Sponsors Link

Sakit Kepala Belakang Sebelah Kanan : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Sakit kepala memang tidak selalu terjadi pada seluruh kepala, adapula sakit kepala yang terjadi hanya di bagian – bagian kepala tertentu. Dan contohnya saja adalah sakit kepala belakang sebelah kanan ini. Yang biasanya penyebabnya adalah penyakit – penyakit tertentu dan rasa sakit nya juga berbeda – beda, ada yang rasa sakitnya biasa namun sakit kepala terus menerus dan adapula yang terjadi nya sakit kepala berdenyut hebat, kesemuanya itu tergantung pada penyebabnya.

ads

Biasanya seseorang akan mengalami sakit kepala ini ketika sedang depresi atau merasa tertekan, kurang tidur, terlalu lama menatap layar gadget, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan yang lainnya, namun penyebab yang paling umum adalah beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas. Dan penyebab sakit kepala ini dapat Anda temukan dengan mengingat atau mencatat kapan saja sakit kepala tersebut menyerang, durasi nya berapa lama, kegiatan yang dilakukan sebelum sakit kepala menyerang, dan bagaimana intensitas sakit kepala tersebut.

Dan umumnya sakit kepala belakang sebelah kanan ini dapat dicegah, berikut beberapa pencegahan sakit kepala belakang :

  • Istirahat yang cukup, dan pastikan tubuh Anda untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Istirahat lah 6 – 8 jam sekali, tidak kurang dan tidak pula berlebih.
  • Perbanyak minum air putih, cukupi kebutuhan cairan Anda. Karena telah kita ketahui pula bahwa dehidrasi juga merupakan pemicu timbulnya sakit kepala salah satunya yaitu sakit kepala belakang sebelah kanan.
  • Setelah Anda mengetahui apa saja pemicu timbulnya sakit kepala Anda, maka cobalah untuk menghindari diri dari penyebab tersebut. Apakah itu setelah menatap layar gadget terlalu lama? ataukah setelah mengkonsumsi kafein berlebihan? atau penyebab lainnya?
  • Berolahraga lah secara teratur, olahraga lah minimal sehari selama 15 menit. Karena dengan olahraga mampu melancarkan peredaran darah serta menghindari diri dari stres yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.
  • Makanlah dengan teratur sesuai dengan jadwal. Karena makan terlambat juga dapat menjadi pemicu timbulnya sakit kepala.
  • Selalu berpikir positif agar terhindar dari stres.
  • Hindari mengkonsumsi obat – obatan tanpa resep dokter yang terlalu sering.

Sakit kepala tentunya sebelum dilakukan penanganan terlebih dahulu kita perlu ketahui apa yang menjadi penyebab sakit kepala itu timbul, berikut ini beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang sebelah kanan :

  •  Migrain basilar

Migrain ini merupakan sakit kepala yang dirasakan pada kepala bagian belakang yang tepatnya yaitu pada arteri yang bernama arteri basilar, namun selanjutnya ia bisa menyebar sampai bisa ke seluruh kepala. Migrain basilar ini mula – mulanya diawali dengan pandangan yang kabur, kemudian pusing, setelah itu timbul pula telinga berdenging, serta adanya gangguan bicara maupun mendengar.

Dan gejala – gejala seperti ini tentunya cukup mengganggu bagi para penderitanya, namun tidak membuat penderitanya merasakan lemah atau tak berdaya. Dan perlu diketahui, jenis migrain basilar ini merupakan jenis migrain yang erat kaitannya dengan stroke. Oleh karena itu, segeralah bawa ke dokter jika mengalami sakit kepala bagian belakang sebelah kanan dan disertai dengan gejala – gejala lainnya tadi.

  • Neuralgia oksipital

Pada penyakit neuralgia oksipital ini terjadi karena adanya gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang, yaitu dari pangkal leher sampai kepala. Dan neuralgia oksipital ini timbul karena adanya tekanan maupun iritasi yang terjadi di saraf oksipital. Dan tanda serta gejala pada neuralgia oksipital ini yaitu penderita terasa seperti tersengat listrik yang tajam menusuk pada kepala bagian belakang sampai leher.

Sponsors Link

  • Sakit kepala tegang

Terlalu lama menatap layar hp, stres, kurang tidur, berlama – lama dengan posisi duduk yang salah dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala tegang ini. Dan sakit kepala tegang itu disertai dengan tanda dan juga gejala yaitu sakit kepala bagian belakang sebelah kanan atau kiri atau keduanya, leher kaku, nyeri kepala, mual.

  • Sakit kepala harian kronis

Penyebab selanjutnya yaitu sakit kepala harian kronis. Pada sakit kepala harian kronis, terjadinya hampir setiap hari selama kurang lebih tiga bulan lamanya. Dan hal ini biasanya dipicu oleh adanya faktor kelelahan dan juga cedera baik itu pada kepala maupun leher. Sehingga penderita akan merasakan sakit kepala bagian belakang sebelah kanan, leher menjadi tegang.

Setelah diketahui penyebabnya, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang sebelah kanan tersebut :

  1. Hindari diri Anda dari stres, dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai
  2. Kurangi makanan yang mengandung MSG, dan begitu pula pada masakan yang Anda buat
  3. Tingkatkan konsumsi buah dan juga sayur
  4. Melakukan pijatan pada daerah yang sakit
  5. Mandi dengan air hangat
  6. Berolahraga secara teratur
  7. Konsultasikan ke dokter

Itulah tadi beberapa penyebab serta cara mengatasi sakit kepala bagian belakang sebelah kanan. Semoga bermanfaat!

, , , ,