Sponsors Link

Sakit Kepala disertai Mual dan Keringat Dingin

Sponsors Link

Hampir setiap orang pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi pada sekitar kepala maupun leher. Sakit kepala disebabkan oleh banyak faktor. Pada umumnya sakit kepala merupakan kondisi dimana terjadinya gangguan pada bagian struktur yang sensitif terhadap sakit pada bagian bagian kepala dan juga leher seperti pada kulit kepala, pembuluh darah, telinga, saraf-saraf kepala, jaringan bawah lemak kepala, dll. Sakit kepala biasanya dirasakan dengan waktu yang tidak dapat terprediksi bisa terjadi secara singkat yaitu beberapa menit bahkan dapat dirasakan hingga berhari-hari. Cara mengatasi sakit kepala dapat dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala, istirahat yang cukup, mengatur pola hidup sehat, dll. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua sakit kepala merupakan sakit kepala biasa.

ads

Secara umum penyebab terjadinya sakit kepala dibagi menjadi 2 macam yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer yaitu sakit kepala yang disebabkan tanpa adanya penyebab khusus yang berhubungan dengan penyakit lainnya sedangkan sakit kepala sekunder yaitu sakit kepala yang disebabkan akibat penyakit yang diderita oleh seseorang. Banyak orang merasakan sakit kepala dengan disertai berbagai gejala lainnya salah satunya yaitu disertai mual dan keringat dingin. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai penyebab sakit kepala dan cara mengatasi sakit kepala disertai mual dan keringat dingin. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasi sakit kepala disertai mual dan keringat dingin? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Penyebab Sakit Kepala disertai Mual dan Keringat Dingin

Ketika seseorang merasakan sakit kepala dengan disertai mual dan keringat dingin tak sedikit orang merasa khawatir terhadap apa yang dirasakan. Terjadinya sakit kepala disertai mual dan keringat dingin menunjukkan terjadinya gangguan pada fungsi sistem tubuh. Terjadinya sakit kepala disertai mual dan keringat dingin pada umumnya merupakan gejala yang disebabkan oleh fungsi kerja lambung. Akan tetapi tidak semua sakit kepala yang disertai mual dan keringat dingin disebabkan oleh gangguan pada lambung. Banyak sekali kemungkinan penyebab sering sakit kepala dan mual diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Migrain

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala disertai mual dan keringat dingin yaitu migrain. Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang menyerah salah satu bagian kepala atau sebelah. Biasanya seseorang yang menderita migrain akan merasa mual pada saat terjadinya migrain atau bahkan sebelum migrain terjadi. Selain mual penderita migrain pula sesekali akan merasakan keluar keringat dingin.

2. Efek samping dari obat yang dikonsumsi

Penyebab yang kedua yaitu akibat efek samping saat mengonsumsi obat. Hampir setiap obat akan mempunyai efek samping yang ditimbulkan apabila Anda mengonsumsi obat melebihi dosis atau tubuh tidak dapat menerima obat tersebut dengan baik. Sakit kepala disertai mual dan keringat dingin merupakan salah satu efek samping yang paling umum terjadi dari berbagai jenis obat.

3. Trauma pada bagian kepala

Penyebab yang ketiga yaitu terjadinya trauma pada bagian kepala. Salah satu jenis trauma pada kepala yaitu geger otak. Seseorang yang mengalami geger otak akan merasakan gejala sakit kepala yang disertai mual dan juga keringat dingin bahkan sakit kepala tersebut dapat disertai dengan muntah. Trauma pada kepala tidak hanya geger otak beberapa kondisi trauma kepala lainya dapat menjadi pemicu terjadinya sakit kepala disertai mual.

4. Infeksi pada sistem saraf

Penyebab sakit kepala berlebihan yang keempat yaitu terjadinya infeksi pada sistem saraf pusat tepatnya pada bagian otak dan juga sumsum tulang belakang. Infeksi pada sistem saraf tersebut diantaranya yaitu encephalitis, meningitis, dll. Infeksi yang terjadi pada sistem saraf pusat akan memiliki gejala sakit kepala disertai mual dan keringat dingin. Selain 4 penyebab diatas masih banyak kemungkinan terjadinya sakit kepala yang disertai dengan mual dan keringat dingin. Untuk lebih jelasnya dapat konsultasi langsung kepada dokter Anda.

Cara Mengatasi Sakit Kepala disertai Mual dan Keringat Dingin

sakit kepala disertai mual dan keringat dingin tentunya tidak diinginkan oleh setiap orang. Rasa sakit yang  dirasakan akan mengganggu aktivitas yang biasa dilakukan oleh karena itu perlu dilakukan berbagai cara untuk mengatasi sakit kepala disertai mual dan keringat dingin tersebut. Berikut ini cara mengatasi sakit kepala disertai mual dan keringat dingin diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Kondisi tubuh yang sehat dipengaruhi oleh waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan merasa bugar dan akan terhindari dari rasa mudah lelah dan sakit kepala.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang asam dan juga pedas. Salah satu penyebab sakit kepala disertai mual yaitu adanya gangguan pada sistem kerja lambung. Oleh karena itu hindari makanan yang asam dan pedas.
  • Terapkan pola hidup sehat dengan memilih menu makanan yang bergizi. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan untuk obat sakit kepala dan makanan bergizi lainnya. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji.
  • Atur pola makan secara teratur. Salah satu penyebab sakit kepala yaitu adanya gangguan pada lambung yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Oleh karena itu biasakan untuk makan secara teratur jangan sampai tidak makan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala disertai mual dan keringat dingin. Oleh karena itu perlulah mengatur pola hidup sehat seperti memilih makanan yang bergizi, berolahraga yang teratur dan beristirahat yang cukup. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab sakit kepala yang dirasakan dapat langsung berkonsultasi oleh dokter Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sekian pembahasan mengenai sakit kepala disertai mual dan keringat dingin, semoga bermanfaat.

, , , ,