Sponsors Link

Hubungan Sakit Kepala dan Diabetes Melitus

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan salah satu jenis keluhan kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat. Kebanyakan penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat biasanya diikuti dengan gejala sakit kepala yang dialami oleh penderitanya. Gangguan kesehatan ringan seperti flu yang biasa kita alami biasanya juga diikuti dengan gejala sakit kepala. Penyakit seperti diabetes juga memicu gejala sakit kepala. Lalu bagaimana diabetes ini bisa menimbulkan sakit kepala? Bagaimana hubungan keduanya? berikut ini pembahasannya untuk anda.

ads

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan rasa sakit atau nyeri yang dirasakan pada bagian-bagian kepala. Ada berbagai penyebab sakit kepala. Jenis sakit kepala berdasarkan penyebabnya dibedakan menjadi dua jenis yakni sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder

  • Sakit Kepala Primer

Sakit kepala primer merupakan jenis sakit kepala yang bukan disebabkan karena penyakit. Sakit kepala jenis ini disebabkan karena adanya gangguan pada struktur kepala. Jadi sakit kepala ini bukan merupakan gejala dari penyakit lain, melainkan murni karena disebabkan oleh adanya gangguan pada kepala. Beberapa contoh sakit kepala primer adalah migrain, sakit kepala tegang, serta sakit kepala cluster.

  • Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit tertentu. Jadi jenis sakit kepala ini merupakan gejala dari suatu penyakit. Sakit kepala jenis ini bisa disebabkan oleh penyakit ringan hingga berat. Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan penderitanya mengalami gejala sakit kepala diantaranya flu, sinusitis, gangguan kesehatan gigi, hingga penyakit yang lebih berat seperti radang otak dan meningitis.

Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan tingginya kandungan gula dalam darah. Diabetes disebabkan karena tubuh tidak memproduksi insulin, insulin tidak mencukupi, ataupun tidak bekerja dengan baik. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon ini berfungsi untuk mengatur kandungan gula dalam darah.

Diabetes dibedakan menjadi dua tipe, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 1

  • Diabetes tipe 1

Diabetes tipe ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan hormon insulin. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang menghancurkan insulin dalam pankreas. Karena tubuh sudah tidak dapat menghasilkan hormon insulin, maka penderitanya memerlukan suntikan insulin setiap hari untuk menjaga kadar gula darahnya.

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe ini merupakan jenis diabetes yang paling umum dialami. Diabetes tipe ini terjadi karena hormon insulin tidak mencukupi ataupun karena terjadinya resistensi insulin. Kebanyakan penderitanya berusia ds beiatas 40 tahun. Selain itu orang yang mengalami obesitas serta memiliki riwayat diabetes dalam keluarga juga rentan mengalami diabetes jenis ini.

Orang yang mengalami diabetes biasanya mengalami gejala-gejala dibawah ini:

  1. Sering merasa haus
  2. Sering buang air kecil
  3. Mudah kelelahan
  4. Lamanya penyembuhan luka
  5. Sering merasa lapar
  6. Berkurangnya massa otot
  7. Peglihatan kabur
  8. Berat badan menurun

Diabetes dan Sakit Kepala

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sakit kepala bisa merupakan salah satu gejala dari suatu penyakit. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala. Diabetes merupakan kondisi tidak normalnya kadar gula dalam darah. Penyakit ini menimbulkan beberapa gejala dan komplikasi salah satunya adalah sakit kepala. Seorang penderita diabetes biasanya sering mengalami pusing dan sakit di kepala.

Sakit kepala yang dialami oleh penderita diabetes berhubungan dengan perubahan naik turunnya kadar gula dalam darah. Dikenal istilah hiperglikemia (kadar gula terlalu tinggi) dan hipoglikemia (kadar gula terlalu rendah).

Sponsors Link

  • Hiperglikemia dan Sakit kepala

Hiperglikemia adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Kadar gula normal dalam darah adalah sekitar 200 mg/dl.Hiperglikemia terjadi karena kadar gula melebihi batas normal. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya produksi insulin, ataupun karena insulin tidak bekerja dengan baik karena terjadinya resistensi insulinn. Salah satu gejala awal dari hiperglekimia adalah sakit kepala. Gejala yang terjadi biasanya muncul agak lambat. Rasa sakit bisa bertambah parah apabila kondisi semakin memburuk. Selain sakit kepala , gejala lain yang biasanya  dialami ketika sedang mengalami hiperglikemia adalah kelelahan, pandangan kabur, dehidrasi, sering buang air kecil, serta rasa lapar yang berlebihan.

  • Hipoglikemia dan Sakit Kepala

Hipoglikemia adalah kondisi sebaliknya dari hiperglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah jauh di bawah normal. Penderita diabetes biasanya memerlukan insulin tambahan ataupun obat-obatan pemicu produksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Namun apabila jumlah insulin terlalu berlebihan, maka secara otomatis kadar gula akan menurun drastis, maka terjadilah kondisi hipoglikemia. Berbeda dengan hiperglikemia, gejala hipoglikemia bisa muncul secara mendadak. Gejala- gejala yang muncul ketika anda sedang mengalami hipoglikemia adalah sakit kepala, lelah, pusing, berkeringat, gemetar, jantung berdebar, bibir kesemutan, serta kesulitan berkonsentrasi.

Cara Mengatasi Sakit Kepala dan Diabetes

Meskipun diabetes bukan jenis penyakit yang disembuhkan bukan berarti anda harurputus asa dan menyerah pada penyakit anda. Anda bisa tetap menjalani kegiatan sehari-hari dengan nyaman dengan menghindari munculnya gejala-gejala penyakit diabetes ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kadar gula dalam darah anda tetap normal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh anda.

Sponsors Link

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat mungkin menjadi hal umum yang sering dibicarakan banyak orang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Hal ini tentu saja karena asupan makanan memang menjadi salah satu penentu kesehatan tubuh anda. Terlebih bagi anda yang menderita diabetes. Anda harus selalu mengontrol asupan makanan anda untuk menjaga kadar gula dalam darah. Makanan-makanan alami seperti buah-buahan untuk obat sakit kepala dan sayuran merupakan salah satu pilihan makanan yang bisa anda konsumsi. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi serta rendah gula untuk membantu menjaga kadar gula darah.

  • Olahraga secara teratur

Salah satu pemicu orang mengalami diabetes adalah obesitas. Obesitas bisa terjadi karena konsumsi makanan yang berlebihan serta kurangnya olahraga. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan anda, sehingga anda dapat terhindar dari obesitas. Untuk penderita diabetes olahraga juga memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu biasakan untuk meluangkan waktu anda untuk berolahraga. Anda bisa berolahraga ringan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

  • Mengkonsumsi obat secara rutin

Penyakit diabetes berkaitan erat dengan keberadaan insulin dalam tubuh. Penderita diabetes biasanya membutuhkan bantuan obat-obatan untuk menjaga kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, selain mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, bagi anda yang memang membutuhkan bantuan obat, maka pastikan untuk mengkonsumsi obat secara rutin (sesuai resep dokter) untuk menjaga kadar gula dalam darah anda.

Demikian penjelasan mengenai hubungan sakit kepala dan diabetes. Apabila sakit kepala tidak segera mereda, segera hubungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

, ,