Sponsors Link

Penyebab Vertigo Akut

Sponsors Link

Vertigo merupakan suatu penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja. Salah satu gejala dari vertigo yaitu sakit kepala yang semakin hari akan merasa semakin pusing, penderita vertigo akan merasakan sensasi apapun yang berada di sekelilingnya seperti berputar-putar. Sama halnya dengan penyakit lain vertigo terdiri dari beberapa jenis mulai dari vertigo ringan hingga vertigo parah. Vertigo terbagi menjadi vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer merupakan vertigo yang disebabkan karena terjadinya gangguan pada bagian telinga dalam. Sedangkan vertigo sentral terdiri dari beberapa macam diantaranya yaitu labiririntis, vestibular neuritis, penyakit meniere dan peroksimal jinak. Vertigo akut merupakan vertigo yang terjadi secara tiba-tiba namun gangguan yang terjadi sangat serius atau rasa sakit yang dirasakan sangat hebat sehingga orang yang terserang vertigo akut akan membutuhkan pertolongan medis.

ads

Perbedaan Vertigo Akut dan Vertigo Kronis

Seringkali kita mendengar istilah vertigo akut dan vertigo kronis dan menganggapnya sama, akan tetapi perlu diketahui bahwa vertigo akut dan kronis mempunyai perbedaan. Hal yang membedakan antara vertigo akut dan kronis yaitu waktu penderita terserangnya vertigo. Vertigo akut merupakan vertigo yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat akan tetapi rasa sakit kepala yang dirasakan penderita sangat teramat sakit sehingga akan menimbulkan kondisi gangguan yang serius dan menyebabkan penderita harus segera ditangani oleh medis. Sedangkan vertigo kronis yaitu vertigo yang diderita oleh seseorang dalam waktu yang lama atau terjadi secara berulang. Vertigo kronis terjadi secara bertahap mulai dari kondisi vertigo ringan hingga akhirnya menjadi vertigo parah.

Penyebab Vertigo Akut

Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa sakit kepala terus menerus dan merasa apapun yang berada pada sekitarnya seperti berputar. Penyebab vertigo bermacam-macam mulai dari infeksi telinga bagian dalam hingga disebabkan oleh gangguan pada batang otak yang berada pada bagian belakang otak besar. Penyebab vertigo ringan dan vertigo akut pada umumnya sama akan tetapi ada beberapa penyebab yang menyebabkan seseorang mengalami vertigo akut, berikut ini penyebab vertigo akut.

1. Migrain

Seseorang yang sering mengalami migrain basilar akan sangat rentan terserang vertigo akut. Migrain merupakan rasa sakit kepala yang dirasakan pada salah satu bagian kepala saja misalkan bagian depan saja. Jika Anda mengalami migrain maka segeralah lakukan penanganan karena jika tidak langsung diobati migrain dapat menjadi pemicu terserangnya vertigo akut.

2. Terjadinya cedera pada kepala

Selain migrain penyebab terjadinya vertigo akut disebabkan karena adanya cedera pada kepala. Cedera tersebut dapat terjadi karena terjadinya benturan pada benda tumpul. Kepala yang terbentur akan menjadi pemicu terjadinya cedera pada bagian kepala. Jika saat terbentur tidak terdapat ciri-ciri fisik yang terluka akan tetapi terasa sakit kepala yang tak tertahankan langsung segera periksa ke dokter karena cedera pada kepala dapat memicu terjadinya vertigo akut.

3. Terjadinya infeksi atau gangguan pada telinga bagian dalam

Penyebab vertigo akut yang lainnya yaitu terjadinya infeksi atau gangguan pada telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mempunyai fungsi sebagai alat penghubung sinyal dari lingkungan menuju otak, selain itu berfungsi membantu tubuh untuk berjalan seimbang. Sehingga jika terjadi gangguan pada telinga bagian dalam maka akan memicu terjadinya vertigo akut dimana penderitanya akan merasakan pusing dan juga berjalan tidak seimbang. Selain 3 penyebab diatas penyebab vertigo akut lainnya yaitu konsumsi obat dalam waktu lama, stroke dan penyakit meniere.

Gejala Vertigo Akut

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala sehingga tak sedikit orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengidap vertigo akut. Vertigo akut jika tidak segera ditangani maka akan sangat membahayakan penderitanya sehingga perlulah kita mengetahui gejala dari vertigo akut. Beberapa gejala vertigo akut yang dapat dialami oleh penderitanya diantaranya yaitu:

  • Penderita vertigo akut akan mengalami sensasi berputar-putar sama halnya ketika kita sedang menaiki wahana permainan yang berputar-putar.
  • Terjadinya gangguan keseimbangan sehingga penderita vertigo akut kesulitan untuk berdiri dan juga berjalan.
  • Terjadinya gangguan pendengaran, pada saat seseorang mengalami vertigo akut maka pendengaran penderita tersebut akan menurun.
  • Beberapa penderita vertigo akut mengalami mual yang pada akhirnya menyebabkan muntah.
  • Dalam beberapa keadaan gejala vertigo akut yaitu penderita mengalami demam yang disebabkan adanya reaksi infeksi.

Cara Mengatasi Vertigo Akut

Setelah mengetahui gejala dan penyebab vertigo akut alangkah lebih baiknya kita mengetahui cara mengatasinya karena jika dibiarkan bahaya penyakit vertigo. Vertigo akut dapat diatasi dengan berbagai cara yaitu dengan cara melakukan pengobatan medis, secara alami dan juga melakukan beberapa gerakan yang dapat mengobati gerakan vertigo. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo akut yaitu sebagai berikut.

  • Konsumsi ramuan alami secara rutin merupakan cara alternatif dalam proses penyembuhan vertigo akut. Beberapa jenis kombinasi bahan yang dapat dijadikan ramuan alami untuk vertigo akut yaitu madu dan ketumbar, yoghurt dan strawberry, minyak wijen, kacang almond dan susu, biji pala dan kapulaga, kayu manis dapat baca cara mengobati vertigo dengan kayu manis, dll,
  • Melakukan latihan vastibular

Itulah pembahasan mengenai penyebab vertigo akut, gejala dan cara mengatasinya. Untuk menghindari terjadinya vertigo akut maka mulailah ubah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat. Sekian pembahasan mengenai penyebab vertigo akut, semoga bermanfaat.

, , , , ,