Sponsors Link

Pusing Berkunang-kunang : Penyebab dan Cara Menghilangkan

Sponsors Link

Sakit kepala menurut rasa sakit nya memang berbeda – beda, ada sakit kepala terus menerus namun tidak terlalu nyeri, ada sakit kepala berdenyut hebat meskipun jarang timbulnya dan ada pula sakit kepala berkunang – kunang atau berputar tujuh keliling. Semua itu terjadi karena penyebab sakit kepala itu pun berbeda – beda. Pada jenis pusing yang berkunang – kunang, bisa jadi penyebabnya karena kurangnya istirahat atau makanan, namun bisa juga karena adanya suatu penyakit tertentu.

ads

Pusing berkunang-kunang ini memiliki berbagai macam penyebab yaitu diantaranya yaitu :

1. Vertigo

Penyebab yang pertama yaitu, vertigo. Vertigo ini merupakan sakit kepala dengan sensasi berputar atau berkunang – kunang yang biasa menjadi penyebabnya yaitu karena hilangnya keseimbangan, hal ini terjadi karena adanya masalah pada bagian telinga bagian dalam.

2. Kurang istirahat atau tidur

Pada saat seseorang kurang dalam waktu istirahat dan juga waktu tidurnya, hal tersebut membuat kinerja organ tubuhnya bekerja tidak maksimal dan mengalami kelelahan. Sehingga hal tersebut menyebabkan orang tersebut mengalami kekurangan dalam pasokan oksigen dalam otak yang menyebabkan timbulnya pusing berkunang-kunang.

3. Tekanan darah rendah (Hipotensi)

Pada saat seseorang mengalami tekanan darah rendah, tekanan darah yang dipasok ke arteri mengalami penurunan, sehingga hal tersebut berdampak pada kurangnya darah yang dipasok ke otak yang menyebabkan timbulnya sakit kepala dan juga kepala terasa berkunang – kunang.

4. Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Pada orang yang mengalami darah tinggi pembuluh darahnya mengalami penyempitan sehingga aliran darah yang mengalir tidak lancar dan menyebabkan otak mengalami kekurangan darah juga oksigen, sehingga dampaknya adalah kepala menjadi pusing disertai mata berkunang – kunang.

5. Dehidrasi

Seperti telah kita ketahui bahwa tubuh kita ini sebagian besarnya adalah air, 60 persen dari tubuh kita ini adalah air, sehingga jika tubuh kekurangan cairan maka tentunya hal tersebut dapat membawa dampak negatif bagi tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan maka asupan oksigen dalam tubuh pun berkurang termasuk pada otak. Dan otak yang memiliki pasokan oksigen yang kurang akan memberikan sinyal yaitu berupa rasa pusing yang berkunang – kunang sebagai tanda tubuh kekurangan cairan dan oksigen.

6. Migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang terjadi pada bagian-bagian kepala tertentu saja dan biasanya hanya pada satu sisi kepala saja. Pada saat migrain Anda akan merasakan nyeri kepala hebat dan kepala berkunang – kunang.

7. Stres

Orang yang sedang banyak pikiran sehingga mengalami stres, bagian pada otot dan saraf – saraf kepala nya akan menegang dan juga pada saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang berlebih, yang mana hormon kortisol ini merupakan hormon yang dapat merusak organ – organ tubuh, sehingga pada orang yang mengalami stres ia cenderung akan merasakan pusing dan juga beberapa gejala lainnya.

8. Infeksi pada telinga

Pada saat seseorang mengalami infeksi pada telinga ia akan merasakan kepala berkunang – kunang. Hal ini disebabkan karena saraf pada telinga tersebut berhubungan langsung dengan saraf yang ada di kepala. Sehingga ketika telinga Anda sedang mengalami masalah maka otak akan memberikan sinyal sehingga timbullah rasa pusing yang berkunang – kunang.

Sponsors Link

Pusing berkunang-kunang tentunya sangatlah mengganggu aktifitas harian Anda, oleh karena itu disini akan ada beberapa tips cara menghilangkannya:

  1. Kurangi stres dan rasa cemas Anda : Karena stres dapat membuat timbulnya pusing dan semakin memperparah kondisi Anda, oleh karena itu cobalah untuk mengelola stres Anda dengan melakukan hal apapun yang Anda sukai atau Anda dapat pula melakukan hobi Anda.
  2. Rutin berolahraga: Cara menghilangkan selanjutnya yaitu dengan berolahraga secara rutin. Berolahraga mampu melancarkan peredaran darah Anda. Selain itu dengan berolahraga juga mampu memproduksi hormon yang dapat memicu timbulnya rasa bahagia. Sehingga tidak hanya kepala berkunang – kunang Anda yang sembuh, stres Anda pun dapat pula teratasi.
  3. Perbanyak minum air putih: Dengan banyak mengkonsumsi air putih atau mencukupi kebutuhan air Anda aliran darah dalam tubuh Anda pun dapat mengalir dengan lancar. Selain itu juga dapat mencegah dari dehidrasi yang juga menjadi penyebab pusing disertai kunang-kunang.
  4. Hindari konsumsi minuman berkafein dan minuman beralkohol: Sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi minuman berkafein dan juga minuman beralkohol karena minuman tersebut mampu menambah parah rasa pusing Anda.
  5. Meningkatkan konsumsi buah dan juga sayur – sayuran: Seperti telah kita ketahui bahwa pada buah dan juga sayur – sayuran kaya akan kandungan nutrisinya dan juga kaya akan kandungan air. Sehingga sangat baik bagi Anda yang sedang mengalami sakit kepala.
  6.  Memberikan pijatan pada bagian kepala
  7.  Menjaga pola makan sehat
  8.  Menjauhi rokok

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara menghilangkan pusing berkunang-kunang. Semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan