Sponsors Link

Sakit Kepala disertai Mual dan Rambut Rontok

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang dirasakan pada bagian kepala hingga bagian leher. Sakit kepala dapat menyerang secara tiba-tiba dan dapa dirasakan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sakit kepala merupakan gangguan yang umum dirasakan oleh setiap orang, sakit kepala dapat saja terjadi karena gangguan kesehatan biasa akan tetapi sebaliknya dapat saja sakit kepala merupakan gejala dari suatu gangguan kesehatan yang serius. Oleh karena itu jangan menyepelekan sakit kepala, sakit kepala dapat dirasakan dengan disertai berbagai gejala lainnya seperti mual, muntah, mata terasa sakit dan juga rambut rontok. Untuk itu Anda perlu mengetahui dan berwaspada terhadap sakit kepala dengan disertai gejala lainnya seperti rambut rontok. Sakit kepala tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, meskipun rambut rontok tidak menyebabkan sakit secara berlebihan akan tetapi beberapa orang akan merasa kehilangan kepercayaan dirinya ketika rambut rontok. Oleh karena itu kenali penyebab dan cara mengatasi sakit kepala disertai mual dan rambut rontok.

ads

Penyebab Sakit Kepala disertai Mual dan Rambut Rontok

Terjadinya sakit kepala dengan disertai mual dan rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Sakit kepala disertai mual dan rambut rontok dapat disebabkan karena ganggaun kesehatan yang ringan akan tetapi dapat juga akibat gangguan kesehatan yang serius. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sering sakit kepala dan mual disertai rambut rontok diantaranya yaitu :

1. Stress

Penyebab yang pertama yaitu akibat stress. Seseorang sering merasakan stress ketika mendapat banyak sekali beban hidup mulai dari pekerjaan yang berat, tekanan emosional dari lingkungan, dll. Rupanya dengan mengalami stress yang berat akan memicu terjadinya sakit kepala disertai mual dan rambut rontok. Pada saat stress folikel rambut akan menjadi tidak aktif dan pada saat itu rambut akan lebih mudah rontok. Biasanya sakit kepala disertai mual dan rambut rontok yang disebabkan oleh stress seringkali terjadi pada wanita hal ini karena wanita mempunyai tingkat sensitifitas yang lebih tinggi sehingga sangat mudah stress ketika mendapat banyak tekanan di kehidupannya.

2. Istirahat yang kurang

Penyebab yang kedua yaitu pola istirahat yang tidak cukup. Istirahat yang kurang tepatnya kurang tidur akan memicu terjadinya sakit kepala. Selain itu tidur dengan waktu yang tidak tepat pun akan memicu sakit kepala dan juga akan menimbulkan rasa mual dan rambut yang rontok.

3. Makanan yang tidak sehat

Makanan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala disertai mual yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak MSG. Selain itu banyak sekali jenis makanan yang dapat menjadi pemicu sakit kepala disertai mual dan rambut rontok seperti makanan difermentasi, kacang-kacangan, minuman beralkohol, dll. Jika Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang banyak maka akan menghambat kerja pembuluh darah di otak. Hal tersebut akan menyebabkan sakit kepala, sedangkan rambut rontok terjadi akibat tubuh mengalami kekurangan protein.

4. Siklus Menstruasi

Beberapa wanita berpikiran kenapa saat haid kepala pusing dan mual. Selain stress penyebab wanita sering merasakan sakit kepala disertai mual dan rambut rontok yaitu siklus menstruasi. Menstruasi pada wanita mempunyai keterkaitan dengan hormon. Siklus menstruasi seseorang menyebabkan terjadinya hormon yang tidak stabil sehingga memicu terjadinya sakit kepala disertai mual dan rambut rontok.

Selain 4 penyebab tersebut ada beberapa penyebab lainnya seperti efek samping dari penggunaan obat-obatan. Sedangkan penyebab sakit kepala yang menunjukkan gangguan serius diantaranya anemia, lupus, hipertroidisme dan kanker otak. Akan tetapi untuk memastikan apa penyebab yang mengakibatkan rasa sakit kepala yang Anda rasakan dapat langsung berkonsultasi dan periksa kepada dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala disertai Mual dan Rambut Rontok

Sakit kepala tentunya sangat mengganggu pekerjaan dan kegiatan sehari-hari yang biasa Anda lakukan oleh karena itu jangan membiarkan sakit kepala terasa dalam waktu yang lama. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan juga mencegah terjadinya sakit kepala terus menerus. Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit kepala disertai mual dan rambut yaitu :

  • Kendalikan diri agar terhindar dari tekanan emosional, stress dan gangguan psikologis lainnya.
  • Pilihlah makanan dan minuman yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman beralkohol.
  • Minumlah air putih yang cukup setidaknya 2 liter dalam sehari.
  • Atur pola tidur Anda gunakan waktu beristirahat sebaik mungkin, hindari hal-hal yang merugikan tubuh seperti bergadang dan merokok karena merokok dapat menyebabkan sakit kepala karena asap rokok.
  • Lakukan olahraga secara teratur setidaknya 3 kali dalam satu minggu.
  • Konsumsi minuman jahe asli dan jus semangka. Jahe merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak khasiat jahe untuk sakit kepala.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya sakit kepala disertai mual dan rambut rontok. Untuk itu mulai dari hari ini biasakan diri untuk mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Sekian pembahasan mengenai sakit kepala disertai mual dan rambut rontok, semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Kesehatan