Pusing, Mual, Mencret Gejala Apa? Bagaimana Penanganannya?

Pusing, mual, mencret gejala apa? Mungkin Anda semua pernah mengalami gejala tersebut, yang tentunya dapat mengganggu aktifitas Anda. Badan menjadi lemas letih dan tidak bertenaga. Gejala ini merupakan tanda gejala dari diare atau bisa juga karena adanya gangguan atau infeksi pada usus atau saluran pencernaan.Pada kasus infeksi saluran cerna yang disebabkan yang disebabkan oleh bakteri ini merupakan awal mula penyebab timbulnya diare.

Diare

Penyebab pertama pusing mual mencret yang sedang melanda adalah diare. Mencret Anda alami selama lebih dari 3 kali perharinya dan dengan konsistensi tinja yang encer. Kondisi diare atau mencret yang lebih 3 kali dalam sehari ini, merupakan suatu mekanisme alami dalam tubuh Anda, guna mengeluarkan kuman dan juga bakteri dari dalam saluran pencernaan atau usus Anda. Oleh karena itu, biasanya obat diare yang Anda minum biasanya tidak langsung menhentikan diare, namun yang lebih utama adalah mengganti dahulu cairan tubuh yang hilang, agar tidak terjadi kekurangan cairan pada tubuh Anda, setelah itu jika bakteri dalam usus atau saluran pencernaan Anda sudah hilang, baru akan menghentikan diare tersebut.

Penyebab diare ini biasanya bermacam – macam, bukan hanya karena bakteri saja, diantaranya yaitu : karena keracunan makanan, radang usus, iritasi usus, stres, Intoleransi laktosa atau fruktosa, alkohol yang berlebihan,dan kanker usus. Dan gejala dari penyakit diare ini yaitu, bab yang encer sebanyak lebih dari 3 kali dalam sehari, sakit perut, sakit kepala atau pusing, nyeri otot dan sakit kepala disertai mual dan keringat dingin.

Penanganan atau cara mengatasi diare ini yaitu diantaranya adalah :

• Anda harus sesegera mungkin untuk memberikan larutan oralit pada tubuh Anda. Anda dapat menggunakan larutan oralit yang biasa dijual di apotek – apotek, yaitu yang berbentuk kemasan dan Anda tinggal menyeduhnya dengan air hangat. Atau bisa juga Anda membuat larutan tersebut sendiri. Caranya yaitu, campurkan 1 sendok teh gula dengan 1/4 sendok teh garam, kemudian dilarutkan dengan air hangat. Dan minumlah larutan tersebut setiap kali sehabis Anda buang air besar atau muntah.
  • Perbanyak minum air putih
  • Makanlah dengan porsi kecil tapi sering.
  • Selama diare, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang lunak yang mudah dicerna.
  • Sebisa mungkin ketika Anda diare, jauhi makanan pedas, berlemak berminyak, asam serta bergas.
  • Hendaklah untuk tidak lupa selalu menjaga kebersihan makanan dan juga minuman yang Anda konsumsi.
  • Menghindari minuman mengandung kafein dan juga alkohol
  • Mencoba menenangkan pikiran serta menghindari stres dan berbagai penyebabnya.

Gastroentritis

Jawaban dari pertanyaan, pusing mual mencret gejala apa? selanjutnya adalah gastroentritis. astroentritis ini adalah suatu kondisi peradangan atau terjadinya infeksi pada lambung dan juga usus, akibat dari kuman atau bakteri, dan bisa juga karena virus. Dan pada dasarnya gastroentritis ini adalah dampak jangka panjang dari diare. Pada diare, usus atau saluran pencernaan baru terpapar oleh virus atau bakteri, namun pada kasus gastroentritis ini usus atau saluran pencernaan Anda sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Gejala dari gastroentritis ini adalah nyeri perut, mual muntah, sakit kepala, mencret atau diare, dan terkadang seseorang tersebut akan mengalami demam. Dan gastroentritis ini dapat  menular atau menyebar melalui kontak di ruangan tertutup seperti, ruang perwatan kelas, ruang kelas atau bisa pula melalui makanan dan juga minuman. Baca juga mengenai Cara mengatasi pusing karena asam lambung

Penyebab dari gastroentritis ini macam-macam, diantaranya yaitu : rotavirus, norovirus, dan bakteri seperti bakteri E.Coli dan juga Salmonella. Yang biasanya menyebar melalui, benda – benda atau makanan yang sudah terkontaminasi, pada daging unggas yang sudah matang, hewan unggas yang masih hidup, dan telur.

Penanganan pada gastroentritis ini pada dasarnya hampir sama dengan penanganan pada diare, karena memang gejala nya pun hampir sama. Namun, pada gastroentritis ini lebih baik bagi Anda untuk mengkonsultasikannya langsung ke dokter Anda. Karena pada gastroentritis infeksi sudah terjadi pada pencernaan dan usus Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan penanganan serta pengobatan yang tepat.

Itulah tadi beberapa penyebab dari gejala pusing, mual dan mencret. Serta berbagai penanganannya, sehingga dapat mencegah dari sakit kepala terus menerus dan juga penyakit saluran pencernaan serius lainnya.

, ,