Sponsors Link

Perbedaan Sakit Kepala dan Vertigo yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala? pada dasarnya orang yang merasakan sakit kepala, ia akan merasakan adanya nyeri pada kepalanya, ada yang terasa nyeri nya ringan dan adapula yang berat. Dan sakit kepala ini pada umumnya banyak jenisnya, hal tersebut tergantung pada penyebab, rasa sakit yang dirasakan, waktu kambuhnya, gejala yang menyertainya dan juga waktu penyembuhannya. Ada yang merasakan sakit kepala akibat dari mengkonsumsi sesuatu dan dirasakan sakit kepala terus menerus, dan adapula yang merasakan sakit kepala berdenyut adapula yang merasakan sakit kepala biasa. Dan disini kita akan bahas tentang perbedaan sakit kepala dan vertigo.

ads

Terkadang karena mempunyai gejala yang sama yaitu sama – sama merasakan adanya sakit kepala, maka terkadang pusing sakit kepala dengan vertigo dianggap sama, padahal pada vertigo, sakit kepala yang dialami terasa lebih berat dibandingkan dengan pusing biasa. Penyebab sakit kepala vertigo ini juga berbeda dengan sakit kepala biasa. Dan pada jenis sakit kepala vertigo ini juga pada penderitanya mengalami kesulitan dalam bergerak, dan vertigo ini bisa kambuh kapan saja tidak kenal waktu, berlangsungnya juga bisa berhari – hari bahkan tahunan. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, inilah beberapa tanda dan gejala sakit kepala vertigo :

  • Kepala terasa berputar tujuh keliling
  • Hilangnya keseimbangan pada penderitanya
  • Kesulitan berjalan atau berdiri akibat dari hilangnya keseimbangan tersebut
  • Mual muntah
  • Berkeringat
  • Pergerakan pada bola mata yang tidak normal, adanya pergerkan cepat pada bola mata
  • Nyeri hebat

Perbedaan sakit kepala dan vertigo

Dan jika dibedakan, maka sakit kepala biasa dan vertigo ini memiliki banyak perbedaan khusus, diantaranya yaitu :

      1. Waktu kambuhnya

Sakit kepala biasa waktu timbulnya biasanya tidak menentu, terkadang saat sedang kelelahan, terlalu lama menatap layar gadget atau komputer atau saat mengalami penyakit ringan tertentu seperti flu. Kalau vertigo, biasa kambuh pada waktu tertentu yang tidak pasti kapannya, kemudian nantinya akan hilang dan kemudian kambuh lagi beberapa saat setelahnya.

      2. Jenis rasa sakit

Pada jenis rasa sakit kepala biasa, pusingnya yang dirasakan lebih kepada pusing ringan dan tidak terlalu nyeri, sehingga biasanya pada penderitanya masih bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Sedangkan pada vertigo, jenis rasa sakitnya membuat orang tersebut merasakan berputar tujuh keliling, serta biasanya rasa sakit kepala lebih berat. Sehingga biasanya pada vertigo ini penderitanya harus beristirahat terlebih dahulu dan mengistirahatkan diri dari berbagai aktifitas yang biasa dilakukan.

      3. Gejala – gejala penyertanya

Pada sakit kepala biasa, gejala – gejala penyertanya biasanya tidak ada gejala lain yang menyertainya. Dan pada vertigo, banyak gejala penyertanya selain rasa sakit kepala, seperti, hilangnya keseimbangan tubuh, mual, muntah, mengeluarkan banyak keringat dan adanya pergerakan bola mata yang lebih cepat.

      4. Waktu penyembuhan

Proses penyembuhan pada sakit kepala biasanya lebih cepat dari vertigo. Namun, pada vertigo, biasanya akan memerlukan waktu untuk penyembuhannya. Tergantung dengan bagaimana cara kita untuk mengobatinya.

      5. Penyebab

Perbedaan sakit kepala dan vertigo selanjutnya yaitu, pada sakit kepala biasanya yang menjadi penyebabnya adalah adanya ketegangan pada otot seperti dikarenakan oleh salah dalam posisi duduk dan posisi tidur, selain itu juga sakit kepala bisa disebabkan karena kurang nya waktu tidur Anda. Kalau pada vertigo penyebabnya bisa karena adanya penyakit lain, seperti stres atau infeksi pada telinga. Dan pada vertigo yang sudah berat, bisa disebabkan oleh stroke, tumor atau adanya trauma berat pada kepala dan leher.

Dan pada sakit kepala vertigo agar lebih baik untuk segera mengobatinya ke dokter, agar diketahui apa penyebabnya. Dan jika penyebabnya serius, agar bisa segera teratasi sebelum semakin parah. Selain dengan pengobatan dokter kita juga dapat melakukan pencegahan diantaranya yaitu : cobalah untuk sebisa mungkin menghindari gerakan yang dilakukan secara tiba – tiba, hal ini untuk menghindari agar tidak terjatuh. Segeralah mengambil posisi duduk disaat vertigo menyerang, setelah itu, langsung berbaring dan mengambil posisi tidur yang nyaman. Gunakanlah bantal yang lebih tinggi agar saat tidur posisi kepala lebih tinggi. Cobalah untuk menggerakkan kepala secara perlahan atau bisa juga dengan melakukan senam leher. Namun, perlu diingat untuk menghindari kepala mengadah ke atas, berjongkok dan membungkukan badan. Bagi Anda yang juga memiliki penyakit meniere, batasi konsumsi garam Anda.

Itulah tadi beberapa perbedaan sakit kepala dan vertigo. Jangan pernah menyepelekan sakit kepala yang menyerang Anda, apalagi jika disertai dengan gejala – gejala tertentu, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Dan jangan lupa pula untuk senantiasa menjaga pola makan dan gaya hidup sehat Anda, untuk mencegah terjadinya sakit kepala pada diri Anda. Semoga bermanfaat!

 

 

 

, ,