7 Penyebab Sakit Kepala Disertai Keluar Darah dari Hidung

Sakit kepala memang menjadi hal yang sangat umum untuk semua orang. Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala dan ternyata ini juga bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Kemudian setelah mengalami sakit kepala maka Anda bisa mengamati rasa sakit yang terjadi. Misalnya apakah kepala berputar, melayang, kliyengan dan sampai tidak sadar. Juga ada masalah yang bisa membuat sakit kepala bukan satu-satunya gejala seperti darah yang mulai mengeluarkan hidung.

Darah yang keluar dari hidung dikenal dengan mimisan. Namun mimisan tidak selalu terjadi dan biasanya juga tidak disertai dengan sakit kepala. Lalu apa penyebab sakit kepala disertai keluar darah dari hidung? Ikuti semua penjelasan dibawah ini.

1. Penyakit sinusitis

Penyakit sinusitis adalah penyakit yang menyebabkan adanya infeksi yang berkembang pada rongga sinus. Ini akan membuat penderita merasa flu dalam waktu yang sangat lama dan tidak sembuh-sembuh setelah diberi perawatan yang lama. Adanya ciri ciri sakit kepala sinusitis memang harus diwaspadai oleh penderita.

Setelah lama menderita sinusitis maka saat mengalami sakit kepala, ternyata bukan hanya ingus saja yang keluar tapi sudah bersama dengan darah. Hal ini menjadi tanda bahwa penyakit sinusitis sudah sangat parah dan harus mendapatkan perawatan termasuk dengan operasi.

Karena itu harus waspada dengan gejala sinusitis seperti:

• Sakit kepala terus menerus
  • Hidung mengeluarkan cairan
  • Hidung tersumbat cairan
  • Ada cairan busuk dari hidung
  • Lendir hidung sudah berwarna kehijauan.
  • Sakit pada rongga sinus jika ditekan.
  • Sering demam berkepanjangan
  • Batuk dalam waktu lama.

2. Rhinitis

Kondisi lain yang menyebabkan sakit kepala belakang disertai dengan mimisan atau keluar darah dari hidung adalah karena alergi rhinitis. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi yang paling sering pada anak-anak. Ada banyak penyebab alergi yang bisa menyerang penderita seperti udara yang terlalu dingin, udara panas, udara kering, debu, bulu binatang, jamur, ruang yang lembab dan termasuk bunga.

Kondisi ini selain menyebabkan sakit kepala juga akan memicu hidung yang sangat gatal, mengeluarkan cairan dan  selalu bersin. Sampai pada tahap yang sudah buruk maka bisa membuat hidung mengeluarkan darah. Namun darah ini bisa keluar karena pembuluh darah pada hidung sangat kecil dan mudah pecah. Saat terkena pemicu alergi maka pembuluh darah akan mudah pecah. Cara untuk mengendalikan kondisi ini termasuk seperti menghindari sumber alergi.

3. Anemia

Anemia yang sudah parah ternyata bisa sangat berbahaya karena memicu sakit kepala yang parah sampai hidung mengeluarkan darah. Jika sudah seperti ini maka perawatan intensif sangat diperlukan. Ada banyak pemicu anemia ini namun sebenarnya jika sudah sering mengeluarkan darah maka bukan termasuk anemia biasa. Ini bisa berhubungan dengan anemia aplastik dimana akan menyebabkan serangan sakit kepala dan mimisan.

Sakit kepala karena anemia ini bisa membuat kondisi penderita semakin menurun karena jumlah haemoglobin dalam tubuh juga semakin berkurang. Jika memang anak menderita kelainan ini maka harus mendapatkan pengawasan yang ketat. Sebelumnya anemia selalu menyebabkan gejala awal seperti kulit sangat pucat, lemah, gusi mulai berdarah, tubuh yang sangat mudah lelah, kulit sangat pucat dan tubuh mudah terkena infeksi, ada ruam merah di kulit dan terkadang sesak nafas.

4. Penyakit tekanan darah tinggi

Penderita tekanan darah tinggi memang paling sering menderita sakit kepala. Hubungan sakit kepala dengan hipertensi memang sudah dianggap biasa namun semua menjadi lebih parah jika ternyata sampai menyebabkan sakit kepala. Penyakit tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, adanya keturunan sampai kelainan tertentu. Bahkan juga terjadi pada penderita obesitas dan riwayat penyakit tertentu. Sebenarnya keluarnya darah pada penderita hipertensi menjadi tanda bahwa kondisi penyakit sudah sangat parah. Ini sangat berbahaya karena mungkin pembuluh darah dalam otak juga sudah cedera sehingga menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya.

5. Penyakit limfoma

Penyakit berat seperti limfoma juga bisa menyebabkan sakit kepala yang disertai dengan darah keluar dari hidung. Kondisi ini terjadi pada bagian limfosit atau sel darah putih yang sebenarnya bekerja untuk melawan infeksi. Ketika limfosit tidak normal maka akan membuat kekebalan tubuh menurun sehingga penderita menunjukkan gejala yang lebih parah.

Kanker limfoma sebenarnya bisa terjadi pada semua bagian tubuh termasuk hidung dan rongga sinus. Kemudian ketika terjadi pertumbuhan limfoma pada bagian hidung atau rongga sinus maka akan membuat pembuluh darah lebih tipis sehingga akhirnya terjadi sakit kepala dan pendarahan hidung.

6. Penyakit leukimia

Hal yang sangat menakutkan dari gejala sakit kepala dan keluar darah dari hidung adalah penyakit leukimia. Penyakit ini akan menyebabkan darah sering mengalir sehingga membuat penderita tidak nyaman. Kemudian selain itu juga ada bagian tubuh yang terlihat memar, ruam merah dan mudah berdarah. Penyakit ini termasuk jenis kanker yang menyerang darah putih sehingga kemampuan darah putih melawan infeksi menjadi sangat lemah.

Semua terjadi ketika kanker mulai merusak fungsi dari sum sum tulang belakang yang sebenarnya berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah dan membuat pasokan trombosit tercukupi. Sebenarnya semua kondisi penyakit leukimia yang termasuk dalam AML dan CLL memang sangat sulit diobati.

Saat darah sudah mengalir dari hidung maka biasanya juga akan sulit untuk dihentikan dan biasanya menjadi lebih buruk lagi. Gejala lain dari leukimia termasuk seperti demam, keringat dingin, keringat saat tidur malam, nyeri pada semua bagian tulang, kelenjar getah bening membengkak, lemas dan berat badan turun dengan cepat.

7. Adanya kanker karsinoma nasofaring

Penyakit yang bisa membuat penderita mengalami sakit kepala dan pendarahan hidung di waktu yang bersamaan termasuk seperti karsinoma nasofaring. Ini penyakit yang membuat pertumbuhan kanker pada bagian nasofaring yaitu bagian atas faring antara atas tenggorokan dan belakang hidung. Lapisan squamous cell carcinoma muncul pada bagian jaringan hidung.

Penyakit sering ditandai dengan sakit kepala dan mimisan yang terus menerus. Terkadang ketika sudah parah maka tidak hanya menyebabkan pendarahan tapi juga cairan dari hidung. Penyakit ini sering ditemukan dalam kondisi yang sudah cukup berat karena saat masih gejala juga sulit untuk dideteksi. Penderita bisa merasa lebih buruk lagi karena penyakit sudah menyebar ka aliran darah, paru-paru, hati dan sistem limfa.

Inilah penyebab sakit kepala disertai keluar darah dari hidung. Mengingat bahwa ini kondisi yang bisa menjadi penyakit serius maka segera lakukan perawatan jika sudah terjadi gejala.

Kategori : Kesehatan