Sponsors Link

7 Penyebab Mimisan Disertai Sakit Kepala Pada Remaja Yang Patut Diwaspadai

Sponsors Link

Setiap orang tentu pernah mengalami permasalahan pada bagian kepala yang sangat menganggu. Jenis sakit kepala atau permasalahan yang sangat umum dan hampir semua orang tentu pernah mengalaminya adalah sakit kepala. Pusing atau sakit kepala merupakan kondisi dimana seseorang mengalami nyeri pada bagian kepala tertentu akibat penyebab yang sangat beragam. Keadaan sakit kepala dapat menjadi pertanda adanya permasalahan serius yang terjadi pada bagian bagian kepala dengan fungsi dan peran vital untuk tubuh.

ads

Sakit kepala kerap tidak hanya terjadi begitu saja melainkan juga ada beberapa gejala penyerta lain yang dapat terjadi tergantung dari penyebab sakit kepala tersebut. Salah satu kondisi yang dapat menyertai sakit kepala adalah mimisan. Mimisan merupakan kondisi keluarnya dari dari dalam hidung yang juga dapat disebabkan oleh karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Mimisan lebih banyak terjadi pada anak anak hingga dewasa.

Kondisi mimisan yang terjadi bersamaan dengan sakit kepala perlu untuk diperhatikan dengan baik mengingat adanya beberapa dampak dan resiko penyakit berbahaya dari kondisi yang terjadi tersebut. Untuk lebih memahami kondisi tersebut dan menghindari terjadinya keadaan mimisan bersamaan dengan sakit kepala, berikut beberapa penyebab mimisan disertai sakit kepala pada remaja yang perlu diperhatikan dengan baik dalam ulasan penjelasan di bawah ini.

  1. Kanker darah

Penyebab remaja sering mengalami kondisi mimisan disertai sakit kepala adalah karena kanker darah. Penyakit berbahaya tersebut salah satu gejala awalnya adalah kondisi keluarnya darah dari hidung yang disertai dengan rasa sakit kepala hebat. Sebagai penyakit yang mengancam nyawa tentu kondisi kanker darah ini harus dihindari oleh setiap orang sehingga ketika muncul rasa sakit kepala hebat disertai dengan kondisi mimisan yang berlangsung terus menerus, sebaiknya periksakan kondisi tersebut dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.

  1. Cedera pada hidung

Jika pada gejala kanker darah yang disebutkan diatas, kondisi mimisan dan sakit kepala muncul begitu saja tanpa adanya penyebab yang jelas maka ada keadaan dimana seseorang mengalami mimisan karena cedera pada hidung. Penyebab mimisan disertai sakit kepala pada remaja tersebut merupakan keadaan paling umum terjadi ketika memang pembuluh darah di hidung pecah akibat cedera atau benturan keras. Sakit kepala yang terjadi disebabkan oleh karena keluarnya darah dari hidung dan benturan yang juga mengenai bagian kepala atas. Kondisi ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya ketika pembekuan darah sudah terjadi.

  1. Tekanan darah tinggi

Seseorang yang mengalami kondisi medis tekanan darah tinggi bukan merupakan penyebab utama terjadinya mimisan dan sakit kepala. Kondisi tekanan darah tinggi hanya akan menyebabkan seseorang yang mengalami mimisan berlangsung lebih lama akibat adanya tekanan yang menjadikan pembekuan darah lebih lambat. Tekanan darah tinggi juga kerap menyebabkan sakit kepala ketika memang tekanan darah pada saat itu sedang meninggi. Meskipun tidak ada korelasi yang jelas antara tekanan darah tinggi dan sakit kepala namun keadaan yang dirasakan penderitanya memang seperti itu.

  1. Sinusitis

Kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya mimisan disertai dengan sakit kepala pada remaja adalah karena sinusitis. Peradangan pada sinus tersebut dapat menyebabkan pembulu darah diarea tersebut menjadi melebar. Pelebaran pembuluh darah menjadikannya akan sangat rentan mengalami mimisan. Kondisi sinus yang berlangsung terus menerus akan menyebabkan seseorang sangat mudah mengalami mimisan. Sinus juga dapat memicu gejala sakit kepala. Jika kedua keadaan tersebut berlangsung bersamaan maka terjadilah kondisi mimisan disertai dengan sakit kepala.

  1. Faktor genetik

Genetik ternyata juga memiliki peran sebagai penyebab munculnya kondisi mimisan yang disertai dengan sakit kepala. Hemofilia atau kondisi genetik yang diturunkan oleh ibu terhadap anaknya merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu terjadinya mimisan terlalu sering baik disertai sakit kepala maupun tidak. Seseorang yang mengalami kondisi tersebut harus mendapatkan perawatan yang ekstra dan berkala sepanjang hidupnya. Selain hemofilia, kondisi lain yang juga termasuk kelainan genetik yakni Hemoragik Herediter Telangiektasia (HHT) yang sangat jarang terjadi namun dapat memberikan pengaruh pada pembuluh darah termasuk yang dihindung.

  1. Alergi rhinitis

Selain sinusitis, jenis alergi lainnya yang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi mimisan disertai dengan sakit kepala adalah karena adanya kondisi alergi rhinitis. Rhinitis merupakan radang selaput lendir hidung yang dapat terjadi akibat adanya alergen yang masuk ke dalam hidung seperti debu. Radang tersebut dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah disekitarnya sehingga sangat rentan sekali mengalami kondisi pendarahan.

  1. Penyebab mimisan lainnya

Selain kondisi yang disebutkan diatas sebagai penyakit yang menjadi penyebab mimisan disertai sakit kepala pada remaja, ada beberapa keadaan lain yang juga bisa memicu mimisan dan sakit kepala. Beberapa keadaan lain tersebut diantaranya seperti kondisi udara disekitar lingkungan hidup manusia yang kering dan dingin menjadikan hidung rentan terluka, mengeluarkan ingus sekencang kencanganya sehinga tidak sengaja membuat hidung cedera, hidung bengkok, penggunaan obat obatan tertentu, pasca operasi hidung, tumor, terlalu banyak konsumsi alkohol, pasca menghirup cairan kimia, dan karena perilaku tidak sengaja yang dapat melukai hidung.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap remaja yang mengalami kondisi mimisan. Hal ini dikarenakan dalam penjelasan yang diurakan diaas mengenai penyebab mimisan disertai sakit kepala pada remaja yang banyak menjelaskan beberapa penyakit berbahaya dibalik keadaan tersebut. Kondisi mimisan yang muncul bukan karena cedera sebaiknya segera mendapatkan diagnosis dari dokter terkait penyebabnya untuk memastikan tindakan yang tepat.

, ,