Sponsors Link

Sakit Kepala Berdenyut Hebat – Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan sebuah penyakit yang sering dialami oleh orang – orang. Sakit kepala ini sendiri merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktifitas karna kepala akan terasa berat dan kemampuan untuk berfikir dan fokus pun berkurang. Rasa sakit yang dirasakan bahkan bisa menjalar hingga ke leher dan punggung. Sebagian besar sakit kepala memang berlangsung singkat biasanya terjadi hanya beberapa jam dan dapat ditangani dengan beristirahat dan minum air. Namun, bagi anda yang menderita sakit kepala yang terasa berjam – jam harap untuk segera memeriksakan diri ke dokter, karna bisa saja sakit kepala yang anda rasakan merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu.

ads

Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari terlalu lama berdiri, terlalu lama di depan gadget, stress hingga kondisi perut kosong. Namun ada juga beberapa sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti anemia, darah tinggi, flu dan dan lain – lain. Jika penyakit segera diobati maka sakit kepala anda pun akan berangsur – angsur ikut hilang.

Bagaimana dengan sakit kepala berdenyut hebat?

Sakit kepala berdenyut hebat jangan dianggap remeh karena rasa sakitnya yang sangat menyiksa bahkan bisa menyebar hingga ke leher dan punggung akan sangat mengganggu aktifitas anda. selain itu sakit kepala yang berdenyut hebat bisa jadi merupakan gejala aneurisma. Aneurisma merupakan kelainan pada pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah berbentuk melenting atau timbul tonjolan pada pembuluh darah . penyakit ini bisa menjadi berbahaya karna bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan penderita akan mengalami stroke. segera periksakan ke dokter anda bila anda merasakan sakit kepala yang berdenyut hebat, apalagi jika sakitnya terasa berjam – jam bahkan berhari – hari.

Penyebab Sakit Kepala Berdenyut Hebat

Sakit kepala kepala yang berdenyut hebat bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari stress hingga penyakit tertentu, untuk itu simak penjelasan mengenai penyebab sakit kepala berdenyut hebat berikut ini :

  1. Migrain

Penyebab yang pertama adalah karena migrain, penyakit migrain ini sendiri akan menyebabkan kepala terasa sakit yang berdenyut – denyut. Umumnya migrain hanya menyebabkan satu sisi kepala yang terasa sakit. Namun, beberapa penderita mungkin akan mengalami migrain pada kedua sisi kepala bahkan sakitnya akan menjalar sampai ke leher. Penderita migrain kebanyakan diderita oleh wanita terutama dengan rentan usia 18 – 65 tahun.

Meskipun migraine ini sering terjadi dan dianggap sebagai penyakit yang biasa, namun anda perlu mewaspadai jika migraine terjadi secara sering. Juga jika rasa sakit yang ditimbulkan tidak dapat diatasi dengan obat yang beredar di pasaran. Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Selain itu mengkonsumsi obat sakit kepala dengan sering juga sangat tidak dianjurkan.

  1. Ketegangan Otot

Ketegangan otot dapat terjadi ketika otot – otot pada bagian leher, kepala, dan bahu menjadi tegang atau terasa kaku. Ketegangan otot ini umum sekali terjadi terutama bagi orang yang berusia di atas 50 tahun. Ketegangan otot ini sendiri akan menyebar mulai dari leher hingga kepala dan dapat menyebabkan sakit kepala yang berdenyut – denyut. Biasanya ketegangan otot ini disebabkan oleh stress seperti orang yang terlalu lama bekerja di depan computer. Posisi tidur yang tidak tepat dan kurang tidur juga bisa menyebabkan ketegangan otot dan berdampak pada sakit kepala yang berdenyut – denyut.

Sponsors Link

Untuk mencegah ketegangan otot ini anda dapat melakukan peregangan leher sesekali saat anda bekerja. Selain itu anda juga bisa mengompres leher dengan air hangat apabila leher mulai terasa kaku dan sakit.

  1. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepla cluster merupakan sakit kepala yang terjadi secara berulang – ulang pada suatu siklus tertentu. Sakit kepala ini juga bisa menyebabkan penderita merasakan sakit kepala yang berdenyut hebat dan sakit kepala di malam hari. Sakit kepala ini dapat terjadi setiap minggu atau setiap bulan, sehingga sangat mengganggu penderitanya berakstifitas. Sakit kepala cluster ini dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari stress, suhu ekstrim, relaksasi, dan sakit kepala karena panas matahari.

  1. Penyebab Lainnya

Selain beberapa hal diatas ternyata sakit kepala yang berdenyut hebat juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti infeksi sinusitis, stroke, tumor otak, dan penyakit radang selaput otak atau meningitis. Meskipun sebenarnya penyebab ini cukup jarang terjadi, namun anda harus tetap memeriksakannya ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Berdenyut Hebat

sakit kepala harus segera diatasi karena efek sakit kepala sangat berbahaya bagi tubuh. untuk itu simak  beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala berdenyut hebat Berikut ini yang dapat anda coba :

  1. Memijat kepala dan pundak

Anda dapat memijat kepala dan pundak anda, dengan sedikit pijatan otot – otot yang kaku akan terelaksasi dan dapat melancarakan peredaran darah. Sehingga sakit kepala akan berangsur – angsur berkurang. Lakukan pijatan memutar pada area punggung, pundak, leher dan kepala

2. Melakukan Peregangan

jika anda sudah merasakan kaku pada area leher dan pundak segera lakukan peregangan untuk menghindari sakit kepala berdenyut hebat. Selain untuk mencegah sakit kepala berdenyut hebat, peregangan juga dapat membantu mengatasi sakit kepala yang melanda. Peregangan yang dapat anda lakukan seperti :

  • menggerakkan dagu ke depan, ke belakang dan ke samping.
  • Mengangkat bahu ke atas, ke depan dank ke belakang.
  • Menekan telapak tangan ke dahi selama beberapa detik
  • Mengangkat tangan ke atas sambal menarik nafas panjang lalu hembuskan sambil menghempaskan tangan ke bawah.
    Sponsors Link

Lakukan peregangan ini sekitar 10 menit sambal mengatur pernafasan anda.

  1. Istirahat Dalam Ruangan Gelap

Anda dapat mencoba untuk istirahat dalam ruangan gelap, karena biasanya orang yang menderita sakit kepala akan sangat peka terhadap cahaya dan menambah rasa sakit kepala.

Anda bisa istirahat dengan berbaring sebentar sambal memejamkan mata dan menarik nafas panjang untuk meregangkan otot – otot pundak dan leher yang kaku.

2. Kompres Dengan Air Hangat

Anda dapat mengkompres area pundak, leher dengan air hangat. Gunakan handuk yang bersih atau juga bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat. Selain itu anda juga bisa menggunakan handuk yang berisi es batu untuk di tempelkan pada area kepala yang sakit.

Itu tadi beberapa informasi mengenai sakit kepala yang berdenyut hebat mulai dari penyebab hingga cara menanganinya. Harap segera periksakan ke dokter anda apabila sakit kepala anda tidak kunjung reda.

, , ,