Sponsors Link

8 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus Yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Permasalahan atau jenis sakit kepala tidak hanya identik dengan rasa sakit atau nyeri di kepala namun juga banyak hal lainnya. Mengingat ada banyak bagian bagian pentin yang terdapat di kepala dapat mengalami berbagai macam jenis penyakit tentunya. Kondisi permasalahan kesehatan pada bagian penting dari tubuh tersebut tentu dapat menyebabkan dampak yang berbeda tergantung dari bagian mana yang mengalam masalah. Setiap bagian bagian kepala memiliki peran dan fungsi yang penting dan berbeda satu sama lain.

ads

Kondisi permasalahan pada salah satu bagian dari kepala dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan bahkan penampilan ketika terjadi pada kulit kepala dan rambut. Permasalahan pada rambut yang paling umum terjadi adalah kondisi dimanan munculnya kerontokan. Rambut yang rontok secara normal sebenarnya dapat muncul secara normal karena memang rambut menjadi bagian tubuh yang perkembanganya cepat sehingga pasti akan ada proses regenerasi dimanan rambut lama akan rontok digantikan dengan rambut baru.

Permasalahan kerontokan rambut terjadi ketika jumlah rambut yang rontok dan frekuensi kerontokannnya terjadi begitu banyak dan sangat cepat sampai sampai menyebabkan jumlah volume rambut menjadi berkurang secara drastis. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi maka pemahaman terhadap penyebab yang bisa menjadikan rambut mengalami kerontokan. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab rambut rontok terus menerus yang sebaiknya dipahami dengan baik oleh setiap orang dalam ulasan di bawah ini.

  1. Keturunan

Penyebab rambut yang mengalami kerontokan terus menerus pertama adalah karena keturunan. Banyak yang tidak menduga bahwa kondisi rambut rontok dapat diturunkan. Keadaan tersebut terjadi karena adanya kondisi penipisan rambut genetic pada seseorang yang akan menurun kepada anaknya. Kondisi penipisan rambut genetic tersebut dikenal dengan nama androgenic alopecia. Kondisi seseorang yang mengalami androgenic alopecia tersebut, pertumbuhan rambut barunya untuk mengantikan rambut yang rontok akan semakin menipis. Kondisi kerontokan akibat keturunan tidak dapat diatasi hanya saja dapat dikurangi dampaknya dengan menjaga kesehatan rambut.

  1. Stres

Penyebab selanjutnya yang dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi rambut rontok secara terus menerus adalah karena stres. Kondisi trauma fisik dan tekanan mental akibat permaslahan yang sedang dihadapi oleh seorang wanita dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut. Kondisi tersebut dikenal dalam dunia medis sebagai telegon effuvium. Seseorang yang mengalami kerontokan rambut tersebut biasanya akan terus terjadi 3 – 6 bulan setelah merasakana stress berat. Hindari pemicu stres agar tidak mengalami kondisi kerontokan yang terjadi secara terus menerus.

  1. Kelebihan vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kehidupannya. Ada banyak manfaat positif vitamin A untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata, kelebihan vitamin A di dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi yang buruk terhadap kesehatan rambut. Jika penyebab yang terjadi pada seseorang dengan kondisi rambut rontok terus menerus akibat terlalu banyaknya vitamin A di dalam tubuh, maka cara untuk dapat mengatasinya sebenarnya cukup sederhana yakni hanya dengan mengurangi asupan vitamin A yang dikonsumsi.

  1. Kekurangan beberapa bahan nutrisi bagi kesehatan rambut

Kondisi selanjutnya yang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kerontokan pada rambutnya secara terus menerus adalah karena kekurangan bahan nutrisi bagi kesehatan rambut. Beberapa bahan nutrisi yang kurang dan dibutuhkan untuk dapat menjadikan akar rambut semakin kuat diantaranya seperti protein, vitamin B. Untuk dapat mengatasi kerontokan tersebut, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan auspan vitamin B dan protein yang lebih banyak.

  1. Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh yang terjadi akibat kekurangan sel darah merah. Anemia defisiensi besi atau kekurangan darah akibat rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut secara berkepanjangan. Kurangnya zat besi yang mengakibatkan anemia dapat menyebabkan kebutuhan zat besi demi membantu masuknya oksigen kedalam folikel rambut menjadi terhambat sehingga dapat memicu kerusakan dan kerontokan. Tambahan asupan zat besi dapat diberikan untuk membantu mengatasi anemia karena defisiensi zat besi. Anemia merupaka salah satu jenis penyakit yang menyebabkan rambut rontok dan sakit kepala.

  1. Hipertiriodisme

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi pemicu seseorang mengalami kerontokan rambut yang terlalu parah adalah karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kondidi tingginya kadar tiroid atau hypertiriodisme dapat menyebabkan terjadinya beberapa gejala diantaranya seperti kelelahan, sembelit, kehilangan konsetrasi, hingga menyebabkan rambut, kuku, dan kulit menjadi rapuh sehingga mudah mengalami kerontokan. Untuk dapat mengatasi permasalahan ini maka perlu adanya proses diagnosis dan tindakan medis dari dokter.

  1. Penyakit autoimun

Penyebab rambut rontok terus menerus lainnya adalah karena adanya kondisi penyakit autoimun atau alopecia areta. Kondisi penyakit tersebut dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh memiliki respon berlebih terhadap berbagai sel yang cepat tumbuh di dalam tubuh. Salah satu yang akan menjadi sasaran dari kondisi penyakit autoimun tersebut adalah rambut. Penyakit autoimun dapat menjadi salah satu jawaban rambut rontok berlebihan pertanda apa.

  1. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS merupakan kondisi sindrom yang terjadi pada tubuh seseorang karena adanya gangguan keseimbangan hormon seks pria dan wanita. Kondisi ketidakseimbangan tersebut dapat menyebabkan salah satu dampak yakni kerontokan yang terjadi terus menerus. Selain kerontokan, PCOS juga dapat menyebabkan munculnya rambut yang tidak semestinya tumbuh di bagian tertentu.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang terkait kondisi yang dapat menjadi penyebab rambut rontok terus menerus. Selain penyebab yang cukup berat diatas, kondisi rambut yang sering rontok juga dapat dipicu oleh karena kondisi perawatan rambut yang tidak dilakukan secara tepat dan rutin sehingga rambut menjadi kotor dan kebersihannya tidak terjaga.

, , , ,