Sponsors Link

6 Fase Perkembangan Kepala Bayi Sejak dalam Kandungan

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian yang penting dan vital bagi tubuh manusia sehingga kondisi kesehatannya harus diperhatikan dengan baik. permasalahan pada kepala dapat menyebabkan berbagai macam bentuk gangguan tergantung dari jenis sakit kepala yang dialami. Sebagai contoh, kondisi pusing yang merupakan sakit kepala paling ringan saja sudah dapat menimbulkan kondisi yang cukup menganggu bahkan penderitanya sampai tidak dapat beraktivitas dengan normal dan banyak membutuhkan waktu istirahat.

ads

Kepala terdiri dari berbagai macam bagian yang setiap bagiannya memiliki fungsi tertentu bagi tubuh. Sebagian besar fungsi dari bagian bagian kepala tersebut sangatlah penting dan vital sehingga adanya kondisi gangguan dapat menyebabkan dampak besar pada aktivitas seseorang. Bagian kepala yang memiliki fungsi vital dan penting tersebut diantaranya seperti otak sebagai pusat kendali dan sistem saraf, mata, hidung, lidah, dan telingga sebagai panca indra, dan mulut sebagai awal masuknya makanan ke dalam tubuh.

Sebagai salah satu upaya untuk dapat selalu menjaga kondisi kesehatan kepala maka perlu adanya pemahaman terkait bagian bagian kepala dan proses perkembangannya sejak awal pada masa bayi hingga kepala sudah berbentuk dan berfungsi secara maksimal. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan membantu memahami pola pembentukan kepala maka dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai perkembangan kepala bayi sejak awal hingga dapat berfungsi sebagai mana mestinya dalam ulasan di bawah ini.

  1. Pasca Melahirkan

Kondisi perkembangan kepala bayi yang baru lahir sudah dimulai sejak bayi masih berupa janin di dalam kandungan. Setelah bayi terlahir, kepala bayi masih belum terangkai dengan sempurna serta hanya dilapisi oleh membran yang kuat. Kondisi kepala bayi yang masih belum terangkai dengan sempurna tersebut terjadi agar kepala dapat keluar lebih mudah menyesuaikan dengan bentuk dari jalan lahir pada rahim ibu. Karena kepala yang belum terangka sempurna maka tulang pada kepala bayi akan terlihat tumpang tindih sehingga dapat dirasakan berupa tonjolan yang dapat dirasakan oleh ibu tepatnya pada bagian bawah kepala. Perkembangan awal ini yang dapat menjadikan resiko permasalahan pada bentuk kepala bayi salah satunya lingkar kepala bayi kecil.

  1. Kepala mulai membulat

Pasca persalinan atau tepatnya 24 sampai 72 jam setelah bayi terlahir dari rahim ibu maka kepala bayi yang awalnya belum terangkai akan mulai membentuk menjadi bulat dan akan terlihat bentuk sempurnanya pada usia 6 minggu. Seiring bertambahnya usia bayi maka bentuk kepala akan semakin terlihat sempurna. Pada fase ini, ibu perlu memperhatikan peletakan kepala bayi agar tidak mempengaruhi bentuknya yang biasanya beresiko menimbulkan kondisi kepala bayi peyang. Ibu mungkin akan sedikit kaget ketika kepala bayi yang masih berusia 0 – 6 minggu memiliki bentuk kepala yang tidak sempurna, namun kondisi tersebut normal terjadi.

  1. Menutupnya ubun ubun

Selain bentuknya yang mulai membulat, salah satu bagian pada kepala bayi yakni ubun ubun akan mulai menutup pada usia 6 – 8 minggu tergantung pada individu masing maisng bayi. Ubun ubun secara definisi merupakan bagian dari tulang tengkorak kepala yang masih lembut dan tampak bergerak naik turun. Keberadaan ubun ubun pada kepala bayi ini bertujuan untuk membantu proses persalinan agar berlangsung lebih cepat terutama bagi yang persalinannya secara normal. Penyebab tempurung kepala bayi tidak menutup sempurna dapat terjadi dalam proses penutupan ubun ubun tersebut.

  1. Perkembangan otot kepala

Kepala bayi akan terus berkembang pasca proses persalinan hingga menunjukan kondisi sempurnanya sehingga ibu perlu untuk selalu memperhatikan bentuk perkembangan kepala yang terjadi pada bayi. Salah satu bentuk perkembangan yang juga mendukung kepala bayi adalah kemampuannya untuk leher bayi menahan atau menopang kepalanya sendiri secara bebas. Bayi yang mulai memasuki usia 3 – 4 bulan biasanya sudah memiliki kemampuan untuk menopang kepalanya sendiri secara mandiri. Bayi yang berusia diatas 1 tahun tentu akan memiliki kemampuan otot dalam menopang otak yang sudah sempurna.

Sponsors Link

  1. Kemampuan otak bayi

Dalam prosesnya, pada awal kelahiran bayi tentu kemampuan otaknya yang berkaitan dengan sensorik, motorik akan terbentuk secara bertahap dengan jalan mempelajari kondisi di sekelilingnya. Untuk meningkatkan kemampuan otak pada bayi tentu perlu ada upaya pembelajaran dari orang tua terhadap bayinya tersebut. Kemampuan otak bayi akan terus berkembang dengan cepat ketika pola pengasuhan anak ditetapkan dengan benar dan kondisi individu anak itu sendiri memang memiliki keinginan untuk belajar.

  1. Bentuk kepala

Bentuk kepala bayi akan mengalami banyak perubahan sejak dalam kandungan dan pasca melahirkan. Bentuk kepala bayi juga akan selalu mengalami perubahan yang penting untuk memberikan pemahaman lebih pada penonton. Bentuk kepala bayi mulai dari pasca kelahiran akan terus terbentuk secara detail. Pada usia 12 – 18 bulan terkadang bentuk kepala bayi tidak proporsional dengan tubuhnya yakni terlihat lebih besar kepala dibandingkan badan bayi. Pada usia 18 bulan keatas maka bagian lunak yang terdapat pada kepala bayi akan menutup secara sempurna. Otak bayi pada usia ini juga sudah mengalami pertumbuhan cepat, inovasi minumnya, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perkembangan kepala bayi sejak terlahir hingga semakin dewasa. Pada penjelasan diatas diketahui bahwa kepala bayi yang baru lahir akan lunak demi menyesuaikan dengan jalan lahir dan pastinya akan terus berkembang menjadikan kepala dalam kondisi yang memiliki bentuk benar. Pada proses perkembangan dan pembentukan kepala bayi tersebut tentu kondisi bagian kepala akan sangat rentan mengalami berbagai macam ancaman dari lingkungan disekitar. Pada usia 18 bulan keatas, kondisi kepala bayi tentu sudah lebih terbentuk dengan sempurna. Pada usia 18 bulan itupun otak yang terdapat didalam kepala juga akan tubuh hingga sebesar 70% dari kemampuan dan ukuran otak orang dewasa. Ada banyak permasalahan pada perkembangan kepala bayi salah satunya tengkorak kepala bayi bergelombang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi