5 Penyebab Sakit Kepala Berhari-hari Tidak Sembuh dan Tanda Bahaya

Merasakan pusing berkunang-kunang sampai kepala berdenyut pasti akan mengganggu aktifitas. Pada orang dewasa kondisi ini memang sering terjadi sampai membuat tubuh tidak nyaman. Namun terkadang gejala menjadi lebih parah jika tubuh terasa lelah. Kemudian saat bisa tidur nyenyak di malam hari maka gejala hilang lagi pada pagi hari. Tapi hal yang menjengkelkan adalah ketika gejala muncul lagi terus menerus.

Bahkan ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk karena selalu berulang setiap hari. Rasa pusing atau pening justru menyerang setiap hari sampai membuat tubuh lemah dan tidak bertenaga. Lalu apa penyebab sakit kepala berhari-hari tidak sembuh dan tanda bahayanya? Berikut ulasan yang lengkap.

Penyebab sakit kepala berhari-hari ini diantaranya:

• Sakit kepala primer

Salah satu gejala dari munculnya sakit kepala primer adalah terasa pusing atau sakit kepala selama beberapa hari. Dan terkadang ketika sudah beri obat namun tidak menurunkan atau menghilangkan gejala. Sakit kepala primer juga bisa ditandai dengan munculnya rasa sakit kepala disertai otot leher yang kaku dan tegang. Semua ini bisa terjadi karena masalah pada sistem pembuluh darah. Sebenarnya ada beberapa jenis sakit kepala yang termasuk dalam sakit kepala primer seperti sakit kepala tegang yang menyebabkan sakit kepala terus menerus, migrain dan sakit kepala cluster. Jadi untuk mencari tahu apakah Anda terkena sakit kepala primer atau tidak maka sebaiknya segera periksa ke dokter terdekat.

• Penyakit meningitis

Salah satu gejala dari penyakit meningitis adalah bisa membuat penderita merasa sakit kepala yang parah selama berhari-hari. Pada saat baru gejala biasanya sakit kepala hanya terasa ringan kemudian menjadi berat karena tidak diobati dengan baik. Meningitis sendiri adalah sebuah infeksi yang disebabkan oleh virus dimana virus ini akan menyerang bagian selaput otak dan tulang belakang. Karena itulah ketika virus sudah menyerang bagian ini maka akan memicu sakit kepala yang parah.

Ada beberapa perbedaan sakit kepala biasa dengan meningitis dimana sakit kepala meningitis tidak kunjung sembuh setelah diobati. Sementara pada sakit kepala bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit termasuk seperti paracetamol. Kemudian penderita meningitis juga akan disertai dengan gejala lain seperti muntah-muntah, mual, berat badan menurun, detak jantung tidak teratur, sensitif terhadap cahaya, nafas lebih cepat dari orang normal.

Pada orang yang baru saja mengalami trauma kepala misalnya karena jatuh, kecelakaan atau serangan stroke maka bisa menyebabkan sakit kepala berhari-hari. Semua ini bisa terjadi karena adanya benturan ringan atau berat pada kepala sehingga perlu perawatan lebih lanjut.

Sakit kepala setelah mengalami trauma juga harus mendapatkan perhatian, karena bisa saja itu adanya gegar otak ringan. Efek dari gegar otak ringan atau berat yang tidak dirawat dengan tepat bisa menyebabkan masalah seperti sakit kepala, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, sulit bicara, tubuh lemah, gangguan syaraf, dan sulit untuk beraktifitas dengan normal. Karena itulah semua yang pernah mengalami trauma kepala sebaiknya melakukan pemeriksaan detail ke dokter.

• Gejala stroke

Sakit kepala selama beberapa hari juga menjadi indikasi adanya masalah penggumpalan darah dalam otak. Ada banyak hal yang menyebabkan stroke terjadi secara mendadak dengan gejala yang cukup singkat. Misalnya saja pada penderita tekanan darah tinggi dimana terjadi masalah pembuluh darah arteri pada otak yang bekerja maksimal. Kemudian juga pada orang yang menderita kolesterol tinggi dimana plak menumpuk pada arteri. Pada satu waktu maka plak tersumbat oleh kolesterol sehingga terjadi aneurisma pada otak dan bisa pecah sewaktu-waktu. Dalam kasus ini sering dibutuhkan operasi pembekuan darah di kepala.

• Adanya tumor otak

Sakit kepala terus menerus selama beberapa hari juga bisa menjadi indikasi adanya tumor otak. Memang ini penyakit yang sangat menakutkan namun diagnosis tidak bisa ditegakkan sebelum dilakukan proses diagnosa yang tepat oleh dokter ahli. Gejala utama dari tumor otak adalah munculnya sakit kepala terus menerus dimana sakit kepala sudah tidak bisa merespon perawatan dengan obat biasa.

Gejala yang perlu diperhatikan jika mengalami tumor otak adalah adanya masalah pada penglihatan, kemampuan bicara, kemampuan memori, masalah keseimbangan tubuh dan bisa pingsan sewaktu-waktu saat sakit kepala cukup parah. Ada banyak langkah yang perlu dilakukan sebelum menegakkan diagnosa tumor otak seperti MRI kepala, CT Scan kepala dan prosedur lain.

Berikut ini tanda bahaya sakit kepala berhari-hari:

1. Disertai masalah sulit bicara dan mati rasa. Hal yang perlu diwaspadai dari sakit kepala berhari-hari adalah jika muncul masalah lain seperti bagian tubuh yang mati rasa dan mulai sulit bicara. Kondisi ini bisa membuat penderita seperti orang yang linglung, sulit berkomunikasi, bicara melantur, kesemutan dan ada bagian yang mati rasa. Bisa jadi ini adalah sakit kepala yang menjadi tanda stroke.
  2. Masalah penglihatan. Jika sakit kepala berhari-hari disertai dengan migrain dan juga masalah penglihatan maka ini juga tanda bahaya. Tanda yang jelas seperti tiba-tiba pandangan mata kabur, berbayang atau lebih hitam. Ditambah lagi dengan adanya gejala yang muncul bersamaan seperti lemah, lesu, kesemutan dan pingsan.
  3. Obat tidak bekerja. Semua orang pasti akan mencari obat ketika sudah sakit kepala berhari-hari. Namun jika obat tidak mengatasi gejala maka itu tanda yang sangat berbahaya. Semua penderita yang sudah sakit kepala selama 24 jam sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.
  4. Ada tanda leher kaku dan demam. Sakit kepala yang sudah lama disertai dengan masalah demam dan leher yang kaku bisa menjadi gejala radang otak atau radang selaput otak. Kondisi penyakit ini sangat berbahaya sehingga harus segera dirawat.
  5. Disertai muntah dan mual. Pada orang yang sakit kepala disertai dengan muntah, mual, peka terhadap cahaya, migrain dan tidak nyaman maka bisa jadi terkena vertigo atau gegar otak. Dua kondisi ini juga bisa jadi tanda gejala penyakit lain.

Itulah semua penyebab sakit kepala berhari-hari tidak sembuh dan tanda bahaya yang bisa terjadi. Semua penderita yang sudah merasakan sakit kepala lebih dari 24 jam dan tidak sembuh setelah minum obat sebaiknya segera periksa ke dokter.