Sponsors Link

7 Penyebab Sakit Kepala Disertai Keringat Dingin

Sponsors Link

Sebagian orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Dimana jenis sakit kepala setiap orang biasanya berbeda – beda, tergantung pada penyebab sakit kepala nya. Dan pada umumnya sakit kepala ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena adanya gangguan dari dalam tubuh itu sendiri, bisa juga karena adanya penyakit tertentu yang menyertainya. Dan sakit kepala yang disertai keringat dingin ini juga banyak orang yang mengalaminya, faktor penyebab sakit kepala disertai keringat dingin inipun banyak macamnya.

ads

Sakit kepala bisa karena adanya gangguan yang terjadi pada bagian sensitif pada bagian – bagian kepala tertentu. Dan keringat dingin ini adalah suatu kondisi dimana timbulnya ketika permukaan kulit terasa lembap dan dingin tapi berkeringat. Jika pada keringat biasa yang timbulnya saat cuaca sedang panas, yang mana suhu tubuh pun akan meningkat. Berbeda dengan jenis keringat dingin tersebut, yang mana hal tersebut menandakan pada reaksi tubuh yang kurang wajar atau karena adanya suatu penyakit tertentu.

Penyebab sakit kepala disertai keringat dingin

Telah disebutkan di atas bahwa keringat dingin ini merupakan suatu tanda adanya penyakit tertentu. Dan berikut ini ada beberapa faktor penyebab timbulnya sakit kepala yang disertai dengan keringat dingin :

      1. Adanya stres, rasa takut dan cemas

Pada saat Anda merasakan takut, cemas dan panik berlebihan atau stres, maka hal tersebut akan memicu tubuh mengeluarkan keringat dan juga rasa sakit kepala, sebagai reaksi tubuh terhadap suatu ancaman  dan keringat yang timbul pada saat Anda mengalami tekanan atau rasa cemas, takut dan stres ini berbeda dengan keringat yang timbul pada saat Anda mengalami kepanasan akibat suhu atau cuaca yang panas. Pada saat stres, keringat yang timbul tersebut diproduksi oleh kelenjar keringat yang bernama apokrin, yang mana kelenjar keringat tersebut berbeda dengan kelenjar keringat pada saat tubuh berkeringat pada saat suhu panas, yang berfungsi sebagai kelenjar yang mengatur suu tubuh yang bernama kelenjar ekrin.

       2. Kekurangan oksigen

Saat tubuh mengalami suatu kondisi dimana tubuh dan otak kekurangan oksigen, yang mana hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya kerja darah dalam menyuplai oksigen. Kemudian pada akhirnya otak pun akan kekurangan oksigen yang menyebabkan timbulnya sakit kepala dan juga otak kemudian akan mengartikan kondisi seperti ini sebagai suatu ancaman, sehingga akhirnya ia akan mengeluarkan keringat dingin. Dan sakit kepala yang dirasakan pada saat kekurangan oksigen ini biasanya sakit kepala berdenyut.

      3. Rasa sakit dan nyeri

Saat Anda mengalami rasa sakit dan nyeri pada kepala atau bagian – bagian tubuh lainnya yang cukup hebat dan tidak tertahankan, biasanya keringat dingin pun akan timbul, sebagai reaksi tubuh terhadap ancaman yang berupa rasa sakit dan untuk mempertahankan diri dari rasa sakit. Hal inilah yang biasa terjadi pada orang yang mengalami nyeri pada perut atau sakit kepala yang tidak tertahankan, yang kemudian biasanya akan timbul keringat berupa keringat dingin.

      4. Tekanan darah rendah 

Tekanan darah normalnya itu adalah berkisar antara 100/70 sampai dengan 120/80, jika tekanan darah Anda di bawah 100/70, maka bisa dikatakan Anda mengalami suatu kondisi yang dinamakan tekanan darah rendah. Dan biasanya pada orang yang mengalami tekanan darah rendah ini, ia akan mengalami ciri – ciri seperti sakit kepala dan juga timbulnya keringat dingin. Dan biasanya yang menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah ini adalah karena kurangnya cairan, kekurangan gizi, atau bisa pula karena adanya faktor genetik.

      5. Hipoglikemi atau gula darah rendah

Penyebab sakit kepala disertai keringat dingin lainnya yaitu, pada kondisi hipoglikemi atau gula dara rendah. Hipoglikemi atau gula darah rendah ini adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah di bawah angka normalnya. Dan yang menjadi penyebab timbulnya hipoglikemi ini adalah kekurangan gizi (malnutrisi), terlambat makan, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan penderita diabetes. Yang mana biasanya pada orang yang menderita hipoglikemi ini akan mengalami suatu tanda dan gejala seperti munculnya sakit kepala, keringat dingin, gemetar, pucat, dan pandangan kabur.

      6. Adanya masalah pada jantung

Apabila sakit kepala dan keringat dingin yang Anda alami disertai oleh rasa nyeri di dada, nyeri pada lengan, bahkan hingga hilangnya kesadaran, maka hal tersebut bisa menjadi penanda bahwa ada masalah pada jantung Anda. Dan beberapa penyebabnya antara lain, karena kebiasaan merokok, sering begadang, dan obesitas. Hingga hal tersebut menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung.

      7. Infeksi

Terjadinya infeksi pada organ tubuh tertentu juga menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit kepala yang disertai dengan keringat dingin. Keringat dingin yang timbul pada saat salah satu organ tubuh terjadi infeksi, meerupakan sebuah reaksi tubuh dalam melawan infeksi virus dan juga bakteri.

Itulah tadi beberapa penyebab sakit kepala disertai keringat dingin. Semoga bermanfaat!

, ,