Sponsors Link

Sakit Kepala dan Mata Terasa Sakit

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan rasa sakit yang timbul pada sekitar bagian kepala dan juga leher, sakit kepala disebabkan oleh berbagai faktor. Sering kali seseorang merasakan sakit kepala dengan disertai berbagai gejala lainnya seperti halnya mual, muntah, rambut rontok dan juga mata terasa sakit. Sakit kepala pada umumnya disebabkan karena adanya gangguan pada bagian kepala maupun leher diantaranya yaitu kulit kepala, pembuluh darah, telinga, saraf-saraf di kepala, mata, dll. Sehingga tak heran jika beberapa orang mengalami rasa sakit kepala dengan disertai gejala lainnya termasuk sakit kepala yang disertai mata terasa sakit.

ads

Sakit kepala dan mata terasa sakit tentunya sangat membuat tidak nyaman. Biasanya seseorang merasakan sakit kepala disertai dengan mata terasa pedih, mata berair, mata pegal atau dapat juga ketegangan pada mata. Sakit kepala dan mata terasa sakit dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kornea mata yang bekerja tidak baik, terlalu banyak aktivitas di depan komputer, terlalu lama membaca, dll. Untuk itu berikut ini penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit kepala dan mata terasa sakit.

Penyebab Sakit Kepala dan Mata Terasa Sakit

Sakit kepala hubungan sakit kepala dengan mata disertai mata terasa sakit sering kali dirasakan sebagian orang. Sakit kepala disertai mata terasa sakit biasanya menandakan adanya ketegangan kepala, otot mata dan otot-otot leher dalam waktu bersamaan. Terjadinya ketegangan tersebut disebabkan oleh berbagai kegiatan yang memerlukan konsentrasi seperti membaca buku, memainkan komputer dalam waktu yang lama dll. Melakukan hal tersebut dalam waktu yang lama akan membuat kontraksi otot-otot mata mengalami kelelahan sehingga muncul sakit kepala disertai mata sakit. Rasa sakit kepala dan mata terasa sakit dipicu oleh beberapa faktor penyebab dibawah ini.

1. Mata tegang karena membaca dalam waktu yang sangat lama

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, akan tetapi perlulah mengetahui bagaimana cara membaca yang tepat. Membaca dalam waktu yang lama disertai posisi membaca yang salah seperti berbaring atau membaca pada tempat yang mempunyai pencahayaan terbatas dapat memicu sakit kepala dan mata terasa sakit. Oleh karena itu jika Anda membaca dalam waktu lama berilah beberapa menit jeda untuk mata beristirahat.

2. Mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer

Mata lelah juga dapat memicu sakit kepala dengan disertai mata terasa sakit. Salah satu penyebab mata lelah yaitu penggunaan komputer, ponsel, televisi, dll dalam waktu yang lama. Menggunakan komputer dalam waktu yang lama akan membuat mata menjadi lelah sehingga akan memicu rasa nyeri pada kepala disertai mata terasa sakit, jika Anda merasakan hal tersebut maka segerlah matikan komputer Anda dan beristirahatlah.

3. Penggunaan kacamata yang tidak sesuai

Bagi Anda yang mempunyai mata minus atau plus tentunya untuk membantu memperjelas apa yang dilihat harus menggunakan kacamata. Rupanya pemilihan kacamata yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit kepala dan mata terasa sakit selain itu mata minus juga dapat menjadi pemicu sakit kepala karena mata minus. Penggunaan kacamata dapat menekan daerah mata dan bagian telinga belakang sehingga jika terlalu lama digunakan akan menimbulkan rasa sakit kepala.

Selain 3 penyebab tersebut ada beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan sakit kepala dan mata terasa sakit. Penyebab lainnya yaitu mata yang kurang berkedip, cahaya yang berada pada ruangan terlalu terang dan kekurangan tidur. Selain itu sakit kepala karena ac bekerja atau berdiam pada ruangan yang menggunakan AC atau ruangan yang terdapat banyak debu dapat memicu sakit kepala dan mata terasa sakit.

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang disertai Mata Sakit

Setelah mengetahui apa saja penyebab sakit kepala dan mata terasa sakit maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit kepala tegang dan mencegah sakit kepala dan mata terasa sakit. Dengan mengetahui cara mengatasinya kita dapat lebih berhati-hati dan melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepada dan mata terasa sakit.

  • Membuat mata rileks dengan cara mengompres mata. Anda dapat mengompres mata dengan menggunakan sendok dingin atau dengan menggunakan irisan buah seperti mentimun dan juga strawberry.
  • Membersihkan mata dengan menggunakan penyegar, tonik atau pelembab mata dalam bentuk tetes mata. Terkadang penyegar mata mempunyai efek samping, jika Anda khawatir terdapat efek samping maka dapat menggunakan air dingin untuk membersihkan mata.
  • Ubah kebiasaan buruk seperti membaca dalam jarak yang dekat atau di tempat yang gelap. Selain itu atur keterangan cahaya laptop Anda jangan terlalu terang dan atur posisi komputer dengan mata Anda.
  • Istirahat dan tidur yang cukup
  • Jangan lupa berkedip setidanya 20 kali dalam satu menit. Terkadang ketika seseorang serius mengerjakan sesuatu membuat mata jarang berkedip.

Selain cara-cara tersebut Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan untuk obat sakit kepala dan sayuran. Batasi pikiran jangan memikirkan yang memicu terjadinya stres atau depresi. Lakukan berbagai kegiatan relaksasi mata misalkan membuang pandangan ke arah sekitar 6 meter, lakukan secara berkala. Sekian pembahasan mengenai sakit kepala dan mata terasa sakit.

, , , ,