Sponsors Link

4 Penyebab Tulang Dahi Menonjol yang Perlu Diperhatikan dengan Baik

Sponsors Link

Kepala adalah salah satu dari bagian tubuh manusia yang keberadanya sangat vital sehingga adanya permasalahan pada kepala dapat memberikan dampak besar terhadap kondisi fisik maupun aktivitas secara keseluruhan. Contohnya, jenis sakit kepala paling ringan dan sering dialami seperti pusing saja sudah menjadikan penderitanya sulit berkonsentrasi, aktivitasnya terganggu, bahkan kebanyakan lebih memilih untuk tidur daripada melakukan kegiatan sebelum kondisi pusing atau sakit kepala tersebut bisa diatasi.

ads

Kepala terdiri dari beberapa bagian yang tentunya memiliki fungsi masing masing. Bagian bagian kepala tersebut menyatu dengan tulang penyusun kepala yang dikenal memiliki kondisi yang kuat dan mudah mengalami proses recovery dari cedera karena adanya otak sebagai pusat sistem saraf dan kendali tubuh yang harus dilindungi sehingga tidak mengalami berbagai bentuk permasalahan baik secara fisik maupun gangguan penyakit tertentu.

Sama halnya dengan organ dan bagian pada kepala, tulang yang menyusun kepala pun terbagi bagi tergantung fungsinya. Adanya permasalahan pada bagian tulang tertentu dapat disebabkan oleh kondisi yang berbeda beda dengan dampak atau efek tersendiri. Salah satu bentuk masalah pada tulang di kepala adalah kondisi tulang dahi yang menonjol. Berikut penjelasan mengenai penyebab tulang dahi menonjol serta akibatnya yang perlu dipahami dalam ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyebab dari munculnya keadaan dimana tulang dahi menjadi menonjol, pemahaman terkait apa itu tulang dahi harus benar terlebih dahulu dan akan dijelaskan secara mendetail.  Tulang dahi merupakan bagian tulang yang terdapat diatas mata dan memiliki bentuk vertikal yang memanjang. Sebagai bagian dari tengkorak, tulang dahi memiliki beberapa bentuk manfaat diantaranya seperti pelindung kepala dan otak bagian depan jika terjadi konidsi yang berbahaya, pembentuk tulang tengkorak, serta sebagai pembentuk wajah secara sempurna. Nah, kondisi salah satu permasalahan pada tulang dahi yang menonjol tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti :

  1. Kanker

Salah satu penyebab yang berbahaya dari kondisi dahi menonjol adalah karena adanya sel kanker yang terjadi pada bagian dahi tersebut. Kondisi kanker atau tumor yang terjadi di sekitaran dahi bila terus berkembang akan dapat terlihat semakin menonjol. Kanker dan tumor menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya bagi kondisi kesehatan secara umum sehingga harus dapat dicegah agar tidak terjadi. Untuk memastikan apakah kondisi dahi yang menonjol merupakan keadaan yang disebabkan oleh kanker tulang. Bentuk pemeriksaan medis tersebut dapat dilakukan melalui CT scan atau biopsy dan serangkaian uji laboratorium lainnya.

Selain kondisi tulang dahi yang terlihat menonjol, adanya kondisi kanker tulang pada bagian dahi akan dapat dibedakan dengan masalah lainnya yang lebih ringan ketika kondisi tulang dahi yang menonjol tersebut diikuti dengan beberapa ciri lainnya pada kanker tulang diantaranya seperti munculnya rasa sakit pada bagian dahi, kepekaan atau sensitifitas tulang belakang yang berkurang, kelemahan dan inkotinensa, serta kondisi lainnya yang memang tetap membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seacra medis.

  1. Craniosynostosis

Penyebab tulang dahi menonjol lainnya adalah karena penyakit atau kelainan yang disebut craniosynostosis yang terjadi pada bayi. Craniosynostosis merupakan kondisi kelainan pada bentuk tulang tengkorak bayi yang menyebabkan bentuk kepala bayi menjadi tidak normal dan tidak proporsional. Kondisi bentuk kepala yang tidak normal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan, gangguan penglihatan, dan berbagai macam gangguan lainnya tergantung tulang sebelah mana yang mengalami masalah serta akan menimbulkan permasalahan psikologis di kemudian hari.

Craniosynostosis dapat dibedakan pada beberapa bagian tulang tergantung bagian sutura mana yang mengalami masalah atau kelainan. Sutura merupakan jaringan elastis kuat yang menghubungkan tujuh lempeng tulang pembentuk tengkorak. Jenis craniosynostosys yang dapat menjadi penyebab tulang dahi menonjol adalah yang terjadi pada sutura coronal dan atau metopic. Surura coronal merupakan bagian penghubung yang membentang dari telinga kanan dan kiri ke bagian atas dari tengkorang. Sedangkan metopic adalah sutura yang membentang dari hidung melalui garis tengah dahi hingga ke bagian ubun ubun dan terhubung dengan sutura lain yang disebut saggital.

Sponsors Link

  1. Tulang dahi patah

Penyebab selanjutnya yang bisa jadi menjadi kondisi yang bertanggung jawab terhadap munculnya keadaan dimana tulang dahi menonjol adalah karena patah tulang. Patah tulang yang terjadi pada dahi dapat menyebabkan patahan tulang menonjol keluar tengkorak sehingga menjadikan kondisi dahi juga akan terlihat menonjol. Patahnya tulang pada dahi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti cedera atau trauma kepala, benturan yang keras pada bagian dahi, dan kondisi trauma fisik lainnya.

  1. Kelainan genetik

Kondisi lain yang juga dijadikan salah satu keadaan yang dapat menyebabkan tulang dahi menonjol adalah karena adanya faktor genetik atau kelainan genetik yang dialami. Kondisi kelainan genetik tersebut akan dapat terlihat ketika memasuki usia awa manusia yakni bayi. Kelainan genetik menjadi penyebab yang sebenarnya sulit untuk dipahami dan hanya dapat dideteksi ketika kejadiannya sudah terjadi. Contoh kelainan genetik yang terjadi dan berakibat pada tulang dahi adalah kondisi Craniosynostosis dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab tulang dahi menonjol yang perlu diperhatikan dengan baik. Kondisi tulang yang menonjol akan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang perlu diperhatikan dengan baik. Tulang dahi yang menonjol pada bayi banyak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dan beberapa pengaruh dari orang tua. Pada orang dewasa, kondisi tulang dahi yang menonjol banyak mendapatkan trauma fisik yang kuat seperti akibat kepala sering terkana pukulan di bagian dahi.

, , , , ,