Sponsors Link

4 Posisi Bantal untuk Vertigo Saat Tidur

Sponsors Link

Vertigo menjadi salah satu keadaan ketika rasa pusing menyerang dengan sangat kuat dan tiba-tiba. Biasanya penderita tidak bisa membedakan apakah ini termasuk sakit kepala biasa atau tidak. Namun vertigo selalu berbeda karena disertai dengan beberapa gejala seperti sakit kepala yang sangat parah, sensasi melayang saat membuka mata, berputar, pandangan kabur dan sampai mual atau muntah. Gejala ini biasanya muncul saat bangun tidur sehingga terkadang mengejutkan. Karena itu bagi yang sudah menderita vertigo harus mengatur posisi tidur yang tepat dengan letak bantal yang tepat. Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai posisi bantal untuk vertigo saat tidur.

ads

1. Dua bantal tipis dua disusun

Vertigo memang akan menyebabkan sakit kepala terus menerus dan sangat mengganggu aktifitas. Termasuk ketika tidur karena sensasi yang melayang membuat penderita merasa takut untuk tidur. Ketika bangun tidur maka biasanya akan terasa sangat sakit sehingga berbahaya kalau sampai jatuh dari tempat tidur. Untuk mengatasi ini maka sebaiknya menggunakan dua bantal yang tipis kemudian disusun. Ketebalan bantal ini sangat baik untuk membantu agar aliran darah dari kepala ke jantung dan bagian tubuh lain lebih sempurna. Posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh bisa membuat gejala vertigo saat bangun tidur lebih ringan.

2. Bantal tinggi dari puncak kepala menurun sampai leher

Cara yang kedua adalah membuat bantal memiliki posisi paling tinggi dari kepala kemudian menurun sampai ke leher. Jadi jika dilihat maka posisi banyak menurun sampai leher dimana posisi ini bisa mengatasi sakit kepala berdenyut hebat saat vertigo kambuh. Kemudian juga bisa bermanfaat untuk melakukan latihan manuver epley setelah bangun tidur.

Manuver epley bisa dilakukan dengan cara:

  • Cobalah untuk duduk di tepian kasur kemudian putar ke kepala ke kanan atau ke kiri sesuai sumber vertigo yang muncul.
  • Lalu letakkan bantal pada bagian bawah kepala sehingga bantal tepat ada di bahu.
  • Berbaringlah selama kurang lebih 30 detik kemudian putar tubuh ke arah berlawanan dari posisi semula.
  • Setelah itu duduklah dengan perlahan dengan bagian kepala dan punggung bersandar di tepi tempat tidur.

3. Posisi bantal setengah duduk

Anda juga bisa merubah posisi bantal menjadi setengah duduk ketika vertigo mulai kambuh. Merubah posisi ini bisa menjadi penanganan vertigo di rumah yang bersifat darurat. Posisi ini bisa dilakukan ketika mau tidur atau ketika vertigo muncul secara mendadak. Cara ini akan membantu agar aliran darah dari kepala ke jantung kemudian ke tubuh bawah mengalir dengan sempurna. Setelah itu ketika aliran darah sempurna dan kembali ke jantung maka biasanya gejala vertigo akan pulih dan Anda bisa bangun tidur dengan nyaman.

4. Posisi bantal melingkar

Posisi bantal melingkar juga sangat penting untuk mencegah serangan vertigo saat tidur. Bantal ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang melindungi bagian kepala dan leher. Hal yang menguntungkan dari bantal ini adalah bisa digunakan untuk menyangga bagian leher kiri sampai telinga dan juga bagian kanan. Dengan posisi ini juga akan melindungi sensasi kepala pusing sampai melayang karena tidak ada penumpukan aliran darah pada bagian kepala.

Vertigo dan waktu tidur memang memiliki hubungan yang sangat kuat. Inilah yang menyebabkan serangan vertigo kebanyakan terjadi setelah bangun tidur atau saat tidur. Bahkan penderita bisa bangun karena merasa serangan vertigo yang sangat kuat. Untuk itu penderita vertigo sebaiknya mencoba beberapa tips dibawah ini agar bisa tidur nyenyak.

1. Terapi setelah bangun tidur

Sebenarnya cara tidur orang vertigo memang harus dilakukan dengan tepat. Untuk membantu mendapatkan posisi yang nyaman maka penderita bisa melakukan terapi setelah bangun tidur atau sebelum bangun tidur. Caranya adalah dengan melatih sensor syaraf pada bagian dalam telinga yang biasanya tidak seimbang ketika vertigo menyerang. Latihan dilakukan dengan miring ke kanan dan ke kiri secara perlahan. Kebiasaan ini dipercaya bisa memperbaiki kualitas tidur penderita vertigo.

2. Tidur dengan posisi telentang

Penderita vertigo sebaiknya memang tidur dengan posisi telentang. Posisi ini bisa mencegah masalah penumpukan cairan pada otak yang bisa membuat serangan vertigo terjadi dengan cepat setelah bangun tidur. Jika sudah bisa tidur dengan nyenyak maka bisa miring ke kanan atau ke kiri namun harus dilakukan perlahan. Kemudian saat akan merubah posisi maka tidur telentang dulu selama beberapa menit baru kembali ke posisi yang diinginkan terasa nyaman. Karena itu memang penting untuk memilih bantal yang tepat.

Sponsors Link

3. Tidur dengan kepala lebih tinggi

Posisi tidur lain yang bisa membantu agar serangan vertigo tidak memburuk adalah dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Anda bisa memilih bentuk bantal yang sesuai sehingga otot leher bisa ditopang dengan baik dan bahu lebih nyaman. Jenis bantal ini bisa dipilih yang sesuai atau sudah jadi. Saat posisi kepala lebih tinggi maka bisa mengurangi sakit kepala karena aliran darah yang lebih sempurna. Detak jantung juga menjadi lebih teratur sehingga tidak terasa terlalu pusing saat bangun tidur.

4. Selalu bangun tidur dengan pelan

Orang yang menderita vertigo sebaiknya juga harus  bangun tidur dengan cara yang lebih pelan. Tidak boleh langsung bangun karena bisa membuat serangan berputar menjadi lebih parah. Jadi lebih baik untuk bangun dengan lambat, miring ke kanan atau ke kiri kemudian baru bangun. Cara bangun juga harus dimulai dengan menegakkan punggung di tepi tempat tidur, biarkan selama beberapa menit dan akhirnya baru bangun.

5. Tidak kurang tidur

Penderita vertigo biasanya memang akan merasa takut untuk tidur karena trauma dengan serangan saat tidur. Namun jika kurang tidur maka biasanya justru akan membuat kondisi yang lebih parah. Jadi langkah yang paling tepat adalah dengan mencukupi waktu tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Biasakan untuk tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu. Jika cukup tidur dan tubuh bisa istirahat maka serangan vertigo bisa berkurang.

Itulah beberapa posisi bantal untuk vertigo saat tidur dan tips untuk tidur saat vertigo. Jika Anda sudah melakukan beberapa cara tersebut dan serangan vertigo masih terjadi maka segera hubungi dokter Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup