Sponsors Link

7 Penyebab Sakit Kepala Disertai Muntah Pada Anak

Sponsors Link

Jika anak Anda mengeluh kepala terasa sakit dan kemudian setelah itu ia muntah, maka jangan sepelekan hal tersebut dan jangan pula terlalu panik, kenalilah gejala sakit kepala disertai muntah tersebut, kemudian lakukanlah penanganan dengan tepat. Karena pada dasarnya sakit kepala disertai muntah pada anak ini, ada yang merupakan tanda dan gejala dari penyakit yang bisa dengan penanganan sendiri di rumah, namun adapula yang perlu untuk ditangani langsung oleh dokter.

ads

Penyebab sakit kepala pada anak umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, pada sakit kepala disertai muntah ini, akan kita bahas disini. Biasanya anak yang mengeluhkan sakit kepala, akan memberikan keluhan penyertanya seperti sakit kepala disertai mual, atau muntah, atau keringat dingin, demam, dan yang lainnya. Biasanya sakit kepala disertai muntah pada anak ini disebabkan oleh adanya tekanan yang meningkat pada kepala anak, meningkatnya tekanan pada kepala anak menyebabkan timbulnya rasa ingin muntah tersebut. Tidak hanya muntah namun seringkali menyebabkan timbulnya sakit kepala berdenyut hebat.

Penyebab sakit kepala disertai muntah pada anak

Untuk melakukan penanganan yang tepat pada sakit kepala yang dialami oleh anak, tentunya kita perlu mengenali berbagai faktor penyebab sakit kepala disertai muntah pada anak. Berikut beberapa penyebab sakit kepala pada anak yang disertai muntah :

      1. Motion sickness

Motion sickness ini adalah mabuk perjalanan. Dan biasanya terjadi saat anak sedang berada di perjalanan laut, udara bahkan darat. Biasanya saat berada di perjalanan anak akan mengeluhkan sakit kepala kemudian tidak lama kemudian ia akan mengalami muntah. Pada saat anak mengalami sakit kepala disertai muntah karena motion sickness ini maka coba berilah ia air hangat, kemudian minyak angin seperti minyak kayu putih atau minyak telon pada seluruh tubuhnya dan berikan ia pijatan. Anda dapat menggunakan cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan pada kondisi ini untuk merilekskan otot kepala anak.

      2. Migrain

Pada sakit kepala migrain ini, biasanya anak akan mengeluhkan sakit pada kepala di bagian salah satu sisi kepala saja dan biasanya pada kondisi yang tidak terlalu serius akan disertai dengan mual. Namun, pada sakit kepala migrain yang sudah parah ia akan mengalami muntah. Dan biasanya disertai dengan gangguan pada saat melihat cahaya juga kebisingan. Jika anak Anda mengalami hal ini dan sudah disertai dengan muntah, maka langkah paling awal adalah berikan obat penurun panas pada anak seperti paracetamol atau yang lainnya yang khusus untuk anak. Kemudian berikan anak minum air hangat yang banyak disertai dengan pemberian makan yang sedikit-sedikit tapi sering dan jika muntah serta sakit kepala tak kunjung reda, segeralah bawa ke dokter.

      3. Infeksi

Pada saat anak mengalami infeksi, maka virus atau bakteri tersebut akan menyerang sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Dan jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan sakit kepala disertai mual muntah pada anak. Pada jenis sakit kepala ini bisa berupa meningitis, yaitu infeksi pada selaput otak yang menyebabkan peradangan pada membran yang melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Gejala sakit kepala disertai muntah akibat meningitis ini memiliki gejala, yaitu, muntah terus menerus, sakit kepala hebat, leher kaku, demam tinggi yaitu lebih dari 38 derajat celcius, nafas cepat dan terganggu dengan adanya cahaya. Untuk penanganan pada meningitis ini, anak harus segera dibawa ke dokter, karena pada sakit kepala disertai muntah jenis ini, perlu penanganan cepat dan tepat dari dokter.

      4. Efek samping obat tertentu

Biasanya ada beberapa obat tertentu yang menimbulkan efek samping berupa sakit kepala yang disertai mual dan muntah. Cobalah untuk melihat bagian label obat untuk melihat efek samping obat tersebut lebih jelasnya.

      5. Cedera atau trauma kepala

Saat anak mengalami cedera kepala yang cukup parah, pada umumnya ia akan mengalami nyeri pada kepala yang disertai dengan muntah, dan ini bisa merupakan pertanda gegar otak. Periksalah segera ke dokter jika anak mengalami benturan di kepala dan ia mengalami muntah.

      6. Dehidrasi

Dehidrasi atau kurangnya cairan pada anak bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala disertai dengan mual dan muntah pada anak. Gejala anak dehidrasi yaitu ia terlihat lemas, bibir kering, urine berwarna kuning pekat bahkan kecoklatan. Segera berikan minum yang banyak serta larutan oralit jika anak mengalami hal tersebut. Cairan dapat berupa air utih, jus atau yang lainnya. Anak juga bisa diberikan buah buahan kaya akan air serta sayuran, sebagai pengganti cairan yang hilang tersebut.

      7. Tumor otak

Pada anak dengan kasus tumor pada otak ini, anak akan mengalami sakit kepala yang hebat dan tak tertahankan. Serta disertai dengan muntah. Segeralah untuk membawanya ke dokter pada kasus ini.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala disertai muntah pada anak. Semoga dapat membantu Anda dalam melakukan penanganan yang tepat pada anak.

, , ,