4 Penyebab Sakit Kepala Disertai Mimisan dan Mual

Mimisan memang biasa terjadi tertama pada anak-anak. Namun, ternyata ada beberapa kondisi tertentu pada mimisan yang merupakan salah satu gejala penyakit tertentu. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengetahui mimisan disertai dengan gejala lain penyertanya.

Biasanya, pada seorang yang mimisan, selain mimisan ia akan mengalami keluhan lainnya seperti sakit kepala terus menerus dan juga sakit kepala disertai mual. Pada kondisi sakit kepala disertai mimisan dan juga mual yang ringan, biasanya ia hanya berlangsung sebentar. Namun, pada sakit kepala disertai mimisan yang berat atau menandai ada penyakit tertentu, maka ia akan berlangsung lama dan darah yang keluar dari hidung tak kunjung berhenti. Dan biasanya hal tersebut akan menyebabkan kulit menjadi pucat, sulit bernafas, detak jantung tidak beraturan, dan mual muntah.

Mimisan atau yang dikenal dengan istilah medis epitaksis ini merupakan suatu kondisi dimana terdapat pembuluh darah pada hidung yang pecah, yang menyebabkan terjadinya keluarnya darah dari hidung. Hal ini biasa disebabkan oleh adanya trauma pada hidung, kelelahan dan juga suhu udara sekitar yang panas. Dan yang paling sering mengalami mimisan ini adalah anak-anak, karena pada anak, pembuluh darah masih sangat rapuh sehingga mudah pecah. Pada kondisi sakit mimisan, sakit kepala an mual yang ringan, telah disebutkan disebabkan oleh beberapa kondisi yang telah disebutkan di atas. Namun, pada kondisi yang cukup serius, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit berikut :

1. Karsinoma nasofaring

Kanker ini adalah kanker yang terjadi pada bagian atas faring (tenggorokan) yaitu bagian nasofaring. Pada karsinoma nasofaring ini, selain menyebabkan mimisan yang disertai sakit kepala dan juga mual, juga menimbulkan suatu gejala, yaitu lendir atau ingus yang keluar dari hidung terdapat bercak darah. Karsinoma sel skuamosa ini merupakan sel kanker penyebab karsinoma nasofaring, yang biasa timbul di jaringan lapisan hidung. Dan pada karsinoma nasofaring ini hanya terjadi pada salah satu sisi hidung dan perdarahan yang keluar tidak terlalu banyak, sehingga hampir sama dengan gejala mimisan lain pada umumnya. Namun, lama kelamaan pada kanker ini jika dibiarkan begitu saja, akan menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya, melalui aliran darah.

2. Leukimia

Pada saat Anda mengalami sakit kepala yang tak kunjung sembuh disertai mimisan dan terkadang mual, hal ini juga bisa merupakan salah satu indikasi dari penyakit leukimia atau kanker darah. Leukimia ini adalah suatu kondisi dimana dimana sel kanker darah putih menghambat darah putih dalam melawan infeksi. Dan suatu kondisi dimana sum-sum tulang tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup.

Penyakit leukimia ini merupakan jenis paling umum dari kanker darah, dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu, leukimia akut atau acute myeloid leukimia dan leukimia kronis atau chronic lymphocytic leukimia. Pada jenis leukimia kronis adalah jenis leukimia yang paling berbahaya, karena ia sulit untuk diobati. Serta gejala dari penyakit leukimia ini antara lain yaitu, mimisan, sakit kepala, mudah mengalami memar atau berdarah, demam, berkeringat di malam hari, nyeri pada tulang, lemas, pembengkakan pada kelenjar getah bening, berat badan menurun tanpa ada sebab yang jelas.

3. Limfoma

Limfoma ini adalah suatu penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh mana saja, berupa daging tumbuh yang dapat menyebabkan mimisan dan penyebab sakit kepala. Dan merupakan kanker yang biasa menyerang pada sistem limfatik. Sistem limatik ini memiliki fungsi membantu tubuh dalam pembentukan sistem imun tubuh atau antibodi pada tubuh yang berfungsi memerangi infeksi.  Akan tetapi pada kondisi limoma ini, sel-sel kanker menyerang sistem limfoma, sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan akhirnya rentan terhadap infeksi. Gejala limfoma ini yaitu, mimisan, sakit kepala, berkeringat pada malam hari, demam, batuk yang tak kunjung sembuh, sering terkena infeksi, gatal-gatal di seluruh tubuh, sakit dada, nyeri perut, mual, pembengkakan pada perut, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, nafsu makan menurun.

4. Tekanan darah tinggi

Pada saat Anda mengalami tekanan darah tinggi yang sudah cukup parah, Anda akan mengalami gejala sakit kepala berdenyut hebat dan juga mimisan. Karena pada saat tekanan darah Anda sangat tinggi, akan menyebabkan tekanan darah lebih bekerja keras pada otak sehingga menyebabkan pembuluh darah hidung bagian belakang pecah pada dan timbulah mimisan.

Itulah tadi beberapa penyebab dan penyakit yang menyebabkan sakit kepala disertai mimisan dan mual. Semoga bermanfaat!