Sponsors Link

40 Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab sakit kepala dapat berbeda-beda tergantung dari jenis sakit kepala itu sendiri. Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui, sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering mengganggu seseorang dalam aktivitasnya. Rasa sakit yang menusuk atau membuat terasa bergoyang akibat sakit kepala tentunya tidak dapat dihindari terjadi pada setiap orang. Penyebab dari sakit kepala ini tentunya kemudian menjadi menarik untuk diketahui.

ads

Dengan mengetahui macam-macam penyebab sakit kepala, mungkin saja sakit kepala untuk keberlanjutannya dapat dicegah. Penyebab sakit pada kepala juga dapat dilatarbelakangi oleh jenis sakit kepala itu sendiri. Beberapa jenis sakit kepala yang umum diketahui adalah sakit kepala depan, sakit kepala belakang, sakit kepala sebelah (migrain), dan sakit kepala di ubun-ubun. Anda ingin tahu apa saja penyebab dari sakit kepala? Simaklah penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Penyebab Sakit Kepala yang Sering Menyerang

Beberapa penyebab dari sakit kepala sangat dipengaruhi oleh jenis dari sakit kepala itu sendiri. Sedikitnya terdapat 4 jenis sakit kepala. Dari keempat jenis sakit kepala ini dapat disebutkan sekurang-kurangnya 34 penyebab dari sakit kepala tersebut. Berikut ini daftar ke-34 penyebab dari sakit kepala yang sering menyerang.

1. Tekanan Stress

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala pada seseorang adalah adanya tekanan stress. Seperti yang pasti sudah diketahui secara umum, stress selalu memberikan pengaruh yang negatif pada diri seseorang. Pengaruh stress yang terlalu berat ini kemudian pun diketahui dapat memberikan tekanan pada kepala, sehingga terjadilah sakit kepala. Itulah mengapa tekanan stress harus dihindari akibatnya untuk kesehatan.

2. Pengaruh Hormon

Penyebab kedua dari sakit kepala yang sering menyerang adalah akibat dari pengaruh hormone. Kondisi hormone yang tidak stabil dan tidak seimbang diketahui sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Salah satu gangguan kesehatan yang dapat diserang oleh kondisi hormone yang tidak stabil adalah gangguan sakit kepala. Oleh karena itu, sakit kepala pun dapat terjadi akibat dari faktor internal tubuh seseorang.

3. Otot Leher Tegang

Kerja berat yang mengandalkan otot-otot leher diketahui sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Otot-otot yang kelelahan akan terasa tegang dan kemudian dapat menyebabkan sakit kepala tegang. Banyak hal yang dapat menyebabkan otot-otot ini kemudian menjadi tidak terkendali rasa sakitnya. Untuk itu lakukanlah pekerjaan sesuai dengan kemampuan fisik anda.

4. Pengaruh Perubahan Cuaca

Cuaca yang kondisinya tidak bersahabat atau perubahan cuaca mendadak, ternyata akan mempengaruhi kestabilan kesehatan seseorang. Perubahan cuaca ini pun dapat mempengaruhi sakit kepala pada seseorang. Itulah sebabnya, mengapa di masa-masa perubahan cuaca, seseorang harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik agar tidak terkena penyakit.

Baca juga: Sakit Kepala pada Anak.

5. Kekurangan Cairan

Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan penyebab lain dari sakit kepala pada diri seseorang. Kesibukan yang padat dan pengaruh ruangan ber AC, seringkali menyebabkan seseorang menjadi lupa untuk minum air. Hal ini tidak baik untuk kesehatan karena akan mengurangi asupan oksigen ke otak. Itulah sebabnya kurangnya cairan tubuh pun dapat menyebabkan sakit kepala.

6. Pengaruh Cara Menguncir Rambut

Setiap orang memiliki kebiasaannya sendiri dalam menguncir rambut. Ternyata kunciran rambut yang terlalu kencang ditarik dapat menyebabkan sakit kepala pada seseorang. Hal ini dipengaruhi oleh bagian-bagian kepala yang tertarik dan menekan beberapa bagian. Itulah sebabnya cara menguncir yang baik harus diketahui oleh setiap orang, untuk mengurangi resiko sakit kepala.

7. Pengaruh Diet Tidak Sehat

Diet merupakan upaya menguruskan badan yang sangat populer dikalangan wanita. Sayangnya, metode diet setiap orang berbeda-beda dan banyak metode yang tidak sehat juga mengancam kesehatan. Pengaruh diet yang tidak sehat ini dapat menyebabkan sakit kepala yang bergoyang-goyang pada diri seseorang. Untuk itu, biasakanlah diri tetap melalui proses diet yang sehat.

Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

8. Kekurangan Istirahat

Aktivitas yang padat harus didukung pula oleh istirahat yang cukup. Kurangnya istirahat pada tubuh yang kelelahan ternyata adalah salah satu pemicu sakit kepala menyerang seseorang. Itulah sebabnya, mengapa anda harus menjaga kesehatan anda dengan menyediakan waktu istirahat yang cukup. Jangan terlalu memforsir tenaga anda dan jagalah kesehatan tubuh selalu.

Sponsors Link

9. Tersambar Petir

Jika sedang hujan berpetir, maka anda sebaiknya menghindari peluang-peluang sambaran petir dapat mengenai tubuh seseorang. Sambaran petir walau dalam skala yang sangat kecil dapat membuat anda pusing seketika. Oleh sebab itu, jangan beraktivitas di luar ruangan ketika hujan dan petir sedang terjadi. Hindarilah sebisa mungkin sambaran petir mengenai diri anda.

10. Sering Terlambat Makan

Kebiasaan yang membuat anda sering terlambat makan pun diketahui merupakan salah satu penyebab sakit kepala sering menyerang. Anda tidak boleh terlambat makan, karena kekurangan asupan gizi pun juga dapat menjadi alasan yang menyebabkan sakit kepala datang menyerang. Selalu makanlah tepat pada waktunya dan cukupilah asupan gizi anda setiap hari dengan teratur.

11. Postur Tubuh yang Tidak Baik

Kebiasaan duduk dengan postur yang tidak baik diketahui dapat menekan beberapa saraf. Tekanan ini kemudian diketahui dapat menyebabkan sakit kepala muncul sebagai respon dari saraf yang tertekan tersebut. Untuk itu, memiliki postur tubuh yang baik setiap saat khususnya ketika duduk sangatlah disarankan. Jangan membiasakan postur tubuh yang tidak baik tersebut mempengaruhi kesehatan anda.

12. Udara yang Terlalu Panas

Penyebab selanjutnya sakit kepala dapat menyerang adalah pengaruh dari udara. Udara yang terlalu panas diketahui dapat mempengaruhi bagian kepala untuk memunculkan rasa sakit. Khususnya ketika bagian kepala terus mengalami kontak langsung dengan sinar matahari. Oleh karena itu, anda diharapkan dapat mencegah efek dari udara panas ini dengan menghindari aktivitas yang padat di udara yang terlalu panas.

Baca Juga: Efek Sakit Kepala Sebelah.

13. Udara yang Terlalu Dingin

Selain udara yang terlalu panas, udara yang terlalu dingin pun tidak baik untuk kesehatan. Pengaruh udara dingin yang menyengat tubuh, diketahui dapat menyebabkan sakit kepala menusuk di beberapa bagian kepala. Itulah mengapa seseorang yang kurang terbiasa dengan udara dingin diharapkan mampu mencegah sakit kepala dengan menjaga suhu tubuh normalnya dengan baik.

14. Penyakit Maag

Maag merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini diketahui sangat banyak gejala dan efeknya pada kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah menyebabkan seseorang menjadi mudah sakit kepala. Sakit kepala ini merupakan pengaruh dari asam lambung yang naik dan mengganggu stabilitas tubuh manusia. Sehingga, maag pun diketahui sangat berbahaya dalam mengancam kesehatan tubuh manusia.

15. Terlalu Berat Berolahraga

Pusing atau sakit kepala pun diketahui dapat disebabkan oleh pengaruh olahraga yang terlalu berat. Seseorang diketahui sering kali menginginkan tubuh yang sehat dengan berolahraga. Namun tubuh tidak boleh dipaksa untuk berolahraga di luar batas normalnya. Untuk itu, anda diharapkan tetap melakukan olahraga sesuai batas kemampuan anda. Jangan sampai tubuh menjadi terlalu kelelahan.

16. Gigi Bergetak

Kondisi tidur di malam hari diketahui sering menimbulkan gigi yang gemeretak. Keadaan gigi yang bergetak ini ternyata dapat menimbulkan sakit kepala. Saraf-saraf di sekitar gigi yang bersentuhan akan mengirimkan sinyal pada otak dan otak pun kemudian memberikan respon berupa sakit kepala. Sehingga anda diharapkan dapat menghilangkan kebiasaan gigi bergetak tersebut.

17. Kadar Serotonin Rendah

Kadar serotonin yang rendah adalah salah satu penyebab terjadinya sakit kepala yang sering menyerang. Untuk itu agar sakit kepala dapat diatasi, maka tubuh harus dipicu untuk menghasilkan serotonin yang cukup. Jika tidak, maka sakit kepala pun dapat terjadi tanpa bisa dicegah. Pencukupan kadar serotonin dapat didukung dengan asupan gizi yang cukup.

Sponsors Link

18. Pancaran Cahaya yang Terlalu Terik

Cahaya matahari yang terlalu terik diketahui sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Salah satu pengaruhnya yang sangat mengganggu adalah sakit kepala. Sakit kepala ini diketahui merupakan akibat dari cahaya terik yang menusuk ke bagian kepala secara langsung. Itulah sebabnya, seseorang pun harus menjaga kontak kepala dengan sinar yang terlalu terik untuk mengurangi sakit kepala mungkin terjadi.

19. Brain Freeze Akibat Konsumsi Es

Keadaan brain freeze merupakan pembekuan yang sering terjadi akibat dari konsumsi es di cuaca panas. Hal ini terjadi akibat perbedaan suhu yang tinggi antara es yang dikonsumsi dan suhu luar ruangan. Perbedaan kedua suhu tersebut kemudian dapat menyebabkan otak kaget dan mengalami pembekuan sesaat. Tanpa disadari pun, sakit kepala dapat menyerang dan mengganggu anda.

20. Pengaruh Bau Menyengat

Beberapa jenis bau yang menyengat diketahui mampu menyebabkan sakit kepala menyerang. Bau diketahui dapat menyebabkan sakit kepala karena pengaruhnya pada sistem saraf otak. Itulah mengapa semakin banyak orang menghindari hirupan bau menyengat. Salah satu hal yang memiliki bau menyengat misalnya adalah cat, lem, dan parfum.

21. Pengaruh Suara yang Bising

Suara yang bising atau juga dikenal sebagai polusi suara dapat juga menyebabkan sakit kepala. Hal ini dipengaruhi oleh saraf pendengaran yang terganggu yang kemudian memberikan sinyal pada otak. Otak kemudian meresponnya dengan menimbulkan sakit kepala yang terkadang menusuk dan tidak dapat dikendalikan. Untuk itu, anda diharapkan mampu menjauhi akibat-akibat dari suara bising tersebut.

Baca juga: Sakit Kepala di Ubun-ubun.

22. Terlalu Padat Aktivitas

Aktivitas yang terlalu padat diketahui juga memiliki masalah dalam pengaruh kesehatan tubuh. Jika tubuh terlalu diforsir tenaganya, maka kemudian wajar saja otak memberikan sinyal sakit kepala sebagai petunjuk bahwa tubuh sedang kelelahan. Oleh sebab itu, anda harus memiliki kemampuan mengatur kesibukan dengan baik dan seimbang dengan waktu istirahat yang anda miliki.

23. Konsumsi Makanan Mengandung Pewarna

Makanan yang mengandung zat pewarna atau nitrat diketahui memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh manusia. Efek samping tersebut antara lain adalah sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh zat pewarna akan terasa menusuk dan kemudian mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Untuk itu, hindarilah konsumsi makanan yang mengandung zat pewarna semaksimal mungkin.

24. Pola Tidur yang Tidak Normal

Perubahan pola tidur akibat tuntutan aktivitas dan pekerjaan juga dapat mendatangkan dampak negatif pada tubuh seseorang. Salah satu dampak negatif tersebut adalah sakit kepala. Sakit kepala ini akan menyebabkan tubuh terasa bergoyang dan tidak stabil. Oleh sebab itu, jagalah pola tidur anda tetap normal. Hindari kebiasaan bergadang yang kemudian menyebabkan pola tidur anda menjadi berubah.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

25. Efek Hubungan Seksual Terlalu Intens

Hubungan seksual yang terlalu intens akan banyak menghabiskan tenaga. Kekurangan tenaga ini kemudian dapat menyebabkan sistem kesehatan tubuh terganggu. Sakit kepala pun kemudian muncul dan mengganggu kesehatan tubuh. Itulah mengapa seseorang disarankan untuk menjaga segala sesuatu dalam batas normal.

26. Pengaruh Rokok

Perokok pun diketahui merupakan salah satu golongan masyarakat yang sering mengalami sakit kepala. Sakit kepala ini diketahui merupakan akibat dari kandungan rokok yang merusak kesehatan, termasuk juga menghambat aliran oksigen ke otak. Untuk itu, seseorang harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan menghindari konsumsi rokok secara permanen.

ads

27. Demam

Salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala lainnya adalah demam. Demam dapat menyerang manusia di segala usia. Salah satu gejala demam adalah sakit kepala. Untuk itu demam sebagai penyebab sakit kepala ini harus dihindari. Lebih baik anda mencegah tubuh anda dari berbagai penyebab deman pun untuk menghindari sakit kepala menyerang.

Baca juga: Sakit Kepala Cluster.

28. Konsumsi Kafein Terlalu Tinggi

Makanan dan minuman yang mengandung kafein diketahui dapat memberikan pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Khususnya ketika konsumsi kafein dilakukan dalam jumlah yang berlebihan. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari konsumsi kafein yang terlalu tinggi. Hindarilah konsumsi kopi, teh, dan lainnya dalam jumlah yang terlalu banyak.

29. Infeksi dalam Tubuh

Selanjutnya, infeksi yang terjadi dalam tubuh pun diketahui mampu menyebabkan sakit kepala datang menyerang. Itulah mengapa menghindari infeksi dalam tubuh dengan menjaga kesehatan tubuh dengan baik diketahui mampu mencegah juga sakit kepala dapat terjadi.

30. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu jenis infeksi yang menyerang bagian sinus pada sistem pernafasan seseorang.  Jika sinus telah terinfeksi, maka sangat wajar sakit kepala pun dapat terjadi. Oleh karena itu, jagalah kesehatan sinus anda untuk menghindari sakit kepala yang disebabkan olehnya.

31. Pengaruh Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang cukup sering menyerang manusia. Salah satu gejala dari penyakit flu ini adalah sakit kepala yang menyerang dengan dahsyat. Dalam upaya melakukan pencegahan dari penyakit flu, tanpa disadari pun anda sekaligus sedang mencegah penyebaran penyebab dari sakit kepala pada tubuh seseorang.

Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

32. Konsumsi Alkohol

Kecanduan alkohol semakin hari semakin banyak ditemukan. Pengaruh alkohol terhadap tubuh sebenarnya sangat tidak baik. Hal ini dapat memicu banyak penyakit, mulai dari penyakit sederhana hingga penyakit berbahaya. Salah satu jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol adalah sakit kepala. Oleh karena itu, anda disarankan tidak ketergantungan pada alkohol dan tetap menjaga kesehatan tubu anda.

33. Otot Mata yang Tegang

Penggunaan mata yang terlalu berlebihan, diketahui dapat memforsir mata anda. Otot mata pun akan mengalami kelelahan dan menjadi tegang. Selanjutnya, sakit kepala pun akan sangat mungkin menyerang kesehatan tubuh anda.

34. Pelebaran Pembuluh Darah

Pelebaran pembuluh darah pun diketahui dapat mengurangi asupan oksigen menuju otak. Sehingga sakit kepala pun dapat terjadi dan tidak mungkin dihindari pengaruhnya pada kesehatan tubuh manusia. Untuk itu anda diharapkan dapat menjaga kesehatan pembuluh darah anda dengan rajin mengonsumsi makanan sehat dan menghindari kebiasaan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Tradisional.

