Sponsors Link

Sakit Kepala Bagian Depan: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Sakit kepala bagian depan merupakan salah satu jenis sakit kepala yang cukup banyak diderita oleh masyarakat modern sekarang. Sakit kepala jenis ini umumnya menyerang orang-orang yang memiliki banyak aktivitas. Bagian depan kepala diketahui merupakan bagian yang sering dirasakan sakit jika seseorang banyak berpikir. Selain dari kepala bagian depan ini, sebelumnya sudah dijelaskan juga mengenai sakit kepala belakang, sakit kepala sebelah atau migrain, dan sakit kepala cluster. Lalu apakah yang membuat seseorang menderita sakit kepala di bagian depan, dan tidak sakit kepala di bagian lainnya?

ads

Hal ini tentu menarik untuk dipelajari dan diketahui. Penyebab dari sakit kepala depan yang sangat sering mengganggu pekerjaan ini penting untuk diketahui dalam upaya untuk memberikan pengobatan yang tepat. Oleh karena itu, berikut ini daftar penyebab sakit kepala depan yang perlu Anda waspadai.

Penyebab Sakit Kepala Depan yang sering Menyerang

Penyebab sakit kepala depan yang paling yang sering dialami oleh seseorang dapat dikelompokkan menjadi penyebab internal dan penyebab eksternal. Penyebab internal dari sakit kepala di bagian depan ini dideskripsikan sebagai penyebab yang asalnya adalah dari gangguan dalam tubuh penderita. Sedangkan penyebab eksternal dari sakit kepala di bagian depan dideskripsikan sebagai penyebab sakit kepala yang asalnya dari luar tubuh penderita, misalnya lingkungan dan lain sebagainya. Berikut ini 15 penyebab sakit kepala yang menyerang bagian depan:

1. Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Salah satu penyebab yang cukup sering dirasakan oleh seseorang adalah sakit yang disebabkan oleh migrain. Migrain merupakan rasa berdenyut yang dahsyat yang dirasakan di satu sisi kepala, misalnya di sisi depan saja. Keadaan ini tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang. Kebanyakan sakit kepala yang disebabkan oleh migrain ini menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karena itu, wanita harus sangat berhati-hati menghadapi sakit kepala sebelah ini karena dapat menjadi penyebab sakit kepala depan juga. Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah.

2. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Satu lagi penyebab sakit kepala depan yang sering dirasakan adalah akibat dari keadaan tegang. Keadaan tegang di bagian depan kepala ternyata dapat menyebabkan terjadinya sakit yang dahsyat yang hanya menyerang bagian depan kepala saja. Ketegangan di bagian kepala depan kebanyakan disebabkan oleh beban pikiran akan pekerjaan, sekolah, atau hal-hal lain yang banyak menuntun kerja otak dalam hal berpikir dan menyelesaikan masalah.

3. Sakit Kepala akibat Sinusitis

Gangguan sinus atau sinusitis merupakan gangguan yang banyak dirasakan oleh masyarakat akibat dari peradangan yang terjadi pada bagian sinus. Sinus merupakan bagian di hidung yang mudah terinfeksi jika terdapat virus dan bakteri jahat mengganggu. Lendir-lendir yang terbentuk di bagian sinus merupakan pengganggu pernafasan dan dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, sinusitis merupakan salah satu penyebab sakit kepala depan.

4. Sakit Kepala akibat Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan diketahui juga dapat menyebabkan sakit kepala. Obat-obatan seperti apakah yang dapat menyebabkan munculnya sakit kepala di bagian depan seseorang? Biasanya obat-obatan tersebut adalah obat-obatan yang digunakan untuk meringankan penyakit lain di tubuh. Reaksi dari obat-obatan tersebut akan menimbulkan rasa tegang dan sakit kepala di bagian depan kembali muncul dan menyerang. Konsumsi obat-obatan di malam hari biasanya akan menimbulkan sakit kepala yang cukup parah di pagi hari.

5. Sakit Kepala akibat Sel Raksasa

Sel raksasa atau temporal arteritis merupakan pembengkakan pembuluh darah di belakang mata. Keadaan ini tentunya akan menekan beberapa syaraf di bagian depan kepala dan menyebabkan kepala menjadi terasa sakit. Rasa sakit tersebut sangat berbahaya karena umumnya terjadi di pagi hari. Padahal pagi hari adalah awal hari untuk memulai aktivitas Anda. Bagaimana Anda dapat memulai aktivitas dengan semangat jika kepala Anda sakitnya terasa luar biasa.

6. Sakit Kepala akibat Anemia

Anemia atau kekurangan diketahui juga merupakan penyebab sakit kepala yang populer. Seperti diketahui kesehatan kepala sangat bergantung pada peredaran darah yang lancar. Lalu bagaimana jika terjadi kekurangan darah? Peredaran darah akan sangat tidak lancar. Peredaran darah yang tidak lancar ini dapat membahayakan Anda. Sakit kepala di bagian depan pun akan sangat wajar muncul dan menyulitkan Anda dalam beraktivitas. Oleh karena itulah, penderita anemia pasti sering menderita sakit kepala walau tidak sering dikeluhkan.

7. Sakit Kepala akibat Fibromyalgia

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah kondisi otot yang mengalami rasa nyeri berlebihan. Rasa nyeri pada otot sangat dipengaruhi oleh waktu istirahat dan beban kerja sehari-hari yang harus dilewati. Jika Anda memiliki beban kerja yang berat, namun waktu istirahat tidak mencukupi, tentunya sangat wajar otot-otot Anda akan mengalami rasa sakit dan nyeri dan mengirimkan sinyal pada otak. Sinyal tersebut akan dibalas oleh otak dengan memunculkan rasa nyeri di kepala yang dikenal juga sebagai sakit kepala di bagian depan.

8. Sakit Kepala akibat Maag

Satu lagi penyebab internal yang dapat menyebabkan sakit kepala depan adalah sakit maag. Maag merupakan penyakit lambung yang sering menderita orang-orang yang memiliki kebiasaan makan yang tidak baik. Sering makan terlambat, sering makan makanan asam, pedas, dan kebiasaan makan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan perut dapat membahayakan lambung. Asam lambung yang meningkat adalah salah satu penyebab mengapa seseorang dapat merasakan sakit kepala di bagian depan. Oleh karena itu, milikilah kebiasaan makan yang sehat.

Sponsors Link

9. Sakit Kepala akibat Hipertensi

Sakit kepala di bagian depan ternyata juga dapat disebabkan oleh penyakit hipertensi. Seperti diketahui penyakit hipertensi adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah yang tinggi ini kemudian juga mempengaruhi bagian kepala, khususnya di bagian depan, dan menghasilkan rasa sakit yang cukup terasa. Itulah sebabnya penderita hipertensi pun juga sering mengeluhkan sakit kepalanya, karena memang sakit kepala akibat hipertensi sangat harus dicegah.

10. Sakit Kepala akibat Depresi

Selain beberapa alasan di atas, seperti diketahui depresi dan stress merupakan salah satu hal yang dapat mengakibatkan terjadinya sakit kepala di bagian depan. Jika Anda sedang berada dalam keadaan emosional yang tidak stabil, Anda mungkin akan merasa depresi. Namun, Anda tidak boleh merusak tubuh Anda hanya karena depresi. Lebih baik Anda mencari bantuan untuk mengatasi depresi yang Anda alami dan sakit kepala di bagian depan yang menyerang Anda.

11. Sakit Kepala akibat Tekanan Darah Rendah

Penyebab lainnya adalah kondisi tekanan darah rendah yang cukup membahayakan. Seperti diketahui, tekanan darah baik tinggi maupun rendah sama tidak baiknya. Tekanan darah rendah ini memiliki arti peredaran darah tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Tentunya terdapat kemungkinan otak mengalami kekurangan asupan oksigen. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab mengapa sakit kepala depan sering menimpa orang-orang dengan tekanan darah rendah.

12. Sakit Kepala akibat Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi diketahui juga merupakan salah satu penyebab seseorang menderita sakit kepala pada bagian depan. Lalu apakah standar dari kekurangan itu sendiri? Terdapat banyak jenis kekurangan nutrisi yang harus diwaspadai. Salah satu jenis kekurangan nutrisi dapat ditunjukkan dengan gejala sakit kepala yang sering dirasakan oleh masyarakat di bagian depan kepala. Itulah mengapa asupan gizi dan nutrisi yang cukup, sangatlah penting keberadaannya.

13. Sakit Kepala akibat Terik Matahari

Selanjutnya, terik matahari diketahui juga sebagai penyebab dari sakit kepala pada bagian depan. Terik matahari diketahui dapat menyebabkan kepala menjadi lebih panas suhunya dan otak pun akan mengirimkan respon berupa rasa nyeri. Hal ini tidak dapat dihindari bagi Anda yang beraktivitas penuh dengan interaksi matahari. Hal yang dapat Anda lakukan adalah memberikan perlindungan Anda dari terik matahari dengan menggunakan topi dan penutup cahaya.

14. Sakit Kepala akibat Memar

Selanjutnya benturan yang meninggalkan memar di bagian kepala depan sangat wajar masuk dalam daftar penyebab sakit kepala di bagian depan. Setiap orang tentu pernah mengalami memar dan mengenai bagian kepala depan. Memar ini tentunya akan menyebabkan pembekuan darah dan peredaran oksigen menjadi terlambat. Itulah mengapa sakit kepala akibat memar sudah cukup banyak dikeluhkan. Resiko memar harus sedikit mungkin Anda lakukan.

