Sponsors Link

Perbedaan Sakit Kepala Biasa Dan Sakit Kepala Berbahaya Yang Dapat Diketahui

Sponsors Link

Kepala menjadi bagian terpenting dalam tubuh manusia karena di daerah kepala terdapat organ organ penting dengan segala fungsinya yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia. beberapa bagian bagian kepala yang disebut sebagai organ penting tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan manusia, telingga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penglihatan, mulut sebagai pintu masuk awal makanan ke dalam sistem pencernaan, dan tentunya otak sebagai pusat sistem syaraf.

ads

Permasalahan pada daerah kepala tentu perlu menjadi perhatian serius karena adanya resiko terhadap organ organ penting yang disebutkan diatas. Setiap orang tentu pernah mengalami berbagai macam jenis permasalahan kesehatan pada daerah kepala mulai dari kondisi sakit kepala atau nyeri kepala ringan yang seringkali dikenal dengan keadaan pusing sampai dengan kondisi atau jenis sakit kepala lainnya yang perlu diwaspdai karena dampaknya yang buruk bagi kesehatan.

Sakit kepala ringan atau sakit kepala yang biasa dan jenis sakit kepala yang berbahaya tentu beda perlakuan dan cara mengatasinya. Untuk dapat mengatasi dengan benar dan menghindari dampak buruk bagi kesehatan maka perlu adanya pengetahuan terhadap kondisi sakit kepala biasa dan sakit kepala yang berpotensi menimbulkan dampak bahaya. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai perbedaan sakit kepala biasa dan sakit kepala berbahaya dan ulasan di bawah ini.

  1. Penyebab

Perbedaan sakit kepala biasa dan sakit kepala berbahaya dapat dilihat dari kondisi penyebabnya yang biasanya kondisi sakit kepala biasa akan lebih cepat terlihat jelas penyebabnya seperti karena cedera kepala, kelelahan, stres, dan lain sebagainya. Sedangkan kondisi sakit kepala berbahaya lebih rumit ditemukan penyebabnya dan membutuhkan beberapa proses pemeriksaan medis untuk mengatahui penyebab yang jelas. Beberapa kondisi sakit kepala yang berbahaya diantaranya seperti tumor atau kanker otak, pendarahan, trauma kepala berat, infeksi otak, dan lain sebagainya.

  1. Nyeri

Hampir semua jenis sakit kepala baik yang biasa ataupun berbahaya tentu akan menyebabkan munculnya rasa nyeri di kepala. Perbedaan sakit kepala biasa dan sakit kepala berbahaya yang dilihat dari kondisi nyeri tersebut dapat dibedakan jika kondisi nyeri yang ada cukup berat dan muncul secara tiba tiba dan dalam tempo atau frekuensi yang lama bisa jadi menadakan adanya kondisi sakit kepala berbahaya. Sakit kepala berbahaya juga dapat ditunjukan ketika sudah diberi obat penghilang nyeri namun kondisi nyeri tidak kunjung membaik yang berbeda dengan kondisi sakit kepala biasa.

  1. Gejala penyerta

Kondisi sakit kepala yang biasa  tentu tidak akan memiliki gejala penyerta dan lebih sering dapat sembuh dengan sendirinya. Berbeda dengan kondisi sakit kepala biasa, sakit kepala berbahaya akan disertai dengan beberapa kondisi gejala penyerta saat serangan sakit kepala terjadi. Beberapa gejala penyerta yang dapat muncul dari kondisi sakit kepala berbahaya diantaranya seperti demam, mual dan muntah, munculnya pembengkakan di kepala,nyeri disekitar mata yang merupakan gejala glaucoma akut, nyeri sekitar pelipis yang meurpakan gejala terjadinya temporal artritis, dan beberapa keadaan lainnya.

  1. Frekuensi dan kekuatannya

Kondisi sakit kepala biasa akan terjadi sangat jarang dan muncul karena kondisi tertentu seperti kelelahan, atau sedang stres. Keadaan sakit kepala berbahaya biasanya dapat dilihat dari frekuensinya yang berulang dan terus menerus dalam tempo yang berdekatan, serangan sakit kepalanya sangat hebat dengan waktu yang lama, dan beberapa kondisi yang cukup berat lainnya. Jika seseorang mulai merasakan kondisi sakit kepala terus menerus yang berulang, terjadi terus menerus terasa semakin hebat rasa sakitnya maka harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk dapat mendapatkan upaya pencegahan dan pengatasan secara medis yang tepat.

  1. Pemeriksaan medis

Untuk memastikan perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala yang berbahaya tentu harus dalam pemeriksaan yang tepat dan kompleks secara medis. Pemeriksaan yang lebih kompleks dan ketat serta mendetail perlu dilakukan ketika memang ada beberapa tanda kondisi sakit kepala yang terjadi pada seseorang merupakan keadaan yang tidak biasa. Beberapa bentuk pemeriksaan medis yang lebih lengkap diantaranya melalui proses MRI atau dengan CT Scan. Dengan proses MRI dan CT Scan tersebut maka selain dapat menentukan kondisi sakit kepala yang ada merupakan keadaan berbahaya atau tidak juga secara tidak langsung akan menentukan penyebab dari munculnya sakit kepala yang ada.

Itulah beberapa hal yang dapat dijelaskan sebagai perbedaan sakit kepala biasa dan sakit kepala berbahaya. Kondisi sakit kepala harus menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan mengingat adanya permsalahan pada kepala dan memberikan pengaruh buruk secara serius pada kesehatan seseorang bahkan menjadikan penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk lagi maka ketika ada tanda bahwa sakit kepala yang dirasakan merupakan kondisi berbahaya maka melakukan konsultasi dan pemeriksaan medis merupakan langkah yang paling tepat.

, , ,