Sponsors Link

Penyebab Psoriasis Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh penting yang terdiri oleh berbagai macam bagian dengan peran dan fungsinya masih masih. Bagian bagian kepala sangat berperan penting bagi proses keberlangsungan hidup manusia sehingga harus mampu untuk selalu dijaga agar tidak mengalami permasalahan kesehatan baik yang ringan maupun kondisi yang sangat berat. Bagian kepala yang penting tersebut diantaranya seperti mata, kuping, telingan, mulut, otak, hingga rambut dan tulang tengkorak.

ads

Permasalahan pada kepala seringkali lebih mengarah pada kondisi sakit kepala atau nyeri di kepala yang dapat dipicu oleh berbagai hal dan dampaknya tergantung seberapa besar masalah yang muncul. Selain permasalahan yang berkaitan dengan kondisi sakit di kepala, masalah lain yang juga dapat muncul pada salah satu bagian pada kepala adalah bagian rambut yang menjadi mahkota kepala dengan fungsi memberikan bentuk indah serta melindungi bagian kepala dari perubahan iklim dan cuaca.

Permasalahan pada rambut dapat terjadi pada bagian rambut itu sendiri maupun lebih fokus pada bagian kulit kepala yang merupakan salah satu jenis sakit kepala. Kondisi permasalahan pada bagian kulit kepala yang dapat terjadi salah satunya adalah psoriasis. Untuk dapat mengatasi maupun mencegah terjadinya kondisi psoriasis tersebut maka diperlukan pemahaman yang lebih dulu terkait bagian yang ditangani. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai penyebab psoriasis kulit kepala dan cara yang bisa dilakukan dalam mengatasinya.

Secara definisi, psoriasis adalah peradangan pada bagian kulit tertentu yang ditandai dengan kondisi ruam kulit, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Psoriasis kulit kepala tentu merupakan sebutan untuk kondisi psoriasis yang terjadi pada bagian kulit kepala yang ditandai salah satunya dengan kulit kepala mengelupas dan berdarah. Psoriasis dapat terjadi pada usia 15 – 35 tahun dan bukan hanya menyerang kulit kepala saja namun juga dapat terjadi pada kulit lainnya seperti siku, lutut, punggung bagian bawah, dan luhut. Kondisi psoriasis dapat dikenali dengan beberapa gejala diantarnaya seperti :

  • Gejala ketombe, psoriasis pada kulit kepala sering diawali dengan gejala ketombe dimana akan terjadi pengelupasan kulit kepala, kulit yang gatal dan kulit menjadi kering.
  • Bercak bersisik, munculnya bercak bersisik merah dan tidak merata juga merupakan gejala awal terjadinya kondisi psoriasis. Selain bercak bersisik tanda lain yang juga akan muncul adalah rambut yang mengalami kerontokan.
  • Beberapa gejala lain, seperti persendian yang bengkak dan kaku, kulit kering dan pecah pecah, kulit yang terasa seperti menebal, dan munculnya bintik bintik merah.

Kondisi gejala psoriasis pada kulit kepala tersebut perlu dikenali dengan baik dan dapat terjadi akibat beberapa keadaan yang memang merupakan penyebab munculnya kondisi psoriasis pada bagian kulit kepala. Kondisi gejala yang disebutkan diatas mungkin dapat dipelajari bersamaan dengan pembahasa penyebab psoriasis kulit kepala. Beberapa penyebab terjadinya psoriasis kulit kepala tersebut diantaranya seperti :

  • Faktor keturunan, penyebab munculnya kondisi psoriasis kulit kepala memang belum banyak diketahui dengan pasti dan gamblang secara jelas namun dapat faktor utama yang seringkali menyebabkan seseorang mengalami kondisi tersebut adalah karena faktor keturunan yang sebelumnya memiliiki riwayat sama.
  • Gangguan fungsi imunitas tubuh, psoriasis merupakan salah satu kondisi penyakit autoimun yang menyebabkan fungsi imunitas berubah. Sel limfosit T yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh yang akan muncul untuk melawan dan mendeteksi adanya benda asing seperti virus, bakteri, dan lainnya. Gangguan fungsi imunitas menjadikan sel T menyerang sel kulit yang sehat sehingga memicu psoriasis.
  • Resiko tinggi psoriasis, beberapa orang memiliki resiko lebih tinggi mengalami psoriasis dibandingkan orang lain. Beberapa orang yang memiliki resiko tinggi tersebut diantaranya seperti adanya luka pada kulit kepala, konsumsi alkohol dan merokok, stres, serta stress.

Ketiga faktor penyebab tersebut merupakan keadaan yang selama ini dapat menimbulkan terjadinya psoriasis meskipun belum pasti juga penyebab yang ada. Ketika muncul kondisi psoriasis tersebut maka tentu akan menyebabkan keadaan yang tidak mengenakan pada kulit kepala yang dapat terjadi terus menerus. Untuk mengatasi kondisi psoriasis tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya seperti :

  • Menjaga pola kebersihan rambut, hal pertama yang harus dilakukan bagi penderita psoriasis adalah menjaga pola kebersihan rambut sehingga tidak mudah kotor dan kotoran yang sudah dapat dibersihkan oleh petugas yang ada. Membersihkan rambut dapat menggunkaan merk shampo untuk psoriasis.
  • HIndari cedera pada kulit kepala, langkah selanjutnya yang juga merupakan bagian dalam cara mengatasi kondisi psoriasis adalah menghindarikan kulit kepala dari sinar matahari langsung maupun beberapa gejala sosis yang dibuatnya.
  • Pemeriksaan medis, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan kondisi penyebab dan melakukan konsultasi dengan dokter terkait gejala psoriasis yang terjadi. Dokter tentu akan melakukan serangkaian pemeriksaan sebelum menentukan jenis terapi dan pengobatan yang dilakukan.
  • Terapi medis, setelah menjalani proses pemeriksaan medis maka langkah selanjutnya adalah menjalani terapi medis menggunakan obat obatan tertentu seperti obat penurun kekebalan tubuh, antihistamin untuk mengatasi gejala yang ada, pengobatan menggunakan asam salisilat, antibiotik jika memang ada infeksi, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi gejala, penyebab, dan cara mengobati psoriasis kulit kepala yang perlu diperhatikan dengan baik. Psoriasis dan ketombe seringkali membingungkan dan sulit untuk dibedakan. Ketombe dan psoriasis dapat dibedakan dari kondisinya, dan penyebab munculnya. Psoriasis memiliki permasalahan yang lebih detail dan kompleks dibandingkan dengan ketombe serta tentu akan berlangsung terus dan menjadi lebih parah sedangkan ketombe lebih mudah untuk diatasi. Kondisi psoriasis kulit kepala harus menjadi salah satu prioritas untuk segera diatasi agar tidak menyebabkan kondisi bermasalah lainnya.

, ,