35. Tekanan Darah Naik

Meningkatnya tekanan darah atau hipertensi, juga akan membuat anda merasakan sakit kepala yang luar biasa. Oleh karena itu, bagi anda yang mempunyai riwayat hipertensi, sebaiknya cek secara berkala tekanan darah anda dan konsultasikan kepada dokter. Hindari juga makanan dan minuman yang menyebabkan tekanan darah naik, seperti sate kambing, gulai kambing, durian, dll.

Cara-Cara Pencegahan Sakit Kepala yang Mengganggu

Bagaimana anda dapat mencegah terjadinya sakit kepala? Ada beberapa cara yang umum dilakukan untuk mencegah sakit kepala datang mengganggu. Simaklah penjelasan mengenai cara-cara tersebut pada daftar berikut ini:

1. Pengelolaan Stress dengan Baik

Mengetahui penyebab dari sakit kepala yang anda rasakan dapat memudahkan anda dalam mencari cara pencegahan yang sesuai. Seperti jika stress merupakan alasan paling umum mengapa anda mudah merasakan pusing, maka pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pengelolaan pada stress yang anda alami. Oleh karena itu, Anda sangat diharapkan dapat mengelola stress Anda dengan baik. Pengelolaan stress Anda dengan baik tentunya dapat menekan efek stress yang kemudian berpengaruh dalam menjadikan Anda mudah mengalami sakit pada kepala.

Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala.

2. Memelihara Gaya Hidup Sehat dan Kebiasaan yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, timbulnya sakit kepala sangat erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan yang buruk dalam menjaga kesehatan. Untuk itu anda diharapkan dapat memiliki kebiasaan hidup yang baik karena sangat berhubungan erat dengan gaya hidup yang juga baik. Hindarilah kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan gaya hidup lainnya akan sangat membahayakan Anda yang sering mengalami pusing. Perubahan gaya hidup inilah yang menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah penyakit pusing Anda datang kembali. Jadi mulailah dengan memiliki hidup yang sehat untuk memiliki tubuh yang sehat pula.

3. Melakukan Olahraga Rutin

Pencegahan sakit pada kepala selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan namun rutin. Cara ini tergolong sangat efektif akan tetapi harus dipastikan tidak dilakukan secara berlebihan dan memforsir tenaga anda. Olahraga dengan rutin ini dapat menjaga seluruh organ tubuh bekerja dengan maksimal, khususnya dalam melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar adalah keadaan yang dapat menjamin sakit pada kepala dapat dikurangi intensitasnya. Sehingga tubuh pun dapat terhindar dari ancaman sakit kepala.

4. Mengatur Jarak Pandang yang Baik dengan Alat Elektronik

Kebiasaan kontak mata dan alat elektronik yang terlalu dekat, diketahui dapat menyebabkan mata kelelahan. Jarak pandang antara mata dengan alat elektronik besar pengaruhnya untuk mencegah rasa sakit yang sering muncul pada bagian kepala. Jika jarak pandang terlalu dekat, maka penglihatan dapat terganggu dan rasa pusing pun menjadi semakin terasa. Oleh karena itu, Anda harus menjaga jarak pandang dalam ukuran standar yang mampu mencegah rasa pusing datang kembali. Otot mata akan terjaga kesehatannya dan tidak mudah memicu rasa sakit kepala berlebihan lagi.

Baca Juga: VertigoObat Vertigo Alami.

5. Menjaga Konsumsi Makanan yang Sehat

Terakhir anda harus menjaga konsumsi makanan yang sehat sebagai cara untuk mencegah rasa pusing yang sering muncul. Konsumsi makanan sehat, tidak mengandung kolesterol dan lemak tinggi tentunya dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh secara mudah. Hindari juga makanan-makanan yang mengandung zat pewarna karena kandungannya yang dapat menghambat aliran darah ke kepala. Mengikuti cara ini, diketahui mampu mencegah timbulnya sakit kepala dengan signifikan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai penyebab sakit kepala yang umum menyerang anda. Semoga informasi mengenai ini dapat bermanfaat untuk anda dalam mencegahnya datang kembali. Selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup