Sponsors Link

Perbedaan Migrain Dan Kanker Otak

Sponsors Link

Kepala merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi penting dan pada bagian bagian kepala terdapat berbagai organ yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Beberapa organ penting tersebut yang terdapat dikepala seperti otak sebagai pusat kendali dari semua sistem syaraf tubuh, mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, kuping sebagai indra pendengaran, lidah sebagai indera perasa, dan mulut sebagai awal dari proses pencernaan makanan bagi tubuh.

ads

Karena pentingnya kepala tersebut maka harus dijaga dari berbagai macam kondisi penurunan kesehatan pada kepala seperti sakit kepala atau pusing, trauma kepala, faktur tulang kepala, dan lain sebagainya. Namun, meskipun proses penjagaan sudah dilakukan tetap saja berbagai macam jenis sakit kepala yang ringan hingga berat dapat terjadi dengan berbagai macam penyebabnya seperti sakit kepala belakang, sakit kepala karena penyakit tertentu, sakit kepala karena tulang, migrain, vertigo, dan bahkan tumor atau kanker otak.

Beberapa jenis sakit kepala tersebut seringkali menunjukan tanda atau gejala yang hampir sama dan sulit dibedakan secara awam meskipun ternyata kondisi penyebab maupun akibatnya berbeda, seperti migrain dan kanker otak. Dalam artikel ini, drsakitkepala.com akan mengulas dan membahas mengenai kondisi perbedaan migarin dan kanker otak yang perlu diketahui oleh setiap orang agar tidak mudah meremehkan gejala dan terhindar dari berbagai macam dampat negatif yang berbahaya.

Pengertian Kanker Otak Dan Migrain

Sebelum memahami perbedaan migrain dan kanker otak maka sebaiknya yang perlu dipahami terlebih dahulu secara detail adalah pengertial dari keduanya. Migrain merupakan kondisi nyeri kepala sedang hingga berat yang dapat terjadi dengan kondisi berdenyut pada salah satu sisi kepala saja. Serangan migrain dapat terjadi pada beberapa kali dalam satu tahun atau bahkan beberapa kali dalam satu minggu. Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang banyak diderita oleh perempuan dibandingkan laki laki.

Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker yang dapat menyerang bagian atau organ tubuh tertentu yang dalam hal ini adalah otak. Kanker sendiri adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya pertumbuhan tidak normal atau abnormal dari sel sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sampai saat ini, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan dan berbahaya serta menempati posisi dibawah penyakit jantung sebagai penyebab kematian manusia.

Perbedaan Migrain Dan Kanker Otak

Jika dilihat dari pergertian yang ada maka sebenarnya migrain dan kanker otak merupakan kondisi atau penyakit yang berbeda namun beberapa gejala dari kedua penyakit tersebut sering disamakan oleh masyarakat awam. Untuk dapat memahaminya berikut ini beberapa perbedaan migarin dan kanker otak yang perlu diketahui.

  • Gejala

Hal pertama yang dapat diberdakan dari kondisi migrain dan kanker otak adalah gejalanya meskipun keduanya hampir mirip. Baik kanker otak mapun migrain, kondisi pusing dan sakit kepala sebelah yang berkenpanjangan dapat sama sama terasa. Pada migrain akan mengalami gejala lainnya seperti gangguan penglihatan, gangguan fungsi sensoris, dan lainnya. Sedangkan pada kanker otak, beberapa gejala lainya terkorelasi dengan kemampuan otak yang berkurang seperti penglihatan yang kabur, kesulitan berjalan, dan kesulitan berbicara, serta beberapa gejala fisik lainya.

  • Aura

Aura merupakan suatu tanda spesifik yang muncul pada penderita migrain sebelum serangan datang. Meskipun tidak semua penderita mengalami aura namun setidaknya jika kondisi ini muncul dapat menjadi pembeda yang jelas dengan kanker otak. Aura adalah kondisi dimana munculnya kilatan cahaya putih dalam pengliatan atau mata penderita migrain. Kondisi aura tersebut tidak terjadi pada mereka yang mengalami kanker otak namun secara umum akan sama sama mengalami masalah pada penglihatannya. Kondisi munculnya aura tersebut menjadikan migrain merupakan salah satu penyebab kepala pusing saat melihat cahaya.

  • CT Scan

Cara untuk membedakan antara kanker otak dan migrain yang paling benar adalah dengan melakukan konsultasi serta pemeriksaan bersama dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Jika memang kondisinya tidak dapat diketahui maka pemeriksaan CT scan pasti akan dilakukan sehingga perbedaan kanker otak dan migrain dapat segera terlihat. Dilihat banyaknya kondisi yang serupa dari keadaan migrain dan kanker otak maka sebaiknya ketika mengalami beberapa gejala yang mengarah pada kanker otak, segera lakukan pemeriksaan degan dokter spesialis.

Itulah beberapa ulasang mengenai pengerian serta perbedaan migrain dan kanker otak yang dapat diketahui baik secara awam maupun membutuhkan pemeriksaan medis yang lebih jelas untuk menguatkan diagnosis. Beberapa kasus memang sering kali diketahui pada awalnya migrain dan berlanjutnya waktu berubah menjagi kanker otak yang dapat membahaya kondisi kesehatan bahkan menyebabkan kematian. Selalu menjaga kondisi tubuh dalam keadaan sehat akan membantu setiap orang untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan terutama yang dapat menyerang bagian kepala.

, , , , ,