Sponsors Link

Penyebab Vertigo Mendadak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mengalami rasa pusing adalah hal yang biasa kita rasakan dalam kegiatan kita sehari – hari. Tetapi, siapa sangka ternyata rasa sakit kepala dan pusing ini  bisa menjadi suatu kondisi kesehatan yang serius dan memerlukan penanganan khusus bagi para penderitanya.

ads

Kondisi tersebut adalah vertigo. Ada banyak penyebab vertigo mendadak yang bisa memicu munculnya vertigo. Meski kondisi ini bisa dibilang berbahaya, tetapi mengetahui penyebab dan langkah pencegahannya dapat membantu kita untuk mencegah kondisi ini menjadi semakin parah. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir karena ada informasi yang bisa sangat berguna bagi Anda.

Bagi para penderita vertigo kronis tentunya adanya kondisi dimana vertigo tetap kembali dan muncul berulang secara mendadak tentunya akan sangat mengganggu kondisi kesehatan dan produktifitas seseorang. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa faktor penyebab vertigo mendadak yang bisa Anda ketahui, paling tidak untuk mencegah kondisi ini tetap datang secara berulang kali.

1. Kondisi Kehamilan

Faktor penyebab terjadinya vertigo adalah kondisi kehamilan. Pada masa kehamilan yang sedang berlangsung tentunya ada perubahan fisik dan juga hormonal yang dirasakan oleh ibu hamil. Ketika seseorang sedang berada dalam masa kehamilan, tentunya akan ada banyak perubahan pada tubuhnya yang mengakibatkan beberapa efek samping seperti pertambahan berat badan dan hal lainnya.

Adanya perubahan hormonal juga menjadi salah satu penyebab pusing pada ibu hamil trimester 2. Perubahan hormonal ini akan mengakibatkan perubahan – perubahan dalam tubuh misalkan tekanan darah, kenaikan atau penurunan hormon tertentu. Oleh karena itu, maka bukanlah hal yang aneh apabila banyak orang yang hamil juga akan mengalami vertigo.

2. Penyakit Diabetes

Selanjutnya, kondisi tubuh yang tidak sehat dan menderita penyakit diabetes juga bisa menyebabkan adanya kondisi vertigo ini untuk muncul kembali secara berulang ulang. Diabetes yang merupakan kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh sangat tinggi dan melebihi normal.

Kondisi ini akan mulai mengakibatkan komplikasi pada banyak organ vital di tubuh dan bisa menyebabkan adanya sakit kepala ataupun vertigo karena memang adanya hubungan sakit kepala dan diabetes. Ketika komplikasi ini berlanjut dan darah tidak dapat mensuplai darah ke bagian otak maka tentunya fungsi otak akan terganggu. Ketika fungsi otak mulai terganggu maka vertigo ini akan muncul kembali.

3. Tumor Otak

Tumor otak adalah faktor penyebab adanya kondisi vertigo yang suka datang mendadak. Kondisi ini juga diperparah dengan mengkonsumsi makanan penyebab tumor otak. Meski tumor otak masih terbagi atas dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, tapi adanya pertumbuhan sel tumor dibagian otak kecil akan membuat otak mengalami gangguan yang mengakibatkan kondisi vertigo kambuh secara berulang. Kondisi ini hendaknya segera ditangani dengan baik.

Untuk mengatasi kondisi ini tentunya akan diperlukan operasi untuk mengangkat tumor yang ada agar kondisi kesehatan bisa kembali seperti sedia kala. Dan apabila ditemui beberapa gejala seperti munculnya benjolan, pusing, dan leher dan bagian kepala belakang yang seringkali tegang, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

Setelah mengetahui beberapa penyebab vertigo mendadak ini, Anda perlu mengetahui cara apa saja yang dapat  dilakukan untuk mengatasi kondisi ini agar tidak menjadi semakin parah. Berikut ini adalah informasinya.

1. Istirahatkan Pikiran dan Tubuh

Vertigo tak kunjung sembuh dan tetap terjadi secara berulang dan mendadak sebenarnya bisa diminimalisir apabila kita bisa memberikan tubuh kita istirahat. Waktu istirahat ini akan membantu kita merilekskan tubuh dan pikiran kita. Ketika beban pikiran kita mulai berkurang maka tubuh akan mulai mendapatkan waktu untuk melakukan perbaikan dan regenerasi sel tubuh yang rusak. Dan dengan begitu maka tubuh akan mampu memaksimalkan sistem metabolisme tubuh untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Sponsors Link

Apabila Anda masih seringkali menemui vertigo yang kambuh secara mendadak, hal ini bisa dipastikan bahwa Anda memiliki beban pikiran dan stress yang masih Anda bawa dalam kurun waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, sisihkan waktu Anda sejenak untuk melepas dan melupakan beban tersebut. Memikirkan beban berat yang harus ditanggung setiap saat tidak akan membantu memulihkan kondisi kesehatan Anda.

2. Melakukan Gerakan Epley atau Reposisi Canalith

Karena kondisi vertigo tergolong penyakit yang serius, maka ada langkah perawatan tambahan berupa terapi penyembuhan vertigo. Akan tetapi, ada juga gerakan epley dan reposisi canalith yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh adanya vertigo ini. Beberapa manuver gerakan ini akan membantu penderita vertigo meringankan rasa sakit yang saat itu sedang dialami. Manuver – manuver gerakan ini terdiri dari beberapa set gerakan yang perlu dilakukan untuk meredakan rasa sakit.

3.  Terapi Rehabilitasi Vestibular

Vertigo adalah kondisi dimana kepala terasa sakit dan pusing hingga berputar sampai penderitanya merasa bahwa lingkungan sekitarnya juga ikut berputar, maka akan diperhatikan lebih jauh mengenai hubungan kepala dengan jaringan saraf yang lain.

Mungkin Anda merasa bahwa vertigo adalah suatu kondisi yang secara keseluruhan dipengaruhi oleh adanya permasalahan pada bagian otak. Tetapi, ternyata adanya gangguan saraf ataupun otot mata juga bisa mempengaruhi adanya kondisi ini.

Apabila memang ditemukan adanya kondisi vertigo yang disebabkan oleh gangguan saraf ataupun otot mata, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani  terapi rehabilitasi vestibular. Terapi rehabilitasi vestibular ini akan membantu tubuh agar bisa mentoleransi atau bahkan kebal terhadap hal – hal yang bisa menyebabkan vertigo terulang lagi dengan melatih gerakan mata dan kepala penderitanya.

Itulah informasi yang bisa saya berikan mengenai penyebab vertigo mendadak. Temukan artikel kesehatan lainnya disini seperti vertigo dan asam lambung yang bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih banyak hal dalam dunia kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk melakukan pencegahan ataupun sebatas memberikan informasi kesehatan bagi Anda.

, , , ,
Oleh :