Sponsors Link

5 Penyebab Sakit Kepala saat Haid Berulang

Sponsors Link

Penyebab sakit kepala saat haid tentu anda harus ketahui dan pahami. Setiap orang berbeda beda pemicu sakit kepalanya. Ada yang memang sudah bagian dari siklus haid, namun ada juga yang sebelumnya tidak pernah tapi terpicu rasa sakitnya. Mengenai pemicu atau penyebab dari sakit kepala selama anda menstruasi ini harus dipelajari lebih lanjut. Lebih baik jika anda mempelajari apa saja yang perlu anda pelajari mengenai sakit kepala saat haid.

ads

Sudah banyak wanita yeng mengeluhkan gejala sakit kepala hal ketika siklus menstruasi sedang datang. Kebanyakan penyebabnya tentu adalah perubahan dan gejolak hormon dalam tubuh wanita yang tidak beraturan di masa haid. Hormon yang dimaksud di sini adalah hormon esterogen yang pada wanita turun mendadak selama sedang menstruasi. Tentu perubahan mendadak ini akan mendatangkan gejala seperti sakit kepala salah satunya.

Jenis sakit kepala yang terjadi di masa haid akan dirasakan sekitar 2 hari menjelang haid dan sepanjang hari anda terus mengalami peluruhan dinding rahim. Bisa juga hal ini dilatarbelakangi oleh derasnya sistem menstruasi menguras darah dan bahkan hampir mengeluarkan sejumlah 35 mL banyaknya. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka berbagai aktivitas anda akan terganggu dan tidak bisa melakukan banyak hal selanjutnya. Sehingga banyak wanita yang ingin tahu apa penyebab sakit kepala saat haid ini dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala saat haid. Pada bagian di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang menjadi pemicu seorang wanita menderita sakit kepala saat haid. Apa sajakah mereka? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal 5 Penyebab Sakit Kepala saat Haid yang Menyiksa

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, seorang wanita dapat merasakan sakit kepala di masa haidnya karena berbagai faktor dan alasan. Jika anda telah mengetahui faktor dan alasan ini, maka selanjutnya anda dapat menghindarinya sebagai upaya cara mencegah sakit kepala saat haid untuk anda lakukan. Ketahuilah beberapa informasi mengenai penyebab sakit kepala di masa haid berikut ini.

1. Efek Kekurangan Cairan

Jika anda sedang menstruasi, maka pastikanlah anda tidak melakukan banyak hal yang menyebabkan anda kekurangan cairan. Namun jika harus, pastikanlah untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan anda. Apa saja yang bisa anda lakukan untuk mencukupi  kebutuhan cairan? Anda dapat minum air oksigen atau menggunakan banyak minuman lain yang baik untuk cairan tubuh anda.

2. Efek Makanan Kurang Bergizi

Kekurangan glukosa atau makanan yang bergizi selama haid pun dapat menjadi penyebab sakit kepala saat haid. Anda diharapkan menghindari diet terutama jika anda sedang menstruasi. Pasalnya, hal ini akan membuat anda kurang sehat dan mudah sakit kepala karena kurang makanan.

3. Efek Kurang Minum Air Putih

Air putih pun wajib anda konsumsi setiap anda sedang menstruasi. Jangan sampai anda tidak minum air putih, tetapi banyak minum minuman yang bersoda juga banyak minuman kaleng lainnya karena dapat menjadi penyebab sering sakit kepala dan mual saat menstruasi. Anda diharapkan dapat selalu mengonsumsi air putih untuk menghindari sakit kepala yang disebabkan kurangnya air putih yang anda konsumsi selama haid.

Sponsors Link

4. Efek Konsumsi Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Beberapa makanan dan minuman yang mengandung zat kimia juga alkohol diketahui adalah penyebab anda akan mudah sakit kepala saat sedang menstruasi. Jadi pastikanlah untuk menjauhi berbagai jenis makanan tersebut dan milikilah tubuh yang sehat walau sedang menstruasi.

5. Efek Kurang Berolahraga

Anda pun disarankan untuk tetap berolahraga. Anda yang kurang berolahraga akan mudah terkena penyakit sakit kepala. Pasalnya aliran darah anda akan kurang terpacu dan pasokan oksigen kurang menuju otak. Jadi rajinlah berolahraga walau sedang menstruasi.

Itulah tadi informasi yang dikumpulkan berkaitan dengan 5 penyebab sakit kepala saat haid yang banyak dialami oleh para wanita. Informasi yang disampaikan kali ini diharapkan dapat anda gunakan untuk membuat anda lebih sehat lagi ke depannya, walau tubuh anda mungkin tidak terlalu fit ketika sedang haid. Namun, anda tetap dapat beraktivitas tanpa efek sakit kepala yang mengganggu. Selamat mencoba.

, , ,