Sponsors Link

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Otak Kiri dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang belakangan ini cukup banyak diperkenalkan melalui gaya hidup sehat yang cukup populer di masyarakat. Proses menjaga kesehatan tersebut diperlukan mengingat perkembangan kondisi lingkungan dan gaya hidup sekarang ini yang lebih berbahaya bagi tubuh serta tidak sehat. Menjaga kesehatan tubuh tentu juga penting demi menghindarkan permasalahan kesehatan yang dapat berdampak buruk.

ads

Dalam proses menjaga kesehatan tubuh tersebut, kepala menjadi salah satu organ tubuh vital yang harus diperhatikan lebih mengingat adanya bagian bagian kepala penting diantaranya seperti mata, telinga, hidung, lidah yang merupakan indera tubuh, serta yang paling penting di kepala adalah otak sebagai pusat dari kendali tubuh. Sakit kepala maupun masalah pada otak tentu akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh secara menyeluruh dan signifikan.

Diantara beberapa bentuk permasalahan pada daerah otak, penyumbatan pembuluh darah otak kiri merupakan kondisi yang cukup berdampak berbahaya. Keadaan pembuluh darah otak yang tersumbat tersebut harus segera terdiagnosis untuk segera mendapatkan tindakan medis yang tepat dalam mengatasinya. Kondisi penyumbatan pada pembuluh dari di otak kiri tentu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Berikut ini beberapa penyebab serta cara mengatasinya yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah otak sebelah kiri dalam penjelasan dan uraian di bawah ini.

Kondisi penyumbatan pembuluh darah pada otak sebelah kiri tentu tidak terjadi dengan sendirinnya dan pastinya ada penyebab yang mendasarinya. Memahami penyebab tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk menentukan cara pengatasan yang tepat dan juga sebagai upaya mencegah terjadinya kondisi penyumbatan pembuluh darah. Berikut ini beberapa penyebab penyumbatan pembuluh darah otak sebelah kiri yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap individu manusia diantaranya seperti:

  • Penyakit hipertensi

Penyakit hipertensi atau peningkatan tekanan darah merupakan salah satu penyebab yang dapat memicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Tingginya tekanan darah akan memicu terjadinya gesekan antara dinding pembuluh darah dengan aliran darah yang dihasilkan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi lecet dan memicu terjadinya peradangan. Adanya peradangan yang dihasilkan inilah yang dapat menyebabkan kondisi penyumbatan pada pembuluh darah otak sebelah kiri. Penyakit hipertensi dapat menciptakan jenis sakit kepala yang cukup menyakitkan.

  •  Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu jenis penyakit yang juga sudah sangat populer dan banyak diderita oleh masyarakat. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula di dalam darah cukup tinggi melebihi batas normalnya. Tingginya kadar gula darah tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah tersebut terjadi karena diabetes dapat memicu terjadinya pengumpalan darah yang menyumbat aliran darah pada pembuluh darah tertentu termasuk yang terletak di otak sebelah kiri. 

  • Penyakit kolesterol

Kolesterol merupakan kondisi permasalahan kesehatan yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar lemak jahat di dalam tubuh dan darah. Kondisi peningkatan lemah dalam darah ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah otak kiri. Kondisi kolesterol sebagai penyebab penyumbatan tersebut dapat diperparah dengan komplikasi diabetes, penderita yang mengalami stres, dan memiliki gaya atau pola hidup yang tidak sehat serta terlalu banyak merokok maupun minum alkohol.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi penyumbatan pada pembuluh darah. Selain beberapa penyakit yang disebutkan diatas, tumor atau kanker yang terjadi di daerah sekitar maupun pada pembuluh darah dapat juga memicu terjadinya kondisi penyumbatan. Aliran darah yang mengalir tidak normal akibat penyumbatan tentu dapat memberikan dampak yang buruk bagi penderitanya. 

Kondisi aliran darah sebagai pembawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh sel serta jaringan pada otak sebelah kiri tersebut akan menjadikan sel kekurangan oksigen dan nutrisi. Keadaan kekurangan ini dapat menyebabkan fungsi jaringan dan pembelahan sel terhambat bahkan dapat memicu kematian sel atau jaringan. Untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan maka cara mengatasi kondisi penyumbatan pembuluh darah otak kiri perlu dilakukan yang diantaranya adalah sebagai berikut ini. 

  • Menjalani proses diagnosis

Kondisi penyumbatan pada pembuluh darah otak sebelah kiri biasanya cukup sulit dideteksi sebelum munculnya beberapa gejala. Untuk mencegah kondisi penyumbatan maka mereka yang memiliki penyakit aterosklerosis perlu untuk melakukan pemeriksaan berkala adanya penyumbatan pada daerah pembuluh darah atau tidak. Jika kondisi sumbatan sudah terjadi dengan adanya keadaan seorang penderita yang tiba tiba terserang stroke maka perlu penanganan segera. 

  • Penanganan penyumbatan

Seseorang yang sudah mengalami kondisi penyumbatan yang lebih banyak akan menyebabkan terjadinya kondisi stroke. Keadaan stroke tersebut harus segera diatasi agar tidak menyebabkan hal yang lebih buruk. Proses pengatasan penyumbatan pembuluh darah akan dilakukan dengan beberapa cara diantarnya memberikan obat trombolisis intravena. Selain penggunaan obat tersebut ada beberapa tindakan lain jika memang kondisi sumbatan tidak teratasi sesuai dengan cara yang ditentukan oleh tenaga medis. 

  • Mengatasi penyebab terjadinya sumbatan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena berbagai macam penyebab. Ketika sumbatan sudah dapat teratasi maka pasien perlu mendapatkan penanganan untuk mengatasi penyebab yang ada dan mencegah penyumbatan terulang kembali. Mengatasi penyaktit arteriosklerosis merupakan cara utama untuk mencegah terjadinya sumbatan. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kondisi penyumbatan pembuluh darah otak kiri yang dapat dipahami. Dalam penjelasan diatas, penyebab terbesar kondisi penyumbatan adalah karena penyakit arteriosklerosisi (diabetes, hipertensi, kolesterol) yang terjadi akibat adanya pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Mengatur pola hidup menjadi lebih sehat dapat menghindari kondisi terjadinya penyumbatan pembuluh darah. 

, , ,