15. Sakit Kepala akibat Cuaca Dingin

Selain cuaca panas dan terik matahari, cuaca dingin juga diketahui dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit kepala. Cuaca yang dingin ini dimaksudkan pada keadaan bahwa seseorang yang tidak terbiasa pada cuaca dingin kemudian terpapar oleh cuaca dingin yang tergolong ekstrem. Oleh sebab itulah, otak mengirimkan nyeri sakit sebagai tanda Anda telah melakukan adaptasi dengan cuaca yang sangat dingin.

Itulah tadi 15 penyebab dari sakit kepala di bagian depan yang selalu diperbincangkan. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai gejala dari sakit kepala depan dan bahaya dari gejala tersebut. Simaklah penjelasannya berikut ini. Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

Gejala dan Bahaya dari Sakit Kepala Bagian Depan

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari sakit kepala di bagian depan di bagian sebelumnya, kali ini akan dijelaskan mengenai gejala dan bahaya yang mungkin menimpa penderita sakit kepala depan. Berikut ini beberapa gejala yang harus diwaspadai ketika Anda menderita sakit kepala di bagian depan:

Sponsors Link

1. Mata Memerah

Gejala yang muncul dan menjadi tanda bahaya dari sakit kepala depan adalah mata memerah. Gangguan ini menunjukkan ada bahaya yang menyebabkan kondisi sakit kepala Anda bisa menyebabkan mata merah. Gangguan di sekitar saraf mata pun menjadi salah satu bahaya yang harus diperhatikan. Jika tidak diperhatikan, maka mata memerah ini akan membahayakan aktivitas Anda selanjutnya.

2. Demam

Selanjutnya gejala yang harus diwaspadai dari sakit kepala depan adalah nyeri yang diikuti juga oleh demam. Demam tinggi ini sering menjadi penyebab sakit kepala menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, waspadailah sakit kepala yang diikuti juga dengan demam dan segera periksakan pada dokter untuk segera mendapatkan perawatan. Jika terlambat, demam dan sakit kepala di bagian depan ini dapat menimbulkan efek samping yang lebih besar lagi.

3. Kaku pada Leher

Gejala lain yang harus diwaspadai ketika Anda mengalami sakit kepala adalah kaku pada leher. Kaku pada leher ini mungkin disebabkan karena saraf-saraf terganggu dan mengakibatkan rasa tegang muncul di bagian-bagian kepala seperti leher. Kaku pada leher ini sangat berbahaya jika tidak ditangani secara tanggap. Itulah sebabnya Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, jika sakit kepala Anda sudah memunculkan gejala-gejala lain yang diluar kebiasaan.

4. Muntah

Muntah merupakan satu lagi gejala sakit kepala di bagian depan yang Anda harus waspadai. Sakit kepala yang telah diikuti muntah, merupakan tanda bahwa keadaan kesehatan Anda sudah sangat berbahaya dan harus segera meminta pertolongan dokter. Muntah merupakan tanda bahwa ada tekanan pada saraf yang mungkin juga disebabkan oleh sakit kepala yang sudah sangat parah. Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

5. Gangguan Penglihatan

Satu lagi gejala yang harus diperhatikan saat Anda mengalami sakit kepala adalah apakah Anda mengalami gangguan penglihatan. Jika Anda mengalami gangguan penglihatan, berarti telah terjadi penekanan saraf penglihatan yang mungkin dipengaruhi oleh sakit kepala atau mungkin juga dipengaruhi oleh penyakit lain yang juga menyebabkan sakit kepala. Untuk mengetahuinya lebih jelas, tentu Anda harus melakukan pemeriksaan dokter.

6. Hilang Ingatan

Gejala lain yang juga harus diwaspadai karena menimbulkan bahaya adalah hilang ingatan. Seseorang yang mengalami sakit kepala akut mungkin juga akan mengalami hilang ingatan. Jenis hilang ingatan ini dapat berupa hilang ingatan sementara ataupun hilang ingatan permanen. Tentunya hal ini sangat membahayakan bagi Anda yang masih memiliki usia muda dan banyak tanggungjawab.

7. Mengalami Kebingungan

Kebingungan mungkin terjadi sebagai gejala lain dari sakit kepala bagian depan. Sakit kepala yang menekan bagian saraf tentu akan menyebabkan kebingungan sementara terjadi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan seseorang yang bingung akan pergi ke mana atau telah datang dari mana setiap keluar dari rumah. Hal-hal ini berbahaya dan dapat membuat Anda linglung atau hilang tersesat.

