menatap komputer

Bagi orang yang sudah terbiasa bekerja berjam-jam di depan komputer maka bisa terkena efek yang tidak nyaman. Radiasi yang dipantulkan dari layar komputer akan menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Efeknya mungkin tidak terasa dengan cepat tapi ketika sudah lama dan sangat tidak nyaman.

Lalu kebiasan duduk lama di depan komputer juga akan menyebabkan otot leher menjadi tegang. Hal ini juga yang kemudian membuat bahu dan leher menjadi kaku lalu sampai membuat sakit kepala kanan. Jika sudah seperti ini maka sebaiknya segera mengatur waktu saat bekerja dengan komputer.

Sponsors Link

  • Efek lingkungan yang ekstrim

Jika Anda tinggal di kawasan pegunungan atau dataran tinggi maka bisa juga mengalami migrain. Hal ini terjadi karena kondisi cuaca yang cukup dingin. Efek ini juga akan terjadi pada suhu yang terlalu panas, lembab dan cahaya yang berlebihan. Lingkungan yang ramai juga akan menyebabkan masalah yang sama. Karena itu perhatikan kondisi lingkungan sehingga tidak terkena efek buruk ini.

  • Efek zat aditif dari makanan dan minuman

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan aditif juga bisa menyebabkan efek sakit migrain kanan. Hal ini bisa terjadi karena reaksi otak ketika merespon tubuh yang menerima zat aditif tersebut. Misalnya seperti ketika baru saja mengonsumsi makanan dengan kandungan MSG, garam, bahan pewarna dan bahan pengawet. Karena itu perhatikan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  • Alergi makanan

Orang yang menderita alergi makanan tertentu juga bisa mengalami efek sakit kepala kanan saja. Misalnya seperti pada penderita alergi coklat, makanan laut, garam, kacang dan alergi lain. Efek sakit kepala mungkin menjadi tanda anafilaksis sehingga sangat berbahaya untuk tubuh. Karena itu jika sudah memiliki alergi maka hindari pemicu alergi terutama makanan dan minuman tertentu.

  • Efek dehidrasi

Orang yang terkena dehidrasi juga bisa mengalami efek sakit kepala sebelah kanan saja. Dehidrasi akan menyebabkan sakit kepala kanan yang tidak nyaman sebagai bentuk perubahan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebenarnya migrain sebelah kanan bisa jadi tanda bahaya karena kondisi tubuh yang tidak cukup cairan dan kemungkinan otak juga tidak menerima darah dan oksigen yang cukup.

Itulah beberapa penyebab migrain kanan yang bisa berbahaya. Semua orang yang mungkin mengalami migrain kanan harus curiga dengan penyebabnya. Dan segera pergi ke dokter jika migrain tidak sembuh.

, , ,
Oleh :