Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala dan Jantung Berdebar

Sponsors Link

Jantung yang sehat adalah salah satu cara menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan dapat selalu beraktifitas. Karena jantung Anda adalah sumber segala aktiitas Anda. Jika jantung Anda bermasalah, maka otomatis seluruh tubuh Anda pun akan mengalami dampaknya, diantaranya yaitu sakit kepala, hingga sampai yang serius yaitu stroke, jantung bahkan kematian. Oleh karena itu rawat dan sayangilah jantung Anda.

ads

Beberapa masalah yang timbul dengan gejala seperti sakit kepala dan jantung berdebar, merupakan contoh masalah yang bisa jadi merupakan tanda awal masalah pada jantung. Karena detak jantung yang tidak normal, atau jantung yang berdetaknya lebih cepat, lebih beresiko terkena penyakit jantung dan berbagai masalah jantung lainnya. Seringkali sakit kepala berdenyut dan sakit kepala terus menerus juga menyertai dari masalah jantung yang tidak sehat.

Dan ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan jantung tidak sehat sehingga menimbulkan gejala penyerta lainnya seperti sakit pada bagian – bagian kepala tertentu. Dan beberapa penyebab jantung Anda mengalami masalah yaitu :

  • Merokok
  • Sering mengkonsumsi junk food
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein
  • Jarang berolahraga
  • Malas bergerak
  • Stres
  • Sering begadang

Itulah beberapa diantaranya faktor pemicu jantung Anda mengalami masalah. Dan jika yang Anda rasakan adalah sakit kepala dan disertai dengan jantung berdebar, maka berikut ini beberapa penyebab sakit kepala dan jantung berdebar tersebut :

      1. Terlambat makan

Saat Anda terlambat makan, saat itu pula tubuh seketika kekurangan nutrisi hingga membuat tubuh menimbulkan respon berupa sakit kepala dan juga jantung berdebar. Oleh karena itu, cobalah untuk makan tepat pada waktunya dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat agar jantung selalu terjaga kesehatannya.

      2. Stres

Pada saat Anda mengalami stres berat maka hal tersebut akan memicu jantung Anda untuk berdetak lebih cepat. Selain itu juga lama kelamaan akan memicu timbulnya sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena pada saat Anda stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang mana hormon tersebutlah yang membuat tubuh mengalami gejala seperti di atas, dan jika terlalu sering stres, hormon kortisol tersebut bersifat merusak tubuh Anda.

      3. Panic attack atau serangan panik

Pada saat Anda sering mengalami panik yang berlebihan maka hal tersebut sebenarnya merupakan suatu gangguan psikologis pada diri yang harus ditangani. Karena jika didiamkan begitu saja dan tidak diobati, panic attack ini akan menimbulkan gejala lain selain sakit kepala dan jantung berdebar, yaitu seperti, badan gemetar, keringat dingin, mual, kepala berkunang – kunang, hilang keseimbangan, hingga sesak nafas.

      4. Anemia

Pada saat tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, maka tubuh Anda nantinya akan mengalami gejala seperti jantung berdebar dan pusing serta gejala lainnya seperti lemas dan juga wajah terlihat pucat. Untuk itu, penuhilah kebutuhan sel darah merah Anda dengan mengkonsumsi makanan mengandung zat besi, seperti yang terdapat pada sayuran hijau, bayam merah, hati, daging sapi, susu dan yang lainnya.

      5. Kadar gula darah rendah atau hipoglikemi

Pada saat kadar gula darah Anda rendah atau yang disebut dengan hipoglikemi. Hal tersebut dapat memicu timbulnya sakit kepala, jantung berdebar, lemas. Dan pada hipoglikemi tingkat lanjut, hal tersebut dapat memicu terjadinya kejang dan juga hilangnya kesadaran. Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi kebutuhan gula harian Anda. Namun, jangan berlebihan.

      6. Hipertiroid 

Ketika hormon tiroid terlalu banyak diproduksi oleh tubuh, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya hipertiroid atau kelebihan hormon tiroid dalam tubuh. Dan hal tersebut dapat memicu timbulnya sakit kepala, jantung berdebar, menjadi sulit tidur, dan tubuh gemetar.

      7. Gangguan pada jantung

Penyebab sakit kepala dan jantung berdetak lebih cepat lainnya yaitu, adanya masalah pada jantung Anda. Apalagi jika jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya atau jauh di atas normalnya, maka hal tersebut adalah salah satu resiko dapat terkena masalah pada jantung. Karena sakit jantung yang serius pada awalnya dari detak jantung yang tidak teratur atau melebihi normalnya. Karena jantung sendiri dikenal dengan sebutan silent killer, hal tersebut karena seringnya para penderitanya tidak menyadari bahwa ia terkena jantung. Dan penyebab dari timbulnya masalah pada jantung ini adalah terutama pada gaya hidup yang tidak sehat.

Bagaimana cara menjaga agar jantung tetap sehat ? 

Tentunya Anda ingin sekali agar jantung tetap sehat bukan? Berikut beberapa tips untuk membantu memelihara kesehatan jantung Anda :

  • Berolahraga rutin
  • Menjaga pola makan sehat
  • Menghindari rokok
  • Tidak minum minuman beralkohol
  • Sebisa mungkin menghindari junk food
  • Aktif dan jangan malas bergerak
  • Istirahat dan tidur yang cukup
  • Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kafein

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa penyebab sakit kepala dan jantung berdebar. Semoga bermanfaat!

, ,