8. Hilang Keseimbangan

Gejala lain yang cukup sering menyerang penderita sakit kepala adalah hilangnya keseimbangan. Sakit kepala tentu berbahaya karena sewaktu-waktu dapat jatuh karena hilang keseimbangan. Hal ini harus sangat diwaspadai karena sangat berbahaya jika kambuh ketika sedang berada di luar rumah. Resiko kecelakaan pun sangat tinggi yang diakibatkan oleh kehilangan keseimbangan ini.

ads

9. Gangguan Bicara

Gejala selanjutnya yang mungkin menyerang penderita sakit kepala di bagian depan adalah gangguan dalam berbicara. Hal ini menunjukkan terdapat gangguan pada saraf berbicara penderita dari sakit kepala yang harus ditangani. Jika gejala ini muncul, maka segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan terapi dan pertolongan. Jika terlambat, mungkin saja akan terjadi kebisuan permanen.

Setelah mengetahui informasi mengenai gejala dan bahaya dari sakit kepala di bagian depan tersebut, tentu menjadi penting untuk mengetahui bagaimana cara mengobati dan mencegah penyakit sakit kepala di bagian depan ini. Penjelasan mengenai hal tersebut akan diuraikan pada bagian berikutnya. Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Depan

Bagi Anda yang saat ini sedang menderita sakit kepala di bagian depan, tentu Anda ingin tahu bagaimana cara mengobatinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengobati atau meringankan penderitaan sakit kepala di bagian depan yang Anda alami:

1. Olahraga dengan Rutin

Salah satu cara mengobati sakit kepala di bagian depan yang Anda derita adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit. Olahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit yang mengancam kesehatan Anda, termasuk penyakit sakit kepala di bagian depan. Sediakanlah waktu istirahat Anda di sela-sela kesibukan untuk mendapatkan pengobatan penyakit secara alami.

2. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Konsumsi air putih juga merupakan salah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengobati rasa sakit kepala di bagian depan. Konsumsi air putih yang cukup akan menyebabkan asupan oksigen pada otak pun menjadi tercukupi. Jika Anda rajin mencukupi kebutuhan air putih Anda, maka sakit kepala pun akan lebih terkontrol dan tidak terlalu sakit lagi dirasakan.

3. Memiliki Kebiasaan Konsumsi yang Sehat

Selain itu, konsumsi makanan yang sehat pun dapat menanggulangi penyakit sakit kepala Anda. Misalkan Anda menghindari makanan yang berlemak tinggi, maka penyebab sakit kepala yaitu hipertensi tidak akan terjadi. Intensitas dari sakit kepala yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur kurang. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan sehat dan bernutrisi pun, kesehatan tubuh Anda akan lebih terjaga dan tidak mudah lagi terkena penyakit.

4. Tidak Mengonsumsi Makanan Instan

Makanan instan atau makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Salah satu bahayanya adalah membuat sakit kepala menjadi semakin parah rasanya. Oleh karena itu, hindarilah makanan instan tersebut. Lebih baik Anda mengonsumsi makanan cepat saji, walau mungkin tidak senikmat makanan instan lainnya. Hal ini berlaku juga pada minuman-minuman instan seperti minuman bersoda.

5. Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dan asam merupakan jenis makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung meningkat maka penyakit maag Anda sedang kambuh. Penyakit maag inilah yang merupakan penyebab sakit kepala sering kali terjadi. Maka untuk dapat mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh sakit maag Anda harus menjauhi konsumsi makanan pedas dan asam ini.

6. Mengelola Stress dengan Baik

Jika Anda mengalami sakit kepala di bagian depan karena akibat stress, maka pengobatan yang paling tepat Anda lakukan adalah dengan mengelola stress Anda dengan baik. Stress tidak dapat dihindari, hanya dapat dikelola dan dikurangi efek negatifnya pada kesehatan. Jika Anda membutuhkan bantuan konseling stress, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Mulai dari konseling dengan orang terdekat Anda atau dengan meminta bantuan konselor.

7. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan obat dari segala penyakit yang ada. Itulah sebabnya sakit kepala yang mematikan rasanya pun dapat Anda selesaikan, jika Anda memberikan tubuh Anda beristirahat. Waktu istirahat yang cukup minimal adalah dengan tidak mengurangi waktu tidur malam Anda. Oleh karena itu, berikanlah waktu istirahat yang cukup untuk tubuh yang lelah dalam keseharian hidup Anda. Baca juga: Vertigo.

Selanjutnya Anda penting untuk mengetahui upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan agar tidak terjangkiti sakit kepala bagian depan. Caranya sederhana yaitu menjalani hidup yang sehat. Memiliki hidup sehat adalah kunci Anda untuk tidak mudah terkena penyakit. Bahkan penyakit yang terlihat sepele seperti sakit kepala, merupakan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam hidup. Oleh karena itu, hiduplah dengan sehat dan jauhi kebiasaan buruk dalam hidup. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengetahui mengenai sakit kepala bagian depan.

, , , , ,