Sponsors Link

11 Penyebab Telinga Berdengung dan Sakit Kepala serta Pengatasannya

Sponsors Link

Telinga yang berdengung disebut pula dengan tinnitus. Dan penyebabnya bermacam – macam. Banyak dari kita merasakan telinga berdengung sehabis kemasukan air atau sehabis mendengarkan musik dengan headset keras – keras. Dan yang membuatnya tambah mengganggu adalah, biasanya telinga berdengung ini disertai dengan sakit kepala, bisa sakit kepala yang berkelanjutan atau sakit kepala terus menerus, atau bisa juga sakit kepala berdenyut hebat.

ads

Tinnitus atau telinga berdengung ini biasanya disertai dengan tanda atau keluhan – keluhan lainnya. Keluhan tersebut diantaranya yaitu : sakit kepala, sakit leher dan punggung, vertigo, migrain, sakit kepala disertai mual, terasa sakit pada telinga, gangguan pada pendengaran, gangguan pada penglihatan, adanya rasa sakit pada sinus. Menurut America Academy of Otolarryngology, tinnitus ini adalah suatu gejala yang biasa menyertai suatu penyakit, dan biasanya disebabkan oleh kerusakan dari ujung saraf pendengaran pada telinga dalam.

Ada beberapa kiat dan cara agar terhindar dari tinnitus, yaitu dengan selalu menjaga kesehatan telinga, dan berikut beberapa cara menjaga kesehatan telinga serta mencegah terjadinya tinnitus. Yaitu diantaranya :

  • Saat Anda merasakan pusing berputar, ambillah posisi duduk atau berbaring
  • Cukup istirahat
  • Berhati – hati terhadap gangguan keseimbangan
  • Membatasi asupan garam
  • Kelolalah stres dengan bijak
  • Sebisa mungkin untuk menghindari dari terpapar suara bising yang berlebih
  • Hindari menggunakan headset dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama
  • Berolahraga teratur
  • Menghindari rokok, alkohol dan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi

Itulah tadi beberapa cara menjaga kesehatan telinga sehingga mampu mencegah dari penyakit tinnitus. Dan tinnitus ini terbagi menjadi dua jenis,yaitu tinnitus subjektif dan objektif. Tinnitus subjektif ini terjadi pada telinga bagian dalam dan bunyi dengung nya hanya didengar oleh penderita saja. Sedangkan tinnitus objektif adalah tinnitus yang terjadi di sekitar telinga seperti pembuluh darah, dan terkadang dapat terdengar oleh orang di sekitarnya.

Telinga berdengung ini memang cukup mengganggu apalagi ia biasa disertai dengan sakit kepala. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengetahui hal – hal yang menjadi penyebabnya atau penyebab telinga berdengung dan sakit kepala ini, yaitu diantaranya :

  1. Mendegarkan bunyi yang terlalu keras, sehingga dapat merusak saraf telinga
  2. Mengkonsumsi obat – obatan yang memiliki sifat toksik pada telinga, seperti obat – obatan jenis aspirin, NSAIDs atau diuretik.
  3. Adanya infeksi pada otitis media atau eksterna, atau infeksi pada saraf telinga
  4. Adanya penyakit meniere yang menyebabkan tekanan pada koklea, sehingga menyebabkan telinga berdengung yang disertai dengan sakit kepala
  5. Adanya serumen yaitu kotoran telinga yang menyumbat saluran eustachius yaitu saluran yang ada di telinga yang menjadi penghubung rongga telinga dan faring
  6. Terdapat tumor pada saraf telinga
  7. Terjadinya turbulensi pada arteri besar yaitu arteri karotis, yang mensuplai darah ke leher dan kepala. Dan juga pada vena besar penampung darah dari daerah kepala. Yang biasanya disebabkan oleh atherosklerosis.
  8. Kekurangan akan zat besi
  9. Pada kondisi stres, seringkali menyebabkan telinga berdengung serta sakit kepala pula
  10. Semakin tua umur seseorang maka fungsi pendengaran pun akan semakin menurun, oleh sebab itulah pada orang tua yang sudah berumur lanjut lebih sering mengalami kondisi telinga berdengung dan sakit kepala ini
  11. Penyebab serius lainnya yaitu atherosklerosis, terjadinya penyempitan pembuluh darah yang terdapat pada telinga akibat tingginya kolesterol.

Itulah tadi beberapa penyebab dari telinga berdengung dan sakit kepala, dan jika telah terlanjur terjadi maka ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Relaksasi

Saat Anda mengalami stres dan juga cemas, hal tersebut dapat memperparah tinnitus dan juga sakit kepala Anda. Maka dari itu, teruslah untuk berfikir positif dan jauhilah stres dengan melakukan teknik relaksasi seperti yoga.

Sponsors Link

  • Obat anti depresan

Jika stres pada diri Anda tidak dapat diatasi dengan cara alami, maka Anda perlu mengkonsumsi obat anti depresan yang tentunya sesuai anjuran dokter.

  • Hindari ruang yang hening

Saat berada di ruang yang hening, Anda akan semakin jelas mendengar suara dengungan telinga Anda. Cobalah untuk mendengarkan suara – suara yang menyenangkan dan menenangkan, dengan volume yang rendah. Hal ini tentu dapat mengalihkan perhatian Anda.

  • Gunakan alat bantu dengar

Saat Anda ke dokter dan dokter menyarankan menggunakan alat bantu dengar jika memang diperlukan. Dengan menggunakan alat bantu dengar ini, Anda akan lebih jelas mendengar suara – suara di sekitar Anda, sehingga suara dengungan pun terkalahkan.

  • Periksalah ke dokter THT

Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi telinga berdengung Anda pada dokter THT. Karena dengan berkonsultasi dengan dokter THT hal tersebut akan mempercepat diagnosa serta penanganan pada telinga berdengung dan sakit kepala Anda.

Itulah tadi beberapa penyebab telinga berdengung dan sakit kepala. Semoga bermanfaat!

, , ,