Sponsors Link

11 Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas Seperti Ditusuk Jarum

Sponsors Link

Masalah sakit kepala menjadi topik dari berbagai jenis gejala penyakit ringan dan berat. Anak-anak dan orang dewasa bisa mengalami sakit kepala sepanjang waktu atau hanya waktu tertentu saja. Salah satunya adalah ketika sakit kepala menyerang bagian kepala tertentu yang membuat penderita kesakitan dan tidak nyaman.

ads

Kondisi ini mungkin akan membuat penderita sakit kepala dengan rasa seperti tusukan jarum yang banyak. Rasa sakit berkembang dari bagian atas kepala dan menetap disitu selama beberapa detik atau menit. Jika rasa sakit terjadi saat malam hari maka bisa mengganggu waktu tidur. Namun jika terjadi siang hari justru akan menyebabkan gangguan untuk aktifitas. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi untuk sakit kepala bagian atas seperti ditusuk jarum banyak? Berikut uraiannya.

1. Stres

Penyebab pertama dari masalah sakit kepala seperti tertusuk jarum adalah akibat stres. Mungkin penyebab ini tidak dianggap dan lebih sering diabaikan. Tapi stres ternyata berdampak besar pada sakit kepala. Saat stres maka otak akan menghasilkan berbagai jenis zat kimia dan kelenjar menghasilkan hormon yang mengacaukan tubuh. Karena itu selain sakit kepala maka biasanya penderita juga akan sulit tidur. Lalu yang terburuk jika sudah terjadi dalam waktu lama maka muncul efek kurang tidur pada otak.

2. Dampak dari gangguan tidur jangka panjang

Orang yang terbiasa tidak tidur malam atau merubah pola tidur jangka panjang maka akan merasa sakit kepala yang cukup berat. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang bekerja dari pagi sampai larut malam. Juga para karyawan yang menerima jam kerja dengan perubahan shift yang ketat. Termasuk juga artis dan aktor yang sering bekerja sepanjang hari tanpa istirahat yang cukup. Dengan masalah tersebut otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan. Dalam waktu tertentu maka otak akan merespon dengan sakit kepala seperti tertusuk. Rasa sakitnya tidak hanya di atas kepala tapi juga menjalar sampai pelipis dan mata. Dan ini termasuk jenis sakit kepala yang tidak boleh diabaikan dan segera periksa ke rumah sakit.

3. Efek alkohol

Orang yang terbiasa minum minuman keras juga bisa mengalami sakit kepala seperti ini. Alkohol adalah senyawa yang akan menumpuk dalam darah dan aliran darah. Jantung akan bekerja sangat keras ketika tubuh mendapatkan alkohol. Efek dari alkohol bisa menyebabkan sakit kepala, kepala yang berat, halusinasi, kehilangan kontrol bicara dan pingsan. Hal inilah yang bisa menyebabkan peminumnya mabuk alkohol.

4. Efek dari perubahan hormon pada wanita

Wanita memang mengalami berbagai fase perubahan hormon sepanjang hidupnya. Dimulai ketika menjelang menstruasi, menstruasi selesai, awal kehamilan, sepanjang kehamilan, akan melahirkan, saat selesai melahirkan dan menyusui. Kemudian siklusnya jadi lebih berat lagi ketika akan menjelang menopause. Semua efek perubahan hormon akan menyebabkan sakit kepala bagian atas. Ini karena kelenjar pituari yang ada di dekat otak. Jadi memang bagian bagian kepala yang terdampak kondisi kesehatan tertentu akan membuat penderita merasa sakit kepala.

5. Efek dari zat aditif makanan

Berbagai jenis zat aditif yang ditambahkan dalam makanan atau minuman juga bisa menyebabkan efek sakit kepala yang serius. Hal ini bisa terjadi karena tubuh menolak zat tersebut atau mengalami alergi. Efek lainnya adalah karena zat aditif yang sudah menumpuk dalam tubuh sehingga otak tidak mentolerir lagi. Zat aditif dengan efek seperti ini tidak hanya dari makanan dan minuman saja tapi juga dari obat terlarang seperti narkoba.

6. Komplikasi migrain

Berbagai jenis-jenis migrain yang tidak diobati ternyata memberi efek yang sangat buruk terhadap sakit kepala. Salah satunya adalah bisa memicu masalah sakit kepala atas sampai ada sensasi ditusuk oleh jarum yang sangat banyak. Jika akibat migrain maka biasanya rasa sakit akan dimulai pada sisi kepala baik itu kanan atau kiri, kemudian menyebar sampai atas kepala.

Sponsors Link

7. Efek dari sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster adalah jenis sakit kepala yang bisa terjadi secara mendadak atau tiba-tiba. Namun serangan sakit kepala ini bisa terjadi dalam waktu yang sangat panjang sampai beberapa menit. Kondisi ini juga bisa menyebabkan efek yang sangat serius seperti sakit kepala yang menumpuk pada sisi atas kepala. Karena itu sebaiknya penderita memang segera mendapatkan perawatan yang tepat.

8. Komplikasi pada arteri temporal

Sakit kepala yang sampai berkembang pada bagian atas bisa menyebabkan kondisi yang sangat buruk seperti dampak dari masalah pada arteri temporal. Kondisi ini akan membuat pasokan darah ke bagian otak akan terhambat dan tidak lancar. Dalam waktu singkat jika sakit kepala tidak dirawat dengan tepat maka bisa menyebabkan masalah seperti stroke, aneurisma otak dan juga kematian mendadak.

9. Pertumbuhan tumor meningioma intraserebral

Adanya pertumbuhan tumor otak yang lambat pada bagian permukaan otak dan sum sum tulang belakang juga bisa menyebabkan sakit kepala ini. Biasanya ini termasuk gejala yang diremehkan sehingga terkadang tidak disangka sebagai tumor. Jika masih tahap awal maka bisa melakukan perawatan termasuk dengan radiasi, kemoterapi dan operasi.

Sponsors Link

10. Efek dari penyakit autoimun

Efek dari penyakit autoimum ternyata juga bisa menyebabkan masalah yang sangat serius. Sakit kepala bisa menjadi gejala awal atau akibat komplikasi penyakit yang sudah lama terjadi. Beberapa penyakit yang memicu masalah ini termasuk seperti lupus, autoimun vasculitis, dan multiple sclerosis.

11. Komplikasi bell palsy

Adanya komplikasi dari bell palsy juga bisa menyebabkan sakit kepala pada bagian atas seperti tertusuk jarum. Kondisi penyakit ini akan menyebabkan efek lumpuh pada beberapa bagian wajah karena sistem syaraf yang rusak atau mengalami trauma. Untuk itu perawatan dengan terapi sangat diperlukan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Perawatan dengan obat :

  • Obat antiinflamasi nonsteroid: seperti jenis obat indometasin yang akan mengurangi risiko peradangan dan mengurangi sakit. Sering diresepkan untuk penderita migrain.
  • Melatonin : adalah jenis hormon yang akan mengatasi sakit kepala dan insomnia.
  • Gabapentin : adalah obat yang berfungsi sebagai antikonvulsan untuk mengatasi gangguan sakit kepala akibat masalah sistem syaraf.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi sakit kepala bagian atas seperti ditusuk jarum banyak. Semua orang harus memperhatikan gejala awal sehingga benar-benar bisa sembuh dan terhindar dari komplikasi lain yang berat.

, ,