Sponsors Link

Rambut Rontok Berlebihan Pertanda Apa? Berikut Penjelasannya

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dan vital bagi keberlangsungan hidup dan aktivitas manusia. Bagian-bagian kepala yang memiliki peran penting tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung yang berperan sebagai indera penciuman dan awal masuknya sistem pernafasan, kuping sebagai indera pendengaran, lidah sebagai indera perasa, mulut sebagai sistem pencernaan awal, serta yang paling utama adalah otak sebagai pusat kendali tubuh dan saraf manusia.

ads

Pentingnya peran bagian bagian tersebut menjadikan kepala terlindungi oleh tulang tengkorak yang kuat dan memiliki recovery lebih cepat dibanding tulang lain serta adanya rambut yang berfungsi melindungi kepala dai cuaca maupun perubahan iklim sehingga tidak mudah mengalami berbagai macam permasalahan maupun jenis sakit kepala yang tentu berdampak besar. Rambut bukan hanya bertindak sebagai salah satu pelindung bagi kepala namun juga dapat memberikan dukungan terhadap penampilan seseorang ketika dibentuk dan di rawat dengan baik.

Peran rambut tersebut dapat berjalan dengan maksimal ketika dirawat dengan baik. Adanya permasalahan pada bagian rambut terkadang bukan hanya karena proses perawatan rambut yang tidak berlangsung dengan baik namun juga dapat menjadi pertanda adanya kondisi kepala yang bermasalah salah satunya kondisi rambut rontok yang berlebihan. Untuk dapat memahami dan mengatasinya dengan baik berikut beberapa penjelasan mengenai rambut rontok berlebihan pertanda apa dan bagaimana cara menjadikannya normal kembali.

  1. Masalah pada kelenjar tiroid

Hal pertama yang dapat menjadi salah satu penyebab kenapa muncul kondisi rambut rontok yang berlebihan adalah karena adanya permasalahan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar endokrin terbesar di dalam tubuh yang berfungsi dalam mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Kondisi tiroid yang tidak menghasilkan hormon dapat menjadi penyebab kenapa rambut menjadi rontok secara berlebihan. Selain rambut yang rontok, gejala penyerta lainnya terhadap kondisi masalah pada kelenjar tiroid tersebut diantaranya seperti kenaikan berat badan, depresi, dan kelelahan.

  1. Kanker

Kondisi yang paling membahayakan sebagai jawaban atas pertanyaan rambut rontok berlebihan pertanda apa adalah adanya resiko kanker di balik keadaan tersebut. Kanker yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan parah hingga mengarah pada kebotakan salah satunya adalah kanker limpoa hodgkin. Jenis kanker limpoa hodgkin merupakan kanker yang berkembang pada sistem limfatik. Selain kerontokan yang parah, gejala umum lain yang muncul dari kanker tersebut diantaranya seperti kelelahan yang terus menurus dirasakan, demam, pembengkakan kelenjar gejah bening yang tidak nyeri di leher, ketiak atau selangkangan. Dengan adanya pertanda berbahaya tersebut maka kondisi kerontokan yang sudah sangat parah sebaiknya tidak dianggap sebagai keadaan yang biasa saja tanpa dicari tahu penyebab yang jelas.

  1.  Lupus

Kondisi lainnya yang juga pertu diwaspadai oleh setiap orang yang mengalami kerontokan rambut sangat parah adalah karena penyakit lupus. Penyakit lupus secara definisi merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan terjadinya peradangan kronis akibat sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, atau organ tubuh lainnya. Beberapa bagian yang dapat diserang oleh sistem imun yang bermasalah tersebut diantaranya seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Selain bagian tersebut, rambut juga dapat menjadi mudah patah dan rontoh pada penderita lupus dan bukan hanya rambut pada kepala saja namun juga bagian rambut lain seperti alis, jenggot, kumis, dan bulu mata yang akan mengalami penipisan. Gejala penyerta lainnya yang juga dapat muncul pada para penderita penyakit lupus diantaranya seperti kelelahan, nyeri pada otot dan sendi, ruam di wajah, berat badan yang terus menerus menurun, beberapa permasalahan pada organ organ penting seperti ginjal, paru paru, jantung, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1.  Stres

Keadaan lain yang dapat juga menjadi penyebab terjadinya kerontokan secara berlebihan ketika beberapa kondisi tubuh normal secara medis adalah karena faktor psikologis. Salah satu faktor psikologis yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut secara berlebihan tersebut adalah karena kondisi stres. Stres memang dapat menyebabkan banyak permasalahan pada tubuh yang tentunya mengakibatkan kondisi yang buruk dan bedampak negatif. Stres dapat muncul karena berbagai kondisi mulai dari beban pekerjaan yang berat hingga beban hidup yang dihadapi. Stres terbagi menjadi dua yakni stres emosional dan stres fisik.

  1. Penyebab lainnya

Beberapa kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab dari kondisi kerontokan yang berlebihan pada rambut diantaranya seperti tubuh yang kekurangan gizi sehingga nutrisi pada rambut untuk tetap sehat tidak dapat tercukupi yang menjadikannya mudah patah dan rontok, adanya infeksi jamur di daerah kepala, tubuh yang mengalami demam tinggi dalam jangka waktu yang lama, konsumsi obat obatan tertentu seperti pil KB, antidepresan, dan obat hormonal. Selain ini kondisi lainnya yang juga menjadi penyebab rambut rontok seperti anemia, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, alergi, perubahan hormonal, dan berat badan yang menurun.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi rambut rontok berlebihan pertanda apa yang perlu diperhatikan oleh setiap orang terutama yang sedang mengalami hal tersebut. Munculnya kondisi kerontokan berlebihan pada rambut tentu tidak boleh dianggap sebagai keadaan yang sepele karena memang ada beberapa penyakit berbahaya dibalik munculnya kerusakan pada rambut. Adanya banyak penyebab yang disebutkan diatas menjadikan setiap orang yang mengalami rambut rontok berlebihan perlu mencari tahu dengan pasti penyebabnya melalui pemeriksaan medis yang tepat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kesehatan