Sponsors Link

Sakit Kepala Hebat Saat Tipes: Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Tipes atau demam tifoid, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan tipes adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi oleh bakteri pada saluran pencernaan. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri salmonella thypi. Bakteri ini menyebabkan peradangan pada saluran cerna yang membuat penderitanya mengalami gejala demam, sakit kepala, sembelit, atupun diare.

ads

Penyakit ini dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri. Bakteri penyebab Tipes masuk ke tubuh apabila kita mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi. Kebersihan lingkungan, terbatasnya ketersediaan air bersih, serta buruknya sanitasi biasanya menjadi penyebab berkembangnya penyakit tipes. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan makanan terkontaminasi, seperti makanan dihinggapi oleh lalat yang sudah terkontaminasi oleh bakteri salmonella typhi, ataupun makanan yang dicuci oleh air yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab penyakit ini.

Gejala tipes biasanya mulai muncul 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi oleh bakteri. Gejala Tipes ini bisa berkembang menjadi tipes ringan maupun berat. Penyakit ini bisa membahayakan apabila tidak segera ditangani. Tipes biasanya banyak dialami oleh anak-anak karena sistem imun mereka masih belum terbentuk sempurna.

Gejala

Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang terkena penyakit Tipes. Gejala penyakit ini biasanya baru terlihat setelah satu sampai tiga minggu tubuh terinfeksi. Berikut ini adalah gejala-gejalanya.

  • demam tinggi
  • tubuh lemas
  • sembelit atau diare
  • sakit kepala
  • kehilangan nafsu makan
  • sakit perut
  • pendarahan internal dan kematian

Resiko yang paling membahayakan dari penyakit ini adalah terjadinya komplikasi. Apabila penyakit ini tidak segera ditangani dapat menyebabkan terjadinya pendarahan di dalam tubuh. Komplikasi yang tidak segera ditangani dapat sangat membahayakan, bahkan kematian.

Gejal Tipes biasanya berkembang dari minggu ke minggu. Pada minggu awal, gejala yang dialami adalah demam, kemudian demam tinggi, lemas, sakit kepala, serta batuk kering. Pada minggu kedua, apabila gejala awal Tipes belum mengalami penanganan, kemungkinan penderita akan mengalami gejala selanjutnya seperti demam tinggi, masalah pencernaan seperti diare atau sembelit, sakit perut, serta perut kembung. Pada tahap selanjutnya, demam akan menurun.

Akan tetapi, apabila gejala tipes yang dialami tidak segera mendapat penanganan, maka akan menyebabkan kemungkinan terjadinya komplikasi. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah terjadinya pendarahan. Apabila dibiarkan akan sangat membahayakan. Oleh karena itu segera lakukan pengobatan apabila anda mengalami gejala Tipes. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat untuk mengobati kondisi anda.

Sakit Kepala dan Tipes

Sakit kepala hebat saat tipes? Bagaimana hubungan keduanya? Apakah tipes dapat menyebabkan sakit kepala? Ya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya salah satu gejala dari tipus adalah sakit kepala. Penderita tipes biasanya akan mengalami demam tinggi. Gejala khas tipes adalah demam tinggi, biasanya demam tinggi terjadi di sore atau malam hari.

Jadi apabila anda menderita penyakit tipes maka anda kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala sebagai gejalanya. Selain itu penderita tipes juga akan mengalami demam, tubuh lemas, serta masalah pencernaan. Sakit kepala karena tipus ini akan sembuh seiring membaiknya gejala tipes anda. Oleh karena itu untuk mengobati sakit kepala ini anda sebaiknya mengobati penyakit tipes anda secara keseluruhan.

Sponsors Link

Pengobatan

Penyakit tipes adalah penyakit yang dapat membahayakan apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya apabila anda segera memeriksakan diri anda ke dokter apabila anda mengalami gejala tipes. Dengan berkonsultasi dengan dokter anda dapat mengetahui penyebab pasti sakit yang anda alami serta cara pengobatannya.

Apabila gejala tipes masih ringan anda dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah. Pengobatan untuk tipes dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik. Pengobatan untuk gejala awal tipes dapat dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik selama satu sampai dua minggu. Akan tetapi untuk kasus yang lebih berat, sebaiknya anda segera melakukan pengobatan ke rumah sakit. Kasus tipes tingkat lanjut yang tidak segera ditangani dapat sangat membahayakan.

Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata-kata ini mungkin sudah terlalu sering anda dengar, bahkan mungkin anda sudah bosan mendengar kalimat ini. Akan tetapi, kalimat tersebut memang benar adanya. Pencegahan lebih baik dilakukan daripada membiarkan penyakit muncul dan mengobatinya. Agar kita tidak terinfeksi dan menderita penyakit tipes, maka kita harus mencegahnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit tipes.

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit ini adalah bakteri. Bakteri penyebab penyakit ini biasanya menyebar melalui makanan ataupun minuman yang terinfeksi oleh tinja yang mengandung bakteri salmonella thypii yang merupakan bakteri penyebab penyakit ini. Lalat bisa menjadi media yang yang menyebabkan makanan terinfeksi oleh bakteri ini. Oleh karena itu selalu jaga kebersihan lingkungan anda. Bukan hanya agar terhindar dari penyakit, Tipes, tapi juga penyakit lainnya.

  • Memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Pastikan makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang sehat, serta bersih dana man dikonsumsi. Patikan untuk mencuci buah dan sayur serta bahan makanan lainnya yang akan anda konsusmi. Selain itu, proses memasak yang benar dapat membantu membunuh bakteri. Beberapa jenis bakteri akan mati dalam suhu yang tinggi.

Sponsors Link

Apabila anda membeli makanan dari luar, jangan sampai anda hanya mempedulikan masalah rasa saja. Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan dan kesehatan dari makanan yang anda beli.

  • Selalu mencuci tangan sebelum makan

Kuman yang masuk ke tubuh anda bisa jadi bukan berasal dari makanan atau minuman,  melainkan dari tangan anda. Anda tentu tidak dapat membatasi hal-hal yang bisa dan tidak bisa anda sentuh dengan tangan anda. Oleh karena itu tangan juga menjadi media yang rawan menjadi media penyebaran kuman penyebab penyakit. Jadi, salah satu cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit karena kuman adalah dengan mencuci tangan sebelum makan.

  • Rajin Berolahraga

Berolahraga secara rutin adalah salah satu kebiasaan baik yang bisa anda lakukan. Berolah raga dapat membuat tubuh anda sehat serta membantu meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, berolahragalah secara rutin untuk membantu anda terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian artikel megenai sakit kepala hebat saat tipes. Semofa informasi yang terdapa pada artikel ini dapat bermanfaaat untuk anda.

, , , , , ,