Sponsors Link

18 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Mual serta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Apakah anda pernah merasakan sakit kepala yang disertai mual? Jika pernah, pasti rasanya sangat tidak nyaman, bukan? Anda tidak hanya merasakan sakit di kepala, tetapi juga disertai pusing dengan penglihatan seperti berputar, serta mual seperti ingin muntah tapi tertahan.

ads

Baca juga :

Pada umumnya, sakit kepala yang disertai mual biasanya dialami oleh orang-orang di usia produktif atau yang memiliki segudang kesibukan. Penyakit ini dapat muncul akibat beberapa faktor yang berbeda-beda. Penyebab sering sakit kepala dan mual diantaranya :

1. Masuk angin

Cuaca yang dingin terkadang tidak bersahabat bagi beberapa orang, terkhusus bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena dalam kondisi ini, anda akan mengalami masuk angin. Masuk angin memang seringkali menyebabkan mual, dan dari sini pula sakit kepala dapat menyerang karena pada kondisi ini cuaca dingin akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada tubuh sehingga akan memperlambat aliran darah termasuk ke otak, dan pada akhirnya dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, pembentukan gas yang berlebihan di usus dan lambung akan memicu mual dan muntah. Baca juga : Sakit Kepala Bagian Depan.

2. Migrain

Saat anda menderita migrain, itu artinya sakit kepala yang anda rasakan cukup parah. Migrain diketahui dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa. Jenis sakit kepala yang satu ini juga sering disertai mual dan bahkan sampai muntah apabila tingkat kesakitan yang diderita terbilang parah. Apabila anda menderita migrain, sangat tidak diajurkan untuk mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran karena nantinya malah akan memperparah rasa sakit yang diderita. Baca juga : Sakit Kepala Belakang.

3. Efek samping obat

Jika anda ingin mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu, pastikan anda memperhatikan efek samping yang akan dihasilkan obat tersebut. Beberapa obat memiliki efek samping seperti menimbulkan kantuk, sakit kepala, mual, muntah dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk menghindari sakit kepala yang disertai mual, sebisa mungkin konsumsilah obat-obatan yang tidak menyebabkan efek samping seperti tadi. Baca juga : Sakit Kepala Cluster.

4. Mabuk perjalanan

Tidak semua orang akan merasa nyaman saat melakukan perjalanan dan menikmati perjalanannya. Sebagian orang bisa terjangkit motion sickness atau yang lebih akrab disebut sebagai mabuk perjalanan, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Rasa mabuk yang diakibatkan oleh perjalanan darat, laut, maupun udara seringkali memicu rasa pusing yang disertai mual. Hal ini umumnya disebabkan oleh kondisi kendaraan yang kurang oksigen atau menggunakan wewangian yang tidak mengenakkan bagi beberapa orang.

Seseorang yang melakukan perjalanan tentu tidak dapat menghindari kondisi ini, sehingga mau tidak mau harus menghirup aroma tersebut. Saat itulah, tubuh akan bereaksi seperti melakukan penolakan, sehingga akan menyebabkan rasa pusing dan mual. Apabila sakit kepala yang dialami cukup hebat, maka seseorang tidak hanya akan merasakan mual, tetapi juga akan muntah. Baca juga : Obat Vertigo Alami.

5. Siklus Menstruasi

Bagi wanita, siklus menstruasi adalah masa-masa paling krusial. Pada fase ini terjadi banyak perubahan pada wanita, baik secara fisik maupun psikis. Perubahan-perubahan yang terjadi pada umumnya disebabkan oleh hormon dan tak jarang pula, kondisi saat menstruasi juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Wanita yang sedang haid secara alamiah akan kekurangan zat besi setiap hari dalam masa menstruasinya, sehingga apabila hal ini tidak ditangani, maka akan menimbulkan sakit kepala yang disertai perasaan ingin muntah. Baca juga : Makanan Penyebab Sakit Kepala.

Sponsors Link

6. Kelelahan

Padatnya aktivitas seseorang dapat menyebabkan tubuh kelelahan. Saat tubuh berada dalam kondisi ini, secara otomatis kinerja seluruh sistem dalam tubuh juga akan menurun. Berbagai jenis penyakit seperti pusing, sakit kepala, dan mual pun dapat terjadi dikarenakan sistem peredaran darah yang tidak lancar sehingga menghambat aliran darah ke otak. Baca juga : Efek Sakit Kepala.

7. Stress

Stress memang dikenal sebagai penyebab berbagai macam sakit kepala, mulai dari sakit kepala ringan, sakit kepala sebelah, hingga pusing yang disertai mual. Beban pikiran yang sangat berat dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun drastis. Hal ini memicu ketegangan saraf, menghambat aliran darah ke otak, dan menyebabkan gangguan pada jaringan kepala, sehingga risiko terserang sakit kepala yang disertai mual cukup besar. Baca juga : Penyebab Sakit Kepala pada Anak.

8. Terlambat Makan

Makanan merupakan asupan utama yang diperlukan oleh tubuh. Setidaknya, manusia dianjurkan untuk makan sebanyak 3 kali dalam sehari demi menjaga keseimbangan tubuh. Namun tak jarang pula, beberapa orang justru tidak terlalu memperhatikan pola makan mereka. Terkadang, banyaknya tuntutan pekerjaan menyebabkan seseorang mengakhirkan waktu makan mereka sehingga tubuh akan kekurangan zat gizi dan menghambat proses metabolisme. Pada kondisi ini pula, asam lambung akan naik dan akan menyebabkan pusing yang disertai rasa ingin muntah. Baca juga : Buah Buahan untuk Obat Sakit Kepala.

9. Gangguan Pencernaan

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau tukak lambung, pasti sering mengalami sakit kepala yang disertai mual. Gangguan pencernaan seperti maag atau tukak lambung cukup sering diderita oleh orang-orang. Penyakit ini biasanya dipicu oleh stress dan sering terlambat makan. Hal demikian berkaitan dengan dua poin sebelumnya, dan tentunya juga akan menyebabkan sakit kepala yang disertai mual. Baca juga : Efek Sakit Kepala Sebelah.

Sponsors Link

10. Kurang Tidur

Apabila anda sering begadang, anda akan berisiko menderita berbagai macam sakit kepala. Terjaga sampai larut malam akan menyebabkan kondisi tubuh menurun karena seyogyanya waktu malam adalah momen untuk semua sistem dan organ tubuh beristirahat. Meskipun pada umumnya seseorang hanya akan menderita sakit kepala biasa apabila kurang tidur, namun tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengalami pusing yang disertai mual apabila terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja hingga larut malam. Baca juga : Cara Mencegah Sakit Kepala.

11. Kehamilan

Satu lagi penyebab mual dan muntah yang sering dialami oleh wanita. Wanita yang sedang hamil muda dengan usia kandungan tidak lebih dari 4 bulan akan mengalami perubahan hormon dengan sendirinya. Saat hormon mengalami perubahan, saat itu pula wanita yang sedang mengandung akan sering merasakan pusing yang disertai mual hingga muntah. Baca juga : Sakit Kepala saat Hamil.

12. Keracunan

Penyebab sering sakit kepala dan mual selanjutnya adalah keracunan. Berhati-hatilah sebelum membeli makanan, minuman, atau obat-obatan karena bisa jadi terdapat bahan atau komponen dalam produk tersebut yang bisa membahayakan kesehatan atau bahkan nyawa anda sekalipun. Keracunan pada umumnya terjadi apabila makanan atau minuman yang dikonsumsi telah terkontaminasi oleh virus dan bakteri. Biasanya apabila makanan tidak dimasak dengan baik atau memakan makanan dalam keadaan mentah bisa menyebabkan keracunan.

Selain itu, mengonsumsi produk yang telah kadaluwarsa juga dapat membuat seseorang keracunan. Untuk itu, sebaiknya anda lebih memperhatikan hal-hal demikian karena keracunan bisa menyerang siapa saja. Saat seseorang mengalami keracunan, ia akan merasakan gangguan pada sistem pencernaannya kemudian akan merangsang terjadinya sakit kepala yang disertai mual dan bahkan muntah-muntah. Baca juga : Bagian Bagian Kepala.

ads

Cara mengatasi Sakit Kepala yang Disertai Mual

Gejala-gejala di atas mungkin agak mengkhawatirkan anda, karena secara tidak sadar setidaknya 2-3 penyebab sering sakit kepala dan mual terjadi karena kelalaian diri sendiri, terkhusus bagi anda yang memiliki kesibukan yang padat. Tapi anda tidak perlu risau karena sakit kepala yang disertai mual dapat ditangani dengan mudah. Berikut penjelasannya :

1. Minum Obat Tradisional

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah meminum obat-obatan tradisional, seperti wedang jahe, teh jahe, dan lain sebagainya. Minuman herbal dapat memberikan khasiat yang akan membantu mengurangi sakit kepala yang anda alami. Selain itu, meminum wedang jahe dapat memberikan efek hangat bagi tubuh sehingga dapat mengurangi gas di usus dan meminimalisir perasaan mual. Baca juga : Obat Sakit Kepala Tradisional.

2. Minum Air Putih

Minumlah banyak air putih agar dapat memenuhi kebutuhan cairan anda. Salah satu penyebab tubuh mudah merasakan sakit kepala dan mual adalah keadaan tubuh yang dehidrasi, sehingga dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang seimbang secara berangsur-angsur akan menghilangkan sakit kepala yang diiringi perasaan mual. Baca juga : Minuman Pereda Sakit Kepala.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga dapat anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala yang disertai perasaan ingin muntah. Tidurlah di dalam ruangan yang minim cahaya dan terhindar dari kebisingan agar anda dapat beristirahat dengan optimal. Saat anda menderita sakit kepala akibat kelelahan, maka dengan cara beristirahat tenaga anda akan pulih dan kondisi tubuh anda pun akan membaik dengan sendirinya.

4. Makan Makanan yang Hangat

Jika anda merasakan sakit kepala disertai mual akibat terlambat makan, maka sebaiknya anda segera mencari sesuatu untuk dimakan. Baiknya, anda memakan makanan yang hangat seperti sup agar makanan tersebut dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh anda. Makanan yang hangat akan menghilangkan gas di dalam tubuh, sehingga cara ini juga dapat anda terapkan apabila anda masuk angin atau memiliki gangguan pencernaan. Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan.

5. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara lain adalah anda dapat mengoleskan minyak kayu putih ke bagian perut, leher, atau kepala anda. Minyak kayu putih dipercaya dapat meminimalisir rasa mual, sakit kepala, pusing, dan masuk angin. Jika anda tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat saat sakit kepala menyerang, maka dengan mengoleskan minyak kayu putih adalah alternatif yang sangat dianjurkan.

6. Mengonsumsi Obat Sakit Kepala

Jika diperlukan, maka sebaiknya anda juga mengonsumsi obat medis untuk menghilangkan sakit kepala beserta mual yang anda alami. Beberapa obat analgesik juga dapat membantu menyembuhkan anda apabila merasakan pusing disertai perasaan ingin muntah, namun perlu digarisbawahi bahwa penggunaan obat pereda nyeri yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Baca juga : Penyebab Sakit Kepala.

Pada intinya, sakit kepala yang disertai mual bukanlah penyakit yang parah dan hal ini lumrah dialami oleh sebagian orang. Meskipun demikian, sakit kepala yang disertai mual juga kemungkinan menjadi tanda-tanda penyakit yang lebih serius. Untuk itu, jika anda telah merasakan sakit kepala yang diiringi perasaan ingin muntah selama 5 hari berturut-turut, sebaiknya anda memeriksakan hal ini ke dokter untuk mengantisipasi terjadinya penyakit yang lebih serius.

Selain itu, penting pula untuk melakukan tindakan pencegahan agar dapat meminimalisir risiko terkena sakit kepala yang disertai mual. Kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk anda seperti terlambat makan dan keseringan begadang karena hal tersebut justru akan menimbulkan penyakit pada tubuh anda. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat dan hindari memforsir tubuh anda untuk melakukan banyak hal hingga mencapai batasannya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan