Sponsors Link

8 Penyebab Pusing di Bagian Alis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit kepala ternyata bisa membuat beberapa bagian di wajah dan kepala menjadi tidak nyaman. Hal yang sangat sering terjadi sakit kepala bisa berdenyut mulai dari bagian belakang kepala, samping kepala sampai ke wajah. Dibagian wajah sakit kepala berkembang dari bagian mata, alis dan sekitar dahi atau pelipis. Tentu saja jika terkena gangguan ini maka bisa menyebabkan gangguan dan membuat tubuh tidak bisa beraktifitas dengan baik.

ads

Kemudian sakit kepala bisa berkembang terus jika tidak segera dirawat. Sakit kepala membuat kondisi tubuh lebih lemah dan biasanya juga memicu gejala yang lain seperti mual dan muntah. Karena itu Anda harus tahu dulu apa penyebab dari sakit sepala tersebut sehingga tahu mana obat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab pusing di bagian alis dan cara mengatasinya.

1. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang ternyata akan membuat alis sampai sakit dan terkadang sakit masuk sampai ke mata. Penyebab yang paling sering dari sakit kepala tegang adalah ketika stres atau menerima tekanan yang berlebihan. Sakit kepala ini sama sekali tidak dipengaruhi oleh aktifitas tubuh sehingga terkadang terjadi secara mendadak. Tekanan pada bagian leher juga bisa menyebabkan sakit kepala belakang ini.

Hindari semua jenis pemicu stres, cobalah untuk melakukan yoga, rubah cara Anda ketika bertemu dengan masalah, buat pikiran menjadi lebih santai dengan berwisata atau cuti dari pekerjaan serta lakukan berbagai hal yang Anda sukai.

2. Migrain

Pada dasarnya ada berbagai jenis jenis migrain yang akan menyebabkan sakit kepala masuk sampai ke alis. Migrain bisa menyerang pada salah satu bagian kepala mulai dari tahap yang ringan sampai menyebabkan denyut yang cukup berat. Gejala yang sangat terasa dari migrain seperti sensitif terhadap cahaya, sakit kepala yang sulit dijelaskan, sakit kepala sampai pingsan, pandangan mata kabur dan mual atau sampai muntah.

Cara mengatasi:

  • Cobalah untuk istirahat selama terkena migrain dengan cara yang nyaman untuk Anda, Anda bisa tidur atau sekedar duduk sampai gejala menghilang.
  • Minum obat pereda sakit kepala termasuk jenis obat triptan.
  • Lakukan terapi akupresure untuk melawan migrain dengan terapis yang berpengalaman.

3. Sakit kepala cluster

Ternyata sakit kepala pada alis bisa disebabkan karena sakit kepala cluster. Sakit kepala ini sebenarnya termasuk dalam kelompok migrain namun biasanya serangan terjadi selama beberapa hari atau minggu. Rasa sakit berlangsung dari 15 menit dan paling lama 3 jam. Ada berbagai macam penyebab sakit kepala cluster seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol, efek bau yang menyengat dari lingkungan, cuaca yang sangat panas, stres dan kurang istirahat. Cobalah untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih, kompres bagian dahi dengan air es, hindari stres dan rasa tidak nyaman, olahraga dengan banyak peragangan dan makan semangka segar.

4. Penyakit glaukoma

Ternyata penyakit glaukoma juga bisa menyebabkan rasa sakit yang berkembang dari dahi sampai alis. Glaukoma adalah penyakit yang disebabkan karena menumpuknya cairan mata akibat tekanan yang menyebabkan kerusakan pada syaraf optik. Tekanan ini biasanya dipicu oleh kadar gula yang berlebihan pada tubuh. Dampaknya bisa menyebabkan pembuluh darah yang mengandung gula akan mengalami kerusakan atau pecah dan merusak sistem syaraf tersebut.

Jika terjadi glaukoma maka bisa diperkuat dengan beberapa gejala seperti sakit kepala, pandangan mata kabur, sakit mata, melihat lingkaran pada mata, mual dan muntah. Perawatan untuk glaukoma bersifat untuk mencegah kebutaan dan tidak bisa menyembuhkan sampai total. Namun perawatan sangat penting agar tidak mengalami buta. Langkah perawatan biasanya dengan obat yang diteteskan ke mata, operasi dan laser. Namun tindakan ini harus disesuaikan dengan kondisi glaukoma.

5. Akibat penyakit radang selaput lendir

Peradangan pada selaput lendir ternyata juga bisa menyebabkan pusing pada bagian alis. Penyakit yang berhubungan dengan peradangan ini termasuk seperti sinusitus. Sinusitis akan membuat bagian rongga sinus mengalami pembengkakan. Kemudian Anda akan sulit untuk bisa bernafas dengan lancar sehingga hidung juga menjadi tidak nyaman. Bengkak dan peradangan pada rongga sinus ini yang membuat bagian hidung, mata dan alis lebih sakit. Biasanya hubungan sinusitis dengan sakit kepala akan semakin parah jika sinusitis tidak dirawat dengan tepat. Cobalah untuk mengompres hangat pada bagian dahi, menguap wajah dengan air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih, makan sup kaldu, makan sup pedas dan konsumsi makanan pedas yang mengandung bahan capcaisin.

Sponsors Link

6. Masalah pada arteri temporal

Kondisi masalah pada arteri temporal bisa menyebabkan arteri mengalami peradangan yang sangat buruk. Kondisi ini bisa menyerang arteri yang ada di kepala. Sehingga gejala yang paling sering terjadi adalah sakit pada bagian pelipis atau dekat dengan alis mata. Kondisi ini bisa berkembang dengan sangat cepat dimana disertai dengan gejala lain seperti sakit pada bagian rahang, sakit pada bagian leher, sakit pada mata dan kulit kepala yang menjadi lebih lembut.

Orang yang menderita masalah arteri temporal harus segera mendapatkan perawatan yang paling tepat. Kondisi ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk jika dibiarkan terus menerus. Biasanya dokter akan memberikan perawatan dengan obat kortikosteroid. Perawatan yang terlambat akan menyebabkan kebutaan dan stroke.

7. Infeksi herpes zoster

Beberapa orang dewasa ternyata juga bisa mengalami gejala herpes zoster berupa sakit kepala pada bagian alis. Kondisi ini biasanya membuat penderita sering mengabaikan gejala karena tidak disertai dengan demam awal. Jika sudah begini maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

8. Trauma di sekitar mata

Trauma di sekitar mata juga akan membuat sakit mata berkembang di mata dan alis. Hal ini bisa membuat kondisi menjadi tidak nyaman karena sakit biasanya cenderung berdenyut. Untuk mengatasi kondisi ini maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah semua penyebab pusing di bagian alis dan cara mengatasinya. Jika sakit di bagian alis terus berkembang maka sebaiknya jangan menunda pemeriksaan ke dokter agar segera bisa diobati dengan cara yang paling tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan