Sponsors Link

Perbedaan Vertigo dan Darah Rendah

Sponsors Link

Anda mungkin pernah mengalami pusing yang  menyebabkan anda kehilangan keseimbangan yang kemudian diikuti perasaan mual dan muntah. Mungkin anda akan berasumsi bahwa yang anda alami adalah gejala vertigo atau darah rendah. Vertigo dan darah rendah memang memiliki ciri-ciri yang hampir mirip sehingga anda mungkin kesulitan membedakannya. Jalan terbaik untuk mengetahui gejala yang anda alami adalah berkonsultasi ke dokter.

ads

Sebenarnya meskipun gejala vertigo dan darah rendah cukup mirip namun ada perbedaan mendasar yang dimiliki keduanya. Rasa pusing yang terjadi pada gejala vertigo biasanya diikuti perasaan diri sendiri atau lingkungan berputar-putar, kehilangan keseimbangan, perasaan mual, dan ingin muntah. Untuk kasus vertigo yang disebabkan karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam, gejala vertigo ini biasanya diikuti dengan telinga yang berdengung.

Sementara itu, darah rendah biasanya ditandai dengan perasaan pusing, kepala terasa ringan dan mata berkunang-kunang,  perasaan mual dan jantung berdebar. Gejala lainnya biasanya muka penderita terlihat sangat pucat dan lemas. Gejala darah rendah ini biasanya dirasakan ketika penderita mengubah posisi duduk menjadi berdiri.

Agar anda bisa memahami perbedaan keduanya, di bawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai vertigo dan darah rendah.

Vertigo

Vertigo adalah gejala suatu penyakit yang ditandai dengan perasaan berputar-putar yang diikuti dengan perasaan pusing, mual dan ingin muntah.  Gejala vertigo dapat membuat penderitanya merasakan pusing dan sakit kepala hebat sehingga penderita kehilangan keseimbangan. Pada saat gejala ini menyerang, pendrita akan mengalami kesulitan berdiri dan berjalan, dan dalam kasus tertentu dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Vertigo ini paling sering disebabkan karena adanya kelainan pada telinga bagian dalam yang mengganggu mekanisme keseimbangan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya vertigo

  • Penyakit Meniere

Meniere adalah kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Penyakit ini disebabkan karena tidak normalnya cairan yang berada pada bagian dalam. Pada umumnya penyakit ini hanya dialami salah satu telinga saja. Penyakit menire ini dapat memicu gangguan keseimbangan sehingga dapat menimbulkan gejala vertigo. Selain itu penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami telinga berdengung, serta yang paling parah adalah kehilangan pendengaran.

  • BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo)

Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau BPPV merupakan salah satu penyebab utama vertigo. Vertigo yang muncul biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada bagian telinga yang berperan mempertahankan keseimbangan tubuh. Gejala vertigo biasanya muncul karena adanya perubahan posisi kepala secara mendadak.

  • Penyakit pada sistem saraf pusat

Saraf pusat merupakan bagian yang menjadi pengendali tubuh termasuk keseimbangan. Kelainan yang menyerang sistem saraf pusat dapat memicu gangguan keseimbangan tubuh sehingga dapat memunculkan gejala vertigo. Penyakit yang bisa menyebabkan trganggunya sistem saraf pusat diantaranya tumor otak, stroke, gangguan leher dan lain-lain.

Selain ketiga penyakit di atas, ada penyebab lain yang menyebabkan trjadinya vertigo seperti cedera kepala, gangguan penglihatan, dan migrain.

Gejala Vertigo

Vertigo ditandai dengan beberapa gejala. Gejala ini dapat berlangsung beberapa waktu. Dibawah ini adalah gejala-gejala vertigo secara umum.

  • Sensasi berputar
  • Pusing
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan keseimbangan
  • Keringat berlebih
  • Telinga berdngung

Jenis-jenis Vertigo

Secara umum, vertigo memiliki dua jnis yakni vrtigo periferal dan vertigo central. Berikut ini adalah penjelasan keduanya.

  • Vertigo Periferal

Vertigo periferal merupakan vertigo yang disebabkan karena adanya kelainan pada telinga bagian dalam. Telinga bagian tengah memiliki bagian yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan, sehingga dapat menimbulkan vertigo. Vertigo jenis ini tidak selalu terjadi karena gangguan pada organ pengontrol kseimbangan. Vertigo yang dialami bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada sistem pendengaran. Penyebab vertigo jenis ini diantaranya  vestibular neuronitis, penyakt Meniere dan BPPV.

  • Vertigo Central

Vertigo jenis ini merupakan vertigo yang berkaitan dengan adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Salah satu penyakit yang menyebabkan vertigo central adalah migrain. Selain itu, penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf seperti tumor otak, multiple sclerosis stroke juga menjadi penyebab munculnya vertigo jenis ini.

Darah Rendah

Tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan gejala mata berkunang-kunang, pusing, lemas dan muka pucat. Tekanan darah normal berkisar antara 90/60 dan 140/90. Hipotensi atau tekanan darah rendah ditandai dengan tidak normalnya atau rendahnya tekanan dalam arteri, yakni kurang dari 90/60. Tekanan darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan terbatasnya jumlah darah ke otak dan organ vital lain. Hal inilah yang menyebabkan kepala terasa pusing dan tubuh lemas serta tidak stabil.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan darah rendah, diantaranya adalah:

  • Cuaca

Salah satu penyebab tekanan darah rendah atau hipotensi adalah cuaca. Kondisi cuaca yang panas dapat menyebabkan tekanan darah menurun.

  • Gangguan hormon

Tekanan darah rendah juga bisa disbabkan karena adanya gangguan pada hormon. Beberapa penyakit dapat menimbulkan gangguan keseimbangan hormon seperti penyakit diabetes. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan terganggunya tekanan dalam darah.

  • Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana penedrita mengalami kekurangan hemoglobin dalam darah. Kondisi tersebut dapat membuat pnderitanya mudah merasa letih. Salah satu gejala anemia adalah tekanan darah yang rendah.

  • Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi disebabkan karena kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Seliain itu, cuaca yang sangat panas juga dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi juga menjadi salah satu pemicu tekanan darah rendah.

  • Efek Samping Obat-obatan

Salah satu penyebab hipotensi lainnya adalah efek samping dari obat yang dikonsumsi. Penggunaan obat seperti obat anti hipertensi dan obat diuretik dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah.

Selain hal-hal diatas, penyebab lain penyebab hipotensi diantaranya melemahnya kinerja jantung yang disebabkan penyakit pada jantung, penyakit saraf, serta berdiri terlalu lama.

Gejala-gejala Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan gejala-gejala tertentu. Gejala yang dialami biasanya membuat tubuh menjadi tidak stabil. Oleh karena itu akan lebih baik apabila anda segera duduk dan berhenti sejenak dari aktivitas anda apabila mengalami gejala hipotensi agar anda tidak terjatuh. Berikut ini adalah gejala-gejala hipotensi yang sering dialami.

  • Tubuh kehilangan keseimbangan
  • Pandangan berkunang-kunang atau kabur
  • Kepala terasa pusing
  • Lemas
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah
  • Berkeringat dingin
  • Wajah menjadi pucat
  • Kehilangan kesadaran atau pingsan

Vertigo dan Darah Rendah

Dari penjelasan-penjelasan di atas kita dapat mengetahui perbedaan-perbedaan dari tekanan darah rendah dan vertigo. Meskipun hampir mirip ada perbedaan gejala dari keduanya. Selain itu perbedaan keduanya bisa dilihat dari faktor penyebabnya. Darah rendah dan vertigo merupakan kondisi yang benar-benar berbeda sehingga faktor penyebabnya pun berbeda. Untuk mengetahui gejala-gejala yang anda alami apakah itu gejala vertigo atau darah rendah hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Hal ini juga membantu anda untuk melakukan tindakan pengobatan yang tepat.

Agar anda terhindar dari vertigo dan darah rendah maka anda wajib untuk memperhatikan tubuh dan kesehatan anda. Pola hidup yang sehat akan membantu anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup anda, konsumsi makanan-makanan sehat dan rutin berolah raga. Apabila anda menderita vertigo, anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu mengobati vertigo, misalnya kayu manis.

 

, , , ,