Sponsors Link

10 Penyebab Vertigo Kambuh Yang Harus Disadari

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Dianggap sebagai penyakit yang bisa dengan mudah diobati, nyatanya sakit kepala jika didiamkan akan sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas Anda. Belum lagi jika sakit kapala yang Anda rasakan disertai dengan vertigo. Tentu tubuh akan terasa sangat lemah dan sulit melakukan aktivitas untuk sementara waktu.

ads

Vertigo sendiri merupakan sebuah keadaan dimana penderita biasanya akan merasa seolah-seolah semua hal di sekelilingnya berbeda-beda. Penyakit yang berasal dari kata “Vetere”  dalam bahasa Yunani yang artinya berputar ini bisa muncul pada siapa saja, baik mereka yang berusia muda sampai dewasa.

Penyebab dari vertigo ini sendiri umumnya ada dua yaitu:

  1. Vertigo Periferal : Jenis vertigo yang satu ini disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian telinga yang mengatur keseimbangan, sehingga ketika Anda berdiri atau bagun tiba-tiba, kepala bisa terasa pusing dan berputar karena gangguan tersebut.
  2. Vertigo Sentral : Vertigo ini disebabkan oleh masalah yang terjadi pada bagian otak kecil atau serebelum yang terletak di bagian bawah dan batang otak.

Namun tidak hanya dua penyebab itu saja, nyatanya masih banyak faktor lain yang menyebabkan vertigo kambuh seperti berikut ini:

1. Makan Makanan yang Dilarang

Penyebab pertama vertigo kambuh adalah mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi pantangan. Sama seperti penyakit lain, vertigo juga memiliki daftar makanan yang dilarang bagi penderita vertigo seperti jeroan, gorengan, minuman dingin, dan sebagainya.

Berbeda-beda, setiap makanan yang dilarang bagi penderita vertigo umumnya memiliki alasan tersendiri mengapa ia dapat menyebabkan vertigo kambuh. Seperti jeroan contohnya. Makanan tersebut dilarang akibat dapat membuat aliran darah menjadi kental sehingga tidak lancar yang akhirnya akan menyebabkan pusing dan berujung pada vertigo kambuh secara mendadak.

Jika Anda termasuk dalam penderita vertigo, asupan makanan harus sangat dijaga dan diperhatikan agar vertigo tidak kambuh secara mendadak. Anda tentu tidak ingin bukan merasakan sensasi berputar hebat hanya karena sebuah tahu goreng?

2. Influenza

Penyebab kedua vertigo dapat kambuh secara mendadak adalah influenza atau sering disebut juga dengan pilek/ flu. Bagi orang non-vertigo, influenza dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing. Jadi bisa Anda bayangkan bukan jika hal ini terjadi pada penderita vertigo? Tentu sangat menyakitkan dan mengganggu.

Untuk penyebabnya sendiri, flu biasanya akan menyerang bagian labirinitis, saluran pada telinga yang mengatur keseimbangan dan pendengaran. Sehingga saat terserang flu seseorang biasanya akan merasa kepala pusing.

Sementara itu bagi penderita vertigo, flu dapat memicu kambuhnya kondisi tersebut karena penderita sendiri sudah mengalami gangguan pada labirinitisnya. Sehingga, flu hanya akan menambah gangguan pada bagian telinga tersebut sehingga membuat vertigo kambuh.

3. Mendongak Secara Tiba-Tiba

Penderita vertigo umumnya memiliki masalah pada bagian telinga yang mengatur keseimbangan. Karena hal itulah, jika Anda penderita vertigo mendongak secara tiba-tiba, bukan tidak mungkin vertigo bisa kambuh mendadak. Kondisi ini sendiri sering disebut dengan vertigo posisi paroksismal jink (BPPV).

Biasanya, seseorang yang mengalami kambuh vertigo akibat mendongak secara tiba-tiba akan merasakan gejala seperti pusing yang semakin intens, mual, muntah, bahkan limbung.

Sponsors Link

Sementara itu rasa sakit vertigo yang diakibatkan oleh mendongak secara tiba-tiba memang tidak berlangsung lama namun bisa terjadi beberapa kali dengan durasi beberapa detik atau menit.

4. Memutar atau Menundukan Kepala Mendadak

Hal selanjutnya yang membuat vertigo kambuh adalah masih berkaitan dengan aktivitas pergerakan kepala. Namun bukan lagi mendongak, kali ini vertigo Anda dapat kambuh akibat gerakan memutar atau menundukan kepala secara mendadak.

Kondisi ini menurut para ahli diakibatkan oleh lepasnya serpihan kristal kalsium karbonat (debris) dari saluran dinding telinga bagian dalam. Saat serpihan tersebut jatuh, maka akan terjadi gerakan cairan yang abnormal ketika penderita vertigo melakukan gerakan memutar atau menunduk tiba-tiba.

Jadi jika Anda adalah seorang penderita vertigo, saat bangun tidur usahakan bergerak secara perlahan dan jangan memutar kepala atau menunduk secara mendadak agar vertigo tidak kambuh tiba-tiba.

5. Migrain

Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah memang bisa sangat mengganggu aktivitas orang. Namun tidak hanya mengganggu aktivitas, jenis sakit kepala yang satu ini rupanya juga bisa jadi pemicu vertigo kambuh secara tiba-tiba.

Hal tersebut bisa terjadi jika Anda sering mengalami migrain sehingga dapat memicu gejala kambuhnya vertigo seperti mual, pusing, serta merasa sensitif terhadap cahaya atau fotofhobia.

6. Infeksi Virus

Penyebab vertigo kambuh selanjutnya adalah terjadinya infeksi virus. Pada beberapa kasus, meskipun bisa dikatakan cukup jarang, seorang penderita vertigo bisa merasa penyakitnya kambuh karena virus yang menyebabkan inflamasi (peradangan) pada saraf yang menghubungkan labirin dengan otak.

Kondisi yang dikenal juga dengan vertibular neuronitis akan memicu gejala vertigo kambuh seperti mual, pusing, muntah, dan linglung. Tidak sebentar, vertigo kambuh akibat virus dapat berlangsung selama beberapa jam bahkan hari. Untuk kasus yang parah, kondisi tersebut bahkan bisa bertahan lebih dari satu bulan.

ads

Di sisi lain meskipun terjadi dalam waktu yang cukup lama, vertigo yang kambuh akibat infeksi virus tidak akan membuat Anda kehilangan pendengaran atau gangguan saat melihat.

7. Bangun Berdiri dari Posisi Duduk atau Jongkok Secara Mendadak

Bagi penderita vertigo, satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah jangan pernah lakukan semua gerakan tubuh secara mendadak. Sudah diketahui secara umum bahwa vertigo dapat disebabkan oleh adanya gangguan fungsi keseimbangan pada telinga sehingga membuat Anda pusing.

Untuk itu, selain gerakan kepala mendadak seperti yang telah dibahas pada poin tiga dan empat, gerakan mendadak lain seperti berdiri ternyata juga bisa lho menyebabkan vertigo kambuh.

Namun perlu diingat, bukan sembarang berdiri, yang dimaksud di sini adalah situasi ketika Anda tiba-tiba berdiri untuk melakukan tugas lain dari posisi duduk dan jongkok. Hal tersebut akhirnya dapat membuat keseimbangan tergganggu sehingga vertigo jadi mendadak kambuh.

Dan sekedar tambahan informasi, biasanya penderita vertigo yang mengalami kambuh akibat berdiri tiba-tiba adalah mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas. Meskipun demikian, Anda yang berusia muda juga harus tetap menjaga kesehatan sebaik mungkin agar kelak di masa tua tidak menyusahkan orang lan.

8. Penyakit Meniere

Tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti beberapa jenis makanan, vertigo nyatanya juga dapat dipicu oleh penyakit lain seperti penyakit meniere misalnya. Penyakit meniere sendiri merupakan sebuah kondisi dimana telinga bagian dalam mengalami kelaian.

Para ahli sendiri sebenarnya belum mengetahui secara pasti dan rinci apa yang menyebabkan meniere timbul, namun mereka menduga kuat bahwa meniere dipicu oleh adanya cairan dalam telinga yang abnormal.

Sementara beberapa ahli lainnya berpendapat bahwa meniere bisa dialami seseorang akibat faktor keturunan, virus seperti meningitis, sampai adanya ketidakseimbangan senyawa kimia di telinga bagian dalam akibat terlalu tinggi atau rendahnya kadar natrium atau kalium dalam tubuh.

Di sisi lain, penyakit yang sebagian besar diderita oleh wanita ini dapat menyebabkan vertigo kambuh karena biasanya meniere akan menyebabkan telinga seperti berdengung sehingga gelaja vertigo seperti mual dan pusing juga akan muncul sehingga vertigo kambuh.

9. Benturan

Siapa yang tidak merasakan sakit atau pusing saat kepalanya terbentur? Tentu bagi manusia normal benturan akan mengakibatkan rasa sakit dan rasa pusing seseaat. Sama seperti penderita vertigo, benturan di bagian kepala akan dengan sangat mudah membuat vertigo kambuh mendadak.

Kondisi ini bukan tanpa alasan. Sudah dijelaskan di atas bahwa vertigo dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian telinga dalam yang mengatur fokus keseimbangan seseorang.

Oleh karena itu, saat Anda terbentur di bagian telinga bahkan sampai kehilangan keseimbangan dan jatuh, hal tersebut akan jelas akan memicu rasa pusing yang akhirnya bisa berujung pada kambuhnya vertigo.

Selain terbentur, hal lain yang bisa membuat vertigo kambuh adalah cedera kepala. Jika Anda pernah mengalami cedera kepala (entah karena kecelakaan, jatuh, dsb) maka saat semakin bertumbuh dewasa ada beberapa gejala yang mungkin timbul seperti mual dan pusing.

Efek cedera kepala tersebut tidak baru hanya baru dirasakan saat seseorang bertumbuh dewasa. Bagi sebagian besar orang dampak tersebut dapat langsung dirasakan dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu.

Hasil dari benturan dan cedera kepala tersebut sangat memungkinkan vertigo Anda kambuh karena penderita biasanya sangat sensitif terhadap rasa sakit di kepala. Untuk itu jika Anda mengalami kecelakaan atau trauma kepala dan merasa ada sesuatu yang tidak normal, segera hubungi dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

10. Koleasteatoma

Penyebab lain vertigo kambuh adalah koleasteatoma. Kondisi ini bagi Anda dan banyak orang mungkin terdengar sangat asing dan tidak umum. Koleasteatoma sendiri merupakan sebuah kondisi dimana terdapat kumpulan kulit tidak normal di dalam telinga.

Penyakit yang banyak dikatakan sebagai kista telinga ini diduga muncul akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati yang terjebak di dalam telinga Anda. Kumpulan kulit mati tersebut kemudian menyumbat telinga dan berkembang secara perlahan sehingga menyebabkan koleasteatoma.

Biasanya, seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan gangguan pendengaran, sakit kepala, dan merasa dengung di telinga. Jika hal tersebut dialami oleh mereka yang tidak memiliki vertigo mungkin sakitnya tidak disadari. 

Sponsors Link

Namun berbeda dengan penderita vertigo. Jika Anda penderita vertigo mengalami hal ini, dengungan pada telinga akibat koleasteatoma dapat mengakibatkan keseimbangan telinga tergganggu sehingga vertigo pun dapat kambuh secara tiba-tiba.

Untuk itu sebelum koleasteatoma datang, ada baiknya Anda rutin memerikasakan kesehatan dan tidak pernah menganggap remeh segala hal abnormal yang terjadi pada tubuh. Sebab hal tersebut bisa jadi cara tubuh Anda untuk berkomunikasi dan memberitahukan ada sesuatu yang salah.

Itu tadi 10 penyebab vertigo kambuh. Ingat vertigo bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu mulai dari usia muda sampai lansia. Untuk itu jagalah sebaik mungkin tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Sementara itu bagi Anda yang sudah terlanjur terkena vertigo, jagalah tubuh Anda dan kuatkan tekad untuk menghindari segala pantangan  agar vertigo tidak kambuh lagi. Selain itu setelah mengetahui penyebab vertigo kambuh seperti di atas, usahakan untuk menghindari kondisi-kondisi di atas agar vertigo tidak menyerang secara mendadak.

, ,