Sponsors Link

Penyebab Pusing pada Ibu Hamil Trimester 2

Sponsors Link

Setiap ibu hamil tentu menginginkan masa kehamilannya dapat berjalan secara lancar, normal, dan selalu dalam keadaan baik untuk dirinya maupun bayi di dalam kandungan. Berbagai upaya dan usaha sudah menjadi kewajiban ibu hamil untuk dilakukan guna menjaga kondisi perkembangan janin maupun kesehatan dirinya dan janin tersebut. Upaya tersebut seperti memenuhi asupan kebutuhan nutrisi kehamilan, beristirahat yang cukup, hingga rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan maupun bidan.

ads

Harapan ibu hamil untuk menginginkan kehamilan berjalan dengan lancar tidak sepenuhnya dapat terealisasi meskipun ada beberapa ibu hamil yang menjalani masa kehamilannya tanpa ada gangguan atau gejala yang cukup membuat tidak nyaman. Hal ini dikarenakan, hampir setiap ibu hamil akan merasakan berbagai macam gejala baik fisik maupun psikis yang normal meskipun mengganggu, sebagai salah satu proses akibat dari adanya perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil selama kehamilan.

Salah satu gejala yang terjadi pada ibu hamil di usia kandungan trimester 2 adalah keadaan dimana muncul pusing atau sakit kepala saat hamil. Pusing yang terjadi pada ibu hamil tesebut seringkali sangat menganggu baik pada waktu istirahat maupun untuk digunakan beraktivitas. Dalam artikel ini, drsakitkepala.com akan memberikan ulasan mengenai penyebab pusing pada ibu hamil trimester 2 dan beberapa cara pengatasan sederhana sebagai upaya mengurangi sakit kepala dan gangguan yang muncul dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Ibu hamil mengalami kondisi stres

Stres merupakan salah satu kondisi yang dalam menyebabkan munculnya sakit kepala pada sebagian orang. Kondisi ketegangan yang muncul pada bagian bagian kepala dan leher akibat stres menjadikan penyebab dari kondisi salah satu jenis sakit kepala yang banyak di rasakan oleh orang tersebut. Pada ibu hamil trimester 2, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan beban yang harus ditanggung oleh ibu serta adanya perubahan psikis atau mentalnya menjadikan keadaan stres lebih mudah muncul dibandingkan pada wanita yang tidak sedang hamil.

Untuk mengatasi kondisi munculnya sakit kepala atau pusing pada ibu hamil di usia trimester 2 ini adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup tinggi pada ibu hamil. Jika ibu hamil merupakan seorang pekerja maka usahakan untuk tidak mendapatkan beban besar dari pekerjaannya dan sering melakukan relaksasi atau refreshing. Selain itu, ibu hamil juga harus menyadari dan memiliki niat kuat untuk tetap menjaga kondisi kehamilan serta janin di dalam kandungannya sehingga secara psikis tidak akan mudah mengalami stres.

  1. Kelelahan sebagai penyebab pusing pada ibu hamil trimester 2

Keadaan lain yang juga dapat menjadikan ibu hamil trimester 2 mengalami kondisi pusing atau sakit kepala adalah karena faktor kelelahan. Kelelahan yang terjadi pada ibu hamil akan semakin berat mengingat kondisi tubuhnya yang lebih rentan akibat adanya berbagai macam perubahan hormon dan fisik selama masa kehamilan. Untuk itu, dalam usahanya menjaga kondisi kehamilan, ibu hamil dituntun untuk selalu memiliki waktu istirahat lebih banyak dibandingkan sebelum hamil sebagai upaya mencegah munculnya sakit kepala atau pusing.

  1. Tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil

Ibu hamil trimester 2 akan mengalami peningkatan tekanan darah akibat adanya pertumbuhan janin yang semakin lebih besar. Pertumbuhan janin yang besar tersebut menjadikan jumlah cairan dan darah di dalam tubuh ibu hamil lebih banyak dari sebelumnya. Banyaknya darah serta cairan tersebut menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah ibu hamil dan menyebabkan munculnya kondisi sakit kepala atau pusing. Untuk mengatasi penyebab pusing pada ibu hamil trimester 2 tersebut maka ibu hamil harus memperhatikan posisi dan postur tubuh, makan teratur dan minum air putih dalam jumlah cukup, istirahat saat pusing datang, rajin bergerak, dan lain sebagainya,

  1. Kadar gula darah yang rendah

Beberapa ibu hamil sering kali mengalami gejala yang dapat menjadikan kurangnya jumlah asupan makanan yang dapat dikonsumsi akibat kondisi mula muntah serta menurunnya nafsu makan. Kurangnya jumlah asupan makanan tersebut menyebabkan ibu hamil kekurangan kadar gula yang menjadi salah satu penyebab pusing terjadi pada sebagian ibu hamil. Mengkonsumsi makanan secara teratur dalam jumlah dan jenis yang cukup harus menjadi perhatian ibu hamil agar tidak mengalami pusing.

Sponsors Link

  1. Munculnya anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit atau gejala yang sangat mudah dan seringkali muncul pada sebagian besar ibu hamil. Hal ini disebabkan karena kurang atau rendahnya kadar zat besi yang masuk maupun terkandung di dalam tubuh. Kondisi rendahnya zat besinya dikarenakan kebutuhan zat tersebut yang tinggi selama masa kehamilan namun asupannya dari luar kurang. Untuk membantu mengatasinya maka ibu hamil dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi. Anemia biasanya ditandai dengan kondisi kepala pusing saat melihat ke bawah.

  1. Berbaring terlalu lama dan perubahan posisi yang cepat

Penyebab lain yang juga menjadikan munculnya pusing pada ibu hamil adalah keadaan dimana perubahan posisi yang dilakukan terlalu cepat sehingga memicu hipotensi potural, keadaaan dimana tidak ada cukup waktu untuk darah mencapai otak. Selain hipotensi postural, sikap ibu hamil yang terlalu lama berbaring juga dapat menimbulkan penurunan tekanan darah yang menjadi salah satu penyebab pusing atau sakit kepala. Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil perlu memperhatikan setiap gerakan dan aktvitasnya.

Itulah beberapa penyebab pusing pada ibu hamil trimester 2 yang dapat diperhatikan dan dipahami agar kondisi yang terjadi tidak menimbulkan gangguan serta segera dapat teratasi dan tidak memicu munculnya jenis sakit kepala lainya saat hamil. Secara umum, untuk mencegah munculnya pusing pada ibu hamil maka ada upaya yang perlu dilakukan diantaranya mengkonsumsi makanan dalam jumlah dan nutrisi yang cukup, beristirahat teratur, dan memperhatikan postur maupun posisi setiap beraktivitas.

, , , ,