Sponsors Link

Penyebab Otak Selalu Berpikir Saat Tidur dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Otak menghasilkan banyak peran yang sangat penting untuk manusia. Salah satunya adalah untuk memberi perintah kapan tidur dan kapan harus terjaga. Karena itulah kita bisa tidur malam dengan nyenyak dan relatif kurang nyenyak saat siang hari. Bayi bahkan tidur lebih banyak saat baru lahir karena tubuh dan otak bekerjasama untuk meneruskan pertumbuhannya. Namun pada orang dewasa terkadang ada hal-hal yang membuat otak sulit diajak tidur.

ads

Inilah yang mungkin menyebabkan beberapa bagian otak dan fungsinya tidak bekerjasama dengan lancar. Hal ini juga yang menyebabkan penderita merasa sangat gelisah karena tidak dapat tidur dengan baik. Gangguan ini sudah menyebabkan masalah produktivitas sehingga harus dicari penyebab dan solusinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab otak selalu berpikir saat tidur dan cara mengatasi.

Penyebab

  • Stres

Stres adalah salah satu penyebab otak tetap memberikan sinyal untuk selalu berpikir meskipun sedang tidur. Ini juga yang membuat tidur menjadi sangat tidak nyaman dan biasanya akan sangat gelisah. Jika tidur dipaksa dalam kondisi ini maka bisa menyebabkan sakit kepala. Penyebab ini umumnya berkembang dari waktu ke waktu. Anak-anak biasanya tidak mungkin mengalami masalah ini karena masalah kehidupan mereka belum komplek dan rumit. Sementara orang dewasa akan mengalami masalah ini karena mereka merasa cemas dengan banyak hal seperti pekerjaan, keuangan dan masalah lain.

  • Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah salah satu gangguan yang bisa terjadi akibat stres yang tidak dirawat dengan baik. Gejala gangguan kecemasan memang sering diabaikan karena merasa tidak nyaman saja. Tapi perkembangan gejala dari waktu ke waktu bisa menjadi lebih parah karena pikiran dan perasaan yang sangat buruk. Bahkan jika tidak dirawat dengan tepat maka gangguan kecemasan bisa menyebabkan sakit kepala berdenyut hebat saat malam hari.

  • Masalah kesehatan tertentu

Sebenarnya tidak bisa tidur atau bisa tidur tapi selalu berpikir juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan tertentu. Ada banyak penyebab yang bisa membuat penderita merasa sangat cemas termasuk penyakit dan perawatan yang akan dilakukan. Masalah yang bisa memicu kondisi ini termasuk seperti stres, depresi, penyakit kritis seperti kanker, diabetes, gangguan jantung dan masalah kesehatan lain. Biasannya kondisi ini juga sering terjadi pada orang tua dengan penyakit komplikasi.

Cara Mengatasi

  • Kelola stres dengan baik

Jika memang stres maka Anda harus waspada dengan munculnya ciri-ciri sakit kepala karena stres. Masalah yang dipikirkan terus menerus tidak akan membaik dan mungkin juga tidak akan selesai. Salah satu cara untuk menghentikan pikiran saat sedang tidur adalah dengan mengendalikan stres. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara menenangkan pikiran, bepergian, cuti kerja, bertemu keluarga atau teman yang mendukung dan berbicara dengan pasangan. Dengan kebiasaan ini maka stres akan berkurang dan jika belum berkurang maka segera temui dokter untuk membantu Anda.

  • Lakukan kebiasaan baik sebelum tidur

Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk melakukan kebiasaan baik sebelum tidur. Cara ini dilakukan dengan langkah yang tepat. Pertama adalah menyiapkan diri selama 30 menit sebelum tidur. Kemudian yang kedua adalah memilih aktifitas yang menurunkan risiko stres dan bisa membuat tidur. Beberapa cara ini adalah dengan membaca buku sampai mengantuk, yoga untuk menenangkan pikiran, mendengarkan musik dengan santai atau mengobrol dengan keluarga. Dengan cara ini maka bisa mengalihkan pikiran dan akhirnya bisa mengantuk.

  • Tulis apa yang menjadi pikiran Anda

Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk menulis semua pikiran Anda. Karena ada beberapa jenis sakit kepala akibat banyak pikiran maka menulis bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Anda bisa membuat catatan khusus tentang apa yang membuat Anda gelisah sepanjang hari, apa rencana Anda untuk esok hari dan pemikiran lain. Dengan berbagai kebiasaan ini maka akan mengurangi isi otak atau pikiran Anda yang bisa membuat otak tidak berhenti berpikir saat tidur.

  • Coba bernafas dari hidung kiri

Ternyata kebiasaan bernafas dengan hidung kiri menjelang tidur juga sangat baik untuk membuat sistem syaraf menjadi lebih santai. Kebiasaan ini juga bisa membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan daya imajinasi. Bahkan jika dilakukan secara teratur maka bisa membuat waktu untuk tidur lebih cepat lagi. Caranya adalah dengan tidur miring ke kiri kemudian tutup lubang hidung kanan dan biarkan hidung kiri bekerja secara alami. Ambil nafas panjang dan keluarkan lalu ulangi beberapa kali. Dengan kebiasaan ini maka akhirnya bisa tertidur dengan nyenyak.

Sponsors Link

  • Meditasi sebelum tidur

Cara lain untuk melonggarkan pikiran menjelang tidur adalah dengan meditasi. Kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga agar pikiran dan tubuh menjadi lebih seimbang. Cara ini bisa dilakukan di atas tempat tidur sampai Anda benar-benar merasa sangat mengantuk dan tidak bisa menahannya lagi. Caranya adalah dengan duduk posisi santai, kemudian tarik nafas panjang dan hembuskan sampai beberapa kali. Biarkan semua pikiran Anda santai dan Anda tidak lagi merasa khawatir. Lalu ulangi sampai Anda bisa merasa mengantuk dan tubuh terasa lebih ringan.

  • Membaca

Jika Anda ingin membuat pikiran lebih tenang maka cobalah untuk membaca dengan posisi yang santai dan paling nyaman. Anda bisa mencoba untuk memilih bahan bacaan yang tidak terlalu berat tapi menghibur. Biarkan mata sampai terasa berat dan saat sudah mengantuk maka letakkan buku disamping tempat tidur lalu mulai tidur. Hindari membaca cerita misteri atau horor karena mungkin justru akan membuat sulit tidur.

  • Hindari kafein menjelang malam

Anda juga harus mencoba untuk tidak mengonsumsi kafein menjelang malam hari. Kafein bisa membuat insomnia dan justru membuat Anda sulit untuk tidur. Lebih baik ganti minuman atau makanan yang mengandung kafein dengan jus atau air putih. Dan lebih baik lagi juga tidak mengonsumsi minuman manis menjelang tidur karena bisa membuat kantung kemih cepat penuh saat tidur.

  • Visualisasi

Lalu jika belum berhasil juga maka cobalah untuk melakukan visualisasi. Anda bisa membayangkan tidur di tempat yang sangat nyaman atau Anda sedang bersantai dari semua aktifitas. Jika belum bisa maka coba dengan tehnik menghitung atau mengeja abjad dari A sampai Z.

Itulah semua penyebab otak selalu berpikir saat tidur dan cara mengatasi. Berbagai penyebab tersebut mungkin harus mendapatkan perawatan dokter, sehingga jika masalah ini sudah sangat mengganggu maka coba segera periksa ke dokter.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup