Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Hingga Penglihatan Kabur Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian penting dari tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar tidak mengalami berbagai macam permasalahan yang dapat menyebabkan kondisi berbahaya bagi kepala. Hal ini dikarenakan, kepala memiliki susunan yang terdapat beberapa bagian bagian penting bagi kehidupan manusia. Bagian bagian kepala yang memiliki fungsi penting tersebut diantaranya seperti lidah sebagai indera perasa, hidung sebagai indera panciuman, kuping sebagai indera pendengaran, mata sebagai indera penglihatan, dan tentunya otak sebagai pusat dari sistem syaraf manusia.

ads

Adanya bagian penting dari kepala tersebut mengharuskan setiap individu harus mengupayakan menjaga kondisi kesehatan kepala dan menghindarinya dari berbagai macam trauma kepala. Kondisi permasalahan kesehatan maupun trauma fisik pada kepala dikhawatirkan dapat menyebabkan pengaruh pada fungsi organ penting di kepala yang menjadikannya mengalami mal fungsi. Dalam prosesnya menjaga kondisi kepala tentu harus ada beberapa usaha tertentu yang harus diperhatikan dan dilakukan karena memang permasalahan kepala dapat dengan mudah terjadi.

Setiap orang tentu pernah merasakan adanya permasalahan pada kepala terutama yang ringan seperti sakit kepala atau pusing, nyeri kepala, pening, dan lain sebagainya. Ketika muncul kondisi yang dapat dikatakan sebagai permasalahan di kepala tentu harus adanya upaya pencari tahuan terkait apakah kondisi tersebut merupakan keadaan yang dapat berdampak buruk salah satunya ketika muncul kondisi sakit kepala hingga penglihatan kabur . Berikut ini penyebab sakit kepala hingga penglihatan menjadi kabur seperti penjelasan berikut ini.

  1. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi kurangnya kadar gula di dalam darah. Kondisi hipoglikemia tersebut dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang salah satunya adalah keadan penglihatan mata kabur disertai dengan sakit kepala. Keadaan hipoglikemia dapat dipicu oleh tingginya kadar insulin atau efek samping penggunaan insulin suntik pada penderita diabetes, telat atau kurang makan, serta olahraga yang terlalu berlebihan.

  1. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan permasalahan kesehatan berkaitan dengan sistem peredarah darah manusia yang secara kondisi adalah kebalikan dari hipertensi. Hipotensi terjadi ketika tekanan darah lebih rendah dibawah 90/60 mmHg dan menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti penglihatan kabur, pusing, mual, lemas, konsentrasi menurun, bahkan pingsan. Hipotensi dapat dipicu oleh kelainan organ yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, dehidrasi, kekurangan vitamin B12 dan asam folat, reaksi anafilatik.

  1. Sakit Kepala Migrain

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi penyebab sakit kepala hingga penglihatan kabur adalah karena kondisi migrain. Sakit kepala Migrain adalah kondisi sakit kepala yang terjadi beberapa ciri yang ada seperti rasa nyeri di satu sisi kepala serta beberapa gejala lain seperti mual dan muntah, mata yang sensitif terhadap cahaya, serta adanya perubahan nafsu makan maupun mood. Migrain dapat dipicu oleh kondisi yang bermacam macam seperti MSG, minuman beralkohol dan yang memiliki kandungan tinggi kafein, stres, efek pengobatan, dan perubahan pola tidur.

  1. Terhambatnya aliran darah ke otak

Masalah lain yang juga dapat memicu terjadinya kondisi sakit kepala hingga penglihatan kabur adalah karena terhambatnya aliran darah ke otak. Hambatan aliran darah tersebut menyebabkan otak kekurangan oksigen dan nutrisi lainnya sehingga memicu kondisi pusing dan penglihatan yang kabur. Selain hambatan aliran darah, cedera atau trauma kepala baik yang ringan maupun berat juga dapat menyebabkan munculnya gejala serupa.

  1. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit pada mata yang terjadi akibat adanya kerusakan syaraf optik. Glaukoma yang menyebabkan munculnya gejala sakit kepala disertai pandangan yang kabur adalah glaukoma sudut tertutup akut dengan kondisi lain seperti sakit kepala terus menerus, mual, mata nyeri ,muntah, dan lain sebagainya. Kondisi glaukoma lain yakni glaukoma sudut terbuka primer lebih tidak menyebabkan munculnya gejala apapun namun tiba tiba pandangan mata menjadi menyempit.

  1. Cedera lecutan pada leher

Cedera lecutan pada leher atau whisplash yang terjadi ketika posisi leher dipaksakan terlalu mundur ke belakang. Kondisi pergeseran posisi leher tersebut dapat terjadi akibat kecelakaan, jatuh dari sepeda, cedera saat melakukan olahraga, atau tertipa benda tertentu. Kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya luka di daerah otot dan persendian, serta syaraf yang memicu terjadinya sakit kepala hingga penglihatan kabur.

  1. Penyebab lainnya

Selain beberapa permasalahan kesehatan yang disebutkan diatas, kondisi sakit kepala hingga penglihatan kabur dapat juga disebabkan oleh gangguan lain seperti katarak, rabun jauh dan rabun dekat, stroke, infeksi pada otak dan kepala, cedera kepala, dan beberapa lainnya.

Itulah penjelasan mengenai penyebab yang memicu munculnya kondisi sakit kepala hingga penglihatan kabur. Dengna mengentahui penyebab yang ada melalui proses diagnosis medis maka cara mengatasi gejala tersebut bisa di tentukan dengan mengacu pada kondisi yang mendasari munculnya gejala tersebut dan menjadikan pengobatan lebih efektif serta efisien dibandingkan tidak mengetahui penyebabnya.

, , , , ,