Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Akibat Suntik KB dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit kepala menjadi salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang dapat terjadi pada setiap individu dan secara umum merupakan salah satu permasalahan yang paling sering dialami setiap harinya. Kondisi permasalahan sakit kepala atau pusing dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya dapat mendapatkan gangguan dalam aktivitasnya sehari hari. Individu yang mengalami pusing akan merasakan kondisi nyeri pada kepalanya, sulit mengambil keputusan, tidak dapat berkonsentrasi dan fokus, serta lebih memilih untuk mengistirahatkan tubuhnya dari pada beraktivitas.

ads

Kondisi gangguan yang dirasa cukup kuat dan berat dibandingkan permasalahan pada bagian organ tubuh lain tersebut disebabkan oleh karena bagian-bagian kepala memiliki fungsi yang penting dan vital. Beberapa contoh bagian kepala manusia dengan fungsi vitalnya tersebut diantaranya seperti indera indera yakni mata untuk melihat, hidung untuk mencium atau membau, lidah sebagai perasa, dan kuping sebagai indera pendengaran, selain itu ada otak dengan fungsinya sebagai pusat kendala serta sistem saraf manusia.

Kondisi jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan dampak buruk pada bagian kepala tertentu dapat disebabkan oleh berbagai hal yang salah satunya adalah karena aktivitas suntik KB yang dilakukan oleh seorang wanita. Jenis sakit kepala akibat suntik KB perlu diperhatikan dan dipahami penyebabnya serta cara cara yang bisa mengatasi keadaan tersebut. Berikut beberapa ulasan mengenai penyebab sakit kepala akibat suntik KB dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya dalam ulasan di bawah ini.

  • Penyebab sakit kepala akibat suntik KB

Kondisi sakit kepala memang menjadi salah satu gejala yang dirasakan oleh setiap wanita yang melakukan suntik KB sebagai bagian dari cara untuk mencegah munculnya kondisi kehamilan. Penyebab munculnya sakit kepala akibat suntik KB yang paling utama adalah karena efek dari KB tersebut dapat memperparah gejala saat menjelang menstruasi yang secara normal sudah terjadi. Sakit kepala memang kerap kali akan terjadi sebagai salah satu gejala akibat adanya penurunan kadar hormon estrogen menjelang menstruasi.

Penggunaan suntik KB dapat menyebabkan gejala umum yang terjadi tersebut bisa membaik dan bisa juga menjadi lebih parah. Hal ini dikarenakan dalam suntik KB terdapat kandungan hormon reproduksi wanita. Penyebab sakit kepala lainnya yang juga menjadikan seseorang mengalami pusing setelah suntik KB bisa jadi karena kondisi sakit kepala biasa akibat kelelahan, stres, trauma fisik, riwayat migrain, dan lainnya yang kebetulan terjadi disaat tubuh wanita disuntik KB. Untuk dapat memastikan apa yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya sakit kepala selepas suntik KB maka perlu pemeriksaan lebih detail dengan dokter.

  • Efek samping lain suntik KB

Selain sakit kepala, suntikan KB juga dapat menyebabkan efek samping lainnya bagi tubuh meskipun resikonya cukup kecil. Beberapa efek samping lain yang dapat terjadi dari akibat suntikan KB diantaranya seperti berat badan yang akan terus bertambah seiring penggunaan KB suntik, dapat menyebabkan perut menjadi kembung, dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang, berhentinya menstruasi atau menjadi tidak teratur, untuk dapat hamil kembali butuh waktu penyesuaian yang lama.

  • Cara mengatasi sakit kepala setelah suntik KB

Kondisi sakit kepala akibat suntik KB yang disebutkan diatas menjadi dasar dalam menentukan cara mengobati sakit kepala yang akan dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala selepas suntik KB yang diantaranya dijelaskan di bawah ini.

  1. Konsumsi obat antinyeri

Kondisi sakit kepala akibat suntikan KB biasanya akan terjadi sepanjang bahan aktif dari suntikan masih berada di dalam tubuh wanita. Suntikan KB biasanya akan memberikan efek kontrasepsi selama 3 bulan. Wanita yang mengalami efek samping suntikan KB seperti sakit kepala akan merasakannya sepanjang bahan aktif suntikan KB masih ada. Untuk membantu menghilangkan rasa sakit kepala dari suntik KB tersebut maka dapat dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri yang dapat dikonsumsi diantaranya seperti paracetamol maupun asam mefenamat.

  1. Mengistirahatkan tubuh

Langkah selanjutnya yang dapat diambil ketika wanita mengalami kondisi efek samping dari suntik KB adalah mengistirahatkan tubuhnya sesaat setelah rasa pusing terasa. Dengan beristirahat, biasanya rasa pusing akan sedikit membaik meskipun munculnya sakit kepala tersebut akan terjadi berulang selama masih ada bahan aktif dari suntikan KB di dalam darah seorang wanita.

Sponsors Link

  1. Mengganti jenis suntikan KB

Setiap terjadi sakit kepala saat wanita sudah mendapatkan suntikan KB, pencatatan perlu dilakukan untuk mempertimbangkan penggantian suntikan KB yang akan dilakukan selanjutnya yang dikonsultasikan dengan dokter sebelum melakukan suntikan berikutnya setelah efek suntikan KB hilang. Jika tidak ada pilihan jenis suntikan KB yang lainnya maka sebaiknya menggunakan jenis kontrasepsi lainnya yang lebih tidak memberikan efek samping.

  1. Konsultasikan dengan dokter atau bidan

Untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari kondisi sakit kepala akibat suntik KB maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsulatasi bersama dokter maupun bidan. Melalui konsultasi tersebut akan ada pilihan yang tepat dari keadaan yang dialami oleh wanita ketika menggunakan suntikan KB. Pilihan tindakan yang dilakukan tentunya akan lebih mendasar secara medis dan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dari munculnya kondisi sakit kepala akibat suntik KB dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi salah satu efek samping dari penggunaan suntikan KB tersebut. Untuk menemukan cara atau solusi yang tepat dari efek sakit kepala yang dirasakan, konsultasikan dengan dokter atau bidan mengingat suntik KB akan bertahan di dalam tubuh hingga 3 bulan.

, , ,