6 Pilihan Obat Vertigo Generik yang Biasa Diresepkan Dokter

Siapa yang tidak mengenal gejala vertigo? Pasti semua orang akan merasakan kebingungan disaat vertigo melanda diri kita, teman ataupun saudara kita. Tindakan yang dirasa tepat dan terbaik dalam membantu mengatasi dan mengobati gejala vertigo adalah dengan cara memberikan obat vertigo generik. Baik yang bias dibeli di apotik secara bebas ataupun resep khusus dari dokter. Lantas, apa sebenarnya gejala vertigo itu sendiri? Vertigo sendiri merupakan istilah dalam dunia klinis untuk menggambarkan gejala yang berupa sensasi berputar, baik pada diri sendiri ataupun pada lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, gejala vertigo ini pada kenyataannya dapat menggangu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Gejala vertigo biasanya ditengarai dengan munculnya beberapa gejala yang lain seperti, telinga terasa berdenging, munculnya keringat dingin pada tubuh, menurunnya tingkat kesadaran, adanya gangguan penglihatan dan pendengaran serta mata yang bergerak secara tidak wajar. Gejala vertigo tentu berbeda dengan gejala sakit kepala. Saat gejala vertigo tiba-tiba melanda, anda tidak perlu khawatir. Ada pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan membeli obat obat vertigo secara bebas di apotik terdekat. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya apabila kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab vertigo itu sendiri.

Gejala vertigo biasanya disebabkan karena cara kerja bagian telinga sedikit bermasalah dalam upaya mengatur keseimbangan dalam tubuh. Biasanya juga disebabkan pada bagian otak, ataupun gerak kepala yang bisa menimbulkan gejala vertigo. Beberapa penyebab vertigo secara umum adalah

• Sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan migrain
  • Labirintis merupakan gejala infeksi yang terjadi pada bagian oragn dalam telinga, sehingga dapat mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan tubuh.
  • BPPV atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang menyebabkan gejala vertigo saat posisi kepala berubah.
  • Maniere adalah gangguan yang terjadi pada telinga yang disebabkan oleh cairan yang menumpuk serta perubahan tekanan pada bagian dalam organ telinga.
  • Dehidrasi juga mengakibatkan munculnya gejala vertigo.
  • Kekurangan vitamin D.
  • Terlalu banyak meminum alkohol.

Dengan memaham penyebab yang ada, penderita vertigo kebanyakan akan mendapatkan obat yang diresepkan oleh dokter. Obat vertigo generik menjadi pilihan dalam mengatasi salah satu jenis sakit kepala tersebut. Beberapa alternative obat vertigo generik yang dijual diapotik secara bebas adalah sebagai berikut,

1. Benzodiazepin

Benzodiazepin adalah zat yang digunakan untuk membantu meringankan dan merilekskan otot otot yang ada pada sekitar telinga dan sekitarnya guna untuk membantu meringankan gejala vertigo disaat melanda. Obat – obat dengan kandungan jenis ini juga memiliki efek hipnotik, melemaskan saraf-saraf otot, digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan anti kejang. Obat vertigo dengan menggunakan jenis bahan ini antara lain diazepam, klonazepam dan lorazepam. Efek samping yang dihasilkan dari penggunaan obat ini adalah tubuh menjadi gemetar, penglihatan menjadi kabur, gangguan keseimbangan tubuh, bingung hingga munculnya rasa depresi.

1. Antikolinergik

Antikolinergik merupakan golongan obat vertigo yang pertama digunakan pada pengobatan vertigo. Kandungan jenis bahan ini berfungsi untuk mempengaruhi fungsi saraf, yaitu dengan memberikan efek relaksasi pada saraf tubuh sehingga gejala vertigo dapat berkurang. Efek samping dari jenis kandungan bahan ini adalah mulut akan terasakering, gangguan pada penglihatan yang menjadi kabur, timbul bercak-bercak merah pada tubuh, peningkatan suhu badan, hingga sulit untuk dapat buang air kecil dan besar. . Jenis obat yang biasa dipakai dengan menggunakan kandungan bahan ini adalah  skopolamin dan homatropin.

1. Antidopaminergik

Antidopaminergik merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi rasa mual muntah disaat vertigo melanda. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain domperidon dan metoklopramid. Efek samping dari penggunaan jenis bahan ini adalah salah satunya dapat menimbulkan hipotensi.

1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat vertigo yang paling sering diresepkan oleh dokter. Selain itu, bahan antihistamin ini berfungsi untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang bekerja dengan cara memblokir zat histamine yang diproduksi oleh tubuh. Zat histamine ini sendiri juga berfungsi untuk melawan virus-virus yang masuk kedalam tubuh manusia. Kandungan bahan ini memberikan efek yang dapat mengurangi rasa sakit saat vertigo melanda. Obat ini juga bekerja untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan. Nama obat vertigo pada golongan ini yang sering dipakai dan dijual bebas di apotik adalah meklozin, siklizin, difenhidramin, prometazin dan dimenhidrinat. Efek samping dari penggunaan jenis bahan ini dapat menyebabkan mengantuk, penglihatan menjadi kabur, nyeri perut hingga susah untuk buang air kecil.

1. Antagonis Kalsium

Golongan obat anti vertigo ini bekerja pada resptor daerah vestibuler dan menghambat ion kalsium yang masuk ke dalam sel. Berguna untuk dapat memberikan efek penekanan sehingga vertigo dapat berkurang. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai dan dijual secara bebas di apotik adalah sinarizin dan flunarizin. Selain itu, efek samping yang dihasilkan dari penggunaan jenis bahan ini adalah merasakan mual, mengantuk, pembengkakan pada kaki bagian bawah, hingga jantung berdebar.

1. Histaminergik

Cara kerja pada obat golongan ini adalah dengan memberikan efek vasodilatasi pada pembuluh darah telinga tengah. Kemudian, ia akan membantu memperbaiki pada sistem peredaran darah area vestibuler. Obat vertigo pada golongan ini yang biasa dijual bebas di apotik adalah betahistin dan interhistin. Obat tersebut harus dibeli dengan resep dokter.

Itulah sedikit penjelasan mengenai vertigo serta obat vertigo generik yang bisa ditemukan di apotik terdekat. Semoga artikel ini bias memberikan manfaat dan tentunya bias segera menangani apabila kita sendiri, pribadi ataupun teman mengalami gejala vertigo.

Kategori : Pengobatan