Sakit Kepala di Alis Kiri : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sakit kepala adalah penyakit yang paling sering menyerang semua orang dan penyakit ini tak mengenal usia dari tua sampai muda pasti pernah merasakannya. Dilansir dari The American Headache Society, 78% orang Amerika menderita sakit kepala tegang, 12% migrain dan 1% sakit kepala cluster. Salah satu sakit kepala yang juga banyak menyerang saat ini adalah sakit kepala di alis kiri.

Sebelum membahas tentang penyebab dan mengatasinya, sebagai pembuka artikel kita akan membahas bagaimana gejala sakit kepala alis kiri ini:

• Biasanya terasa di sekitar belakang atau di dalam kedua mata
  • Sakit yang dirasakan terkadang terasa di alis sisi kiri sampai mata hingga kepala
  • Nyeri di area mata atau belakang mata
  • Rasa sakitnya bisa terasa hingga ke kening, hidung dan pipi
  • Terjadi berulang-ulang setiap hari

Dan masih banyak gejala-gejala lainnya. Setelah mengetahui gejalanya, berikut ini adalah penyebab sakit kepala dilansir dari berbagai sumber terpercaya :

1. Sakit kepala cluster
  2. Migrain
  3. Sakit kepala tegang
  4. Terlalu banyak konsumsi alkohol
  5. Terlalu banyak konsumsi minuman kafein
  6. Merokok
  7. Pemasangan gigi palsu yang tidak sesuai atau tidak presisi
  8. Menggunakan behel fashion yang notabene sangat membahayakan kesehatan

Dan bisa terjadi karena penyakit-penyakit tertentu seperti berikut :

1. Sinusitis

Sinusitis atau biasa disebut infeksi sinus merupakan peradangan kelenjar air liur yang terdapat di hidung, biasanya terjadi karena alergi dan iritasi di sinus karena polusi maupun bahan kimia. Sinusitis tak hanya menyebabkan sakit kepala di alis kiri namun juga menyebabkan demam. Hubungan sinusitis dengan sakit kepala sangat kuat, sehingga perlu penanganan yang tepat agar sinusitis segera sembuh.

2. Infeksi gigi

Infeksi gigi yang disebabkan karang gigi, karies, radang gusi, gigi berlubang, impaksi geraham bungsu, penggunaan behel fashion atau behel abal-abal maupun penyebab lainnya, dapat menyebabkan luka atau nyeri luar biasa. Terjadi bau mulut dan sakit kepala karena ujung saraf tertekan yang menyebabkan nyeri hingga rasa sakitnya menyebar ke kepala dan wajah. Pengaruh gigi berlubang dan sakit kepala juga dapat menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan.

3. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang terjadi karena tekanan di dalam mata yang menyebabkan kerusakan saraf optik yang membuat pandangan menjadi kabur hingga menyebabkan kehilangan penglihatan. Banyak faktor-faktor  yang menyebabkan terjadinya glaukoma antara lain karena kecelakaan, faktor usia dan lain sebagainya. Ciri penyakit ini selain pandangan kabur, mual muntah, mata memerah, nyeri, sakit kepala di area alis, mata dan wajah

4. Tumor

Tumor adalah sebuah penyakit yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh tumbuh abnormal atau tidak wajar. Tumor dapat terjadi di tubuh bagian mana saja, termasuk bisa terjadi di otak, dan saat terjadi tumor pada area wajah, kepala ataupun otak, si penderita akan menderita sakit kepala hebat hingga sampai ke alis dan bagian mata.

5. Infeksi Telinga

Infeksi telinga atau dalam istilah medis disebut Mastoiditis adalah penyakit yang menyerang tulang mastoid yaitu tulang yang terletak di belakang telinga. Penyebabnya adalah bakteri yang menyerang tulang mastoid dan membuat tulang mastoid ataupun area telinga terinfeksi dan meradang. Siapa saja bisa terserang penyakit mastoiditis, namun penyakit ini cenderung lebih sering menyerang anak-anak. Tanda mastoiditis yaitu telinga jadi kemerahan, bengkak, kehilangan pendengaran sementara dan ada kotoran keluar dari telinga, selain menyebabkan sakit kepala hebat hingga sampai ke area wajah, penyakit ini juga menyebabkan demam, dan tuli sementara.

Cara Mengatasi Sakit Kepala pada Alis Kiri

Bagi yang mengalami sakit kepala di alis kiri tersebut sungguh sangat menyiksa, bisa mengganggu aktifitas dan mengganggu pekerjaan. Nah berikut adalah cara-cara mengatasi sakit kepala di alis kiri :

1. Minum obat sakit kepala

Saat ini banyak beredar obat sakit kepala maupun pereda sakit kepala, salah satunya Paracetamol, Asam mefenamat dan masih banyak obat lainnya. Nah pilihlah salah satu yang paling cocok dan gunakan sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan.

2. Kurangi minum minuman berkafein

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik seperti halnya minum minuman berkafein. Dalam kadar disarankan kafien sangat bermanfaat membuat tubuh jadi segar, tidak mengantuk dan fresh. Namun apabila dikonsumsi berlebihan kafein bisa membuat sakit kepala, sulit berkonsetrasi, dan bersifat diuretik atau memperlancar buang air kencing.

3. Menghilangkan sakit kepala dengan menghirup oksigen murni

Menghirup oksigen murni dapat dilakukan di rumah sakit. Banyak penderita sakit kepala akut merasakan perubahan signifikan setelah melalukan terapi ini, antara lain jarang merasakan sakit kepala lagi.

4. Suntikan Ergotamin

Suntikan Ergotamin dilakukan pada pasien yang menderita migrain maupun sakit kepala akut. Prosedur ini hanya dapat dilakukan dilakukan oleh dokter yang berkompeten dibidangnya.

5. Minum obat pencegah sakit kepala

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah itu memang benar adanya. Saat ini telah banyak beredar obat pencegah sakit kepala, contohnya steroid dan obat penenang. Namun patut diwaspadai penggunaan obat-obatan seperti ini harus sesuai dosis yang dianjurkan atau sesuai petunjuk dan pengawasan dokter agar tidak terjadi overdosis.

Nah selesai sudah pembahasan kali ini tentang sakit kepala di alis kiri dari ciri ciri, penyebab sampai dengan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua, namun apabila sakit terus berlanjut alangkah baